Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

18 Tips SEO Sederhana

Search Engine Optimization atau SEO, saat ini dengan cepat menjadi pembicaraan hangat, baik di dunia blogosphere maupun di forum-forum webmaster, baik lokal maupun interlokal internasional. Saya termasuk salah satu “penggemar” ilmu SEO (kalau boleh dibilang ilmu 🙂 ). Bagaimanapun, SEO merupakan sebuah syarat mutlah jika ingin produk atau web/blog Anda “dikenal”. Dikenal disini memiliki makna ganda. Makna pertama dikenal oleh bot-bot search engine. Yang kedua, selain dikenal bot, juga dikenal user (manusia asli 😀 ). Yang pertama tentu saja tanpa memperhatikan “keinginan” pengunjung, yang penting nembak keyword; yang penting halaman pertama di google; yang penting traffic banyak dll.

Terus terang, Saya kurang setuju dengan makna yang pertama. SEO semata-mata hanya mengejar posisi. Untuk itu, Saya -yang juga masih terus belajar- melihat beberapa point penting yang mungkin bisa dijadikan acuan atau bahan tertawaan mengenai 18 Tips SEO sederhana.

Tentu saja tulisan ini bukan bermaksud meng-guru-i, karena Saya juga bukan pakar SEO. Saya hanya seorang yang memiliki latar belakang ilmu kefarmasian yang menganggap SEO penting untuk dipelajari karena ke depannya, marketing farmasi juga akan “bertarung” di dunia maya. Senjatanya tentu saja ilmu SEO, agar produk dan jasa yang kita tawarkan bisa lebih dikenal 🙂

Oke, langsung saja, berikut 18 Tips SEO Sederhana (lebih tepatnya bukan tips, melainkan poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam meng-SEO-kan web/blog Anda). Here there are:

1. Web/Blog Anda harus didesain sesuai dengan struktur SEO yang baik. Masih ingat tulisan Saya tentang Desain VS SEO? Search Engine hanya melihat teks bukan grafis yang penuh flash atau layout yang “wah”. Sebuah web/blog yang tampilannya keren tidak akan berarti apa-apa jika tidak seorangpun yang bisa menemukan web/blog itu =))

2. Setiap halaman wajib memiliki Title, Descriptions dan Keywords tersendiri. Pengguna WordPress pastinya lebih mudah karena banyak plugin yang mengakomodir kebutuhan ini seperti All in One SEO atau Platinum SEO.

3. Perhatikan Canonical link. Apa itu? Begini, contoh sederhana adalah URL homepage. URL web/blog kita bisa menggunakan www atau tanpa www. Nah, jika Anda memilih tanpa www, Anda harus meredirect link dengan www. Contohnya blog ini. Saya memilih tanpa www, namun, saat teman mengetikkan URL www.www.ahyari.net, mereka akan diredirect ke www.ahyari.net. Sekali lagi, pengguna WordPress pasti bisa dengan mudah mengaturnya. Itu baru halaman home, bayangkan jika itu terjadi di halaman post? Tentu akan terjadi pemahaman sepihak dari google, yang berujung web/blog Anda adalah Duplicate Content. Waspadalah! 🙂

4. Saat Anda mendesain tampilan web/blog, sebisa mungkin menghindari menu berformat dropdown (itu lho, kalau cursor diarahkan ke link, secara otomatis akan terbuka sub-sub halaman). Jika terpaksa menggunakan format ini, pastikan Anda memasukkan link, sehingga Search Engine dapat membaca link Anda. Biasanya menu yang tidak baik memiliki format # saat kita mengklik (menggunakan jquery).

5. Ekstensi web? Tidak ada pengaruhnya bos.. Mau *.html, *.htm, *.php, *.asp dll. Search Engine tidak melihat ekstensi yang Anda gunakan, jadi tidak usah takut melihat web/blog teman yang menggunakan *.html sedang Anda menggunakan *.php.

6. Setiap halaman yang ada, wajib memiliki link balik ke halaman home. Pengguna CMS tentu saja tidak perlu mengkhawatirkan ini 🙂

7. Poin ke tujuh rada serem dan sulit digunakan oleh blogger dengan dana terbatas (termasuk saya =)) ). Poin ke tujuh ini adalah sebisa mungkin jangan 1 server dengan web/blog yang pernah di banned google. Tuhkan? susah! Kalau mau begitu, kita harus menyiapkan private server sendiri. Huhuhu.. Paling murah Rp. 2,5jt perbulan!!!! Kebanyakan blogger Indonesia (termasuk Saya) adalah golongan penyewa shared hosting yang notabene bejubel 😀 Tapi tampaknya google juga tidak “sebodoh” itu. Mereka tidak akan langsung memvonis, namun, tentu saja hal ini bisa terjadi.

8. Konten web/blog Anda adalah RAJA. Buatlah tulisan seunik mungkin. HINDARI dan JAUHKAN COPY-PASTE. Selain buruk di mata search engine, juga buruk di mata manusia =)) istilah trend-nya sih plagiat 🙂

9. Gunakan keyword yang benar-benar relevan. Kebanyakan pengunjung mengetikkan kata kunci di search engine langsung menuju sasaran. Misalnya Anda berjualan modem di kota Yogyakarta, sehingga, Anda harus menulis Modem Murah Yogyakarta, tidak hanya modem murah (ini memang tidak berpengaruh jika Anda melayani penjualan modem di seluruh Indonesia dengan sistem kirim barang). atau Belajar Blog. Padahal Anda mengajarkan WordPress. Seharunya Belajar Blog WordPress atau Belajar WordPress saja 😉

10. Jika Anda merupakan owner dari suatu web perusahaan yang secara garis besar memiliki content tetap (static page, portofolio perusahaan), ada baiknya Anda membuat blog perusahaan. Search Engine lebih mengutamakan konten yang baru, yang fresh from oven (kayak roti aja ya? 😀 ). Kemudian, di blog Perusahaan nanti, Anda melakukan link balik ke portofolio perusahaan tersebut. Tentu blog perusahaan ini harus diupdate berkala.

11. Menulis dengan wajar. Keyword yang Anda kejar usahakan fokus. Jika tidak, ini akan membingungkan search engine. “ini blog isinya apa sih” gumam bot google 😛 (ini tidak berlaku bagi blog gado-gado kayak punya Saya; yang menulis dan berbagi merupakan kesenangan batin; mau dibaca atau tidak; mau diberi komentar atau tidak; tidak masalah 🙂 ). Jika Anda seorang pengelola web yang ber-niche khusus, fokuslah pada niche itu. Jika Anda berjualan pulsa, tulislah tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan pulsa, jangan malah latah ikut kontes SEO yang keywordnya berbeda jauh dengan usaha Anda 😀

12. Membangun link. 10 link Anda di tempat yang relevan, masih lebih baik dibanding 100 link yang berada di tempat yang tidak relevan. Sebisa mungkin, bertukar link dengan yang se-niche.

13. Gunakan link yang memiliki prase, misalnya “Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace” jangan menggunakan “klik disini” 😀

14. Jangan meletakkan list link/blogroll di sidebar. Ini akan mengganggu relevansi homepage Anda. (tentu saja bagi blogger yang persahabatan erat, ini tidak masalah. Bagi mereka, persahabatan lebih utama ketimbang relevansi blog mereka; begitu pula halnya blog ini, meski tidak memiliki blogroll, namun menganut paham dofollow yang secara JELAS juga ikut mengurangi relevansi. Tapi tidak masalah, sudah Saya sampaikan alasannya di no.11 🙂 )

15. Berikan keterangan pada gambar, jika memang mengharuskan Anda meletakkan gambar. Isitilahnya umumnya, harus ada ALT 🙂

16.  Sebisa mungkin, hindari format ajax, flash dan frame. Tidak ada satupun dari format tersebut Search Engine Friendly.

17.  Buat web/blog Anda terindex. Langkah pertama, Anda harus mendaftarkannya ke berbagai search engine. Kalau google, bisa ke Google Webmaster Tools.

18. Google PageRank. Ini kasus yang masih menjadi perdebatan. Namun, menurut Saya, seberapa tinggipun PR suatu web/blog, konten mereka masih lebih berperan untuk mendatangkan pengunjung 🙂

Huufff… Capek juga 😀 Ok segitu dulu, Saya mau siap-siap untuk pertemuan PKPA bersama mahasiswa Program Profesi Apoteker UII yang mengambil jurusan Industri Farmasi =))

Ada yang ingin menambahkan? Jika terdapat kesalahan, tolong dikoreksi ya 😉

26 Comments
  1. Qori says

    ❗ pelajari dulu nih,,,
    izin nyimak , gan…
    pendapat ane masalah SEO sih tergantung pemilik blog masing-masing. Kalau blogger yang terjun di bisnis Internet selalu mengincar SEO, kalau blogger numpang nulis mah, gak perduli masalah seo.

    1. Jimmy Ahyari says

      Benar sekali bro Qori.. Ini senada dengan kalimat di no.11 🙂
      .-= Jimmy Ahyari´s last blog ..Pay Per Lead $0.5 =-.

  2. Mukhtaruddin says

    ➡ 💡 asikkk dapat ilmu lagi…makasih kang terutama maslah Privete Server.. dan juga tips lainnya yang memang dasar-dasar SEO yang tidak bisa dipungkiri :-bd

    1. Jimmy Ahyari says

      Woow 😯 ada master berkunjung 😯
      terimakasih sudah memberi komentar m/
      .-= Jimmy Ahyari´s last blog ..Situs Pertemanan yang Membayar Anda =-.

  3. thegr8 says

    ➡ ➡ ➡
    mantaaappppppp
    makasih infonya
    ga nyesel baca panjang2
    💡 💡
    .-= thegr8´s last blog ..Free Chubby Twitter Icon =-.

    1. Jimmy Ahyari says

      terimakasih sudah bersedia membaca 🙂
      .-= Jimmy Ahyari´s last blog ..Top 100 Indonesian Blogs =-.

  4. vikhi says

    makasih banyak buat tipsnya bang…
    berguna banget buat pemula kaya ane..
    :-bd
    .-= vikhi´s last blog ..Kopi Arabica Papua Aroma Mocca =-.

    1. Jimmy Ahyari says

      aiiiih.. merendah ini bos vikhi 🙂 terimakasih bos sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan sederhana ini :-bd
      .-= Jimmy Ahyari´s last blog ..Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace =-.

  5. vienka says

    Kunjungan ke rumah master 😀 lam knal master , artikelnya mantep banget ni , thanks ilmunya master 😀
    .-= vienka´s last blog ..Sungguh =-.

    1. Jimmy Ahyari says

      Master? tidak terbalik nih? X_X terimakasih kunjungan dan komentarnya master SEO Indonesia :dance:
      .-= Jimmy Ahyari´s last blog ..Cara Cepat Mematikan SEMUA Plugin WordPress =-.

  6. Radif says

    Whew… Panjang dan komprehensif hehehehe…

    Pas awalnya rada boring gara-gara fokusnya lebih ke web yang pake sewa hosting hehehe, PEACE! Mengingat saya menggunakan blog berdomain WordPress.

    Untuk yang no .18 saya setuju sekali, content emang lebih menentukan, biasanya pembaca/pencari tidak akan bosan mengklik 'next page' sebelum menemukan content yang dicari.

    Terus tentang private server, saya dulu pernah sewa VPS (Virtual Private Server, bukan Private Server) di indorackhosting.com dengan biaya 150rb/bulan, tapi karena sekedar coba-coba kami(saya dan dosen saya) hanya menyewa selama 3 bulan. Lumayan juga, dapat IP sendiri, login SSH, RAM 375 mb, 40% clock dari Intel Xeon Quad Core, bukan promosi lho hehehe…
    .-= Radif´s last blog ..Mikirin Ceweeeeek Mlulu (Part 6) ~ Quality of Interest =-.

  7. ulfa says

    Ilmu seperti ini yang saya butuhkan, karena masih awam di dunia per SEO-an.
    Thanks banyak sharenya… 🙂
    .-= ulfa´s last blog ..Kultum – Adab Membaca Al-qur’an =-.

  8. Kaos Remaja says

    Wah lengkap jg tips SEO nya….. saya coba mas… Thanks

  9. TsaniOke says

    Wahhh… Terima kasih sarannya ya.

  10. bunga RK says

    thanks tips-nya, luar biasa bermanfaat. Apakah ada efek SEO gambar2 cewek di bagian bawah tulisan?

  11. T a u f i x says

    Wah tipsnya lumayan lengkap..

    Thanks. Sangat berguna buat saya yg baru nyemplung di dunia SEO

  12. arti zakat, lembaga says

    terimakasih untuk tips dan infonya, 🙂

  13. Berita Terkini says

    Thanks admin..
    artikel nya keren..

  14. arrachman says

    wah penjang sekali artikelnya tapi ok juga lah bisa nambah2 ilmu

  15. tangki says

    Horay… Dapat "18 Tips SEO Sederhana" yang bisa saya praktekan di blog marketing saya… Ceritanya ni baru blog walking mas, sekalian mo berguru lebih jauh soal ilmu SEO… Hehehe…

    Makasih buat sharingnya mas…
    Nice post,
    Sukses selalu,

  16. adreas says

    dibaca ampek tuntas sama saya bro. Soalnya emang buta banget masalah seo… Yg penting nulis aja 😀
    Hmmm, kayaknya saya telat belajar ini

  17. RAM.system says

    izin copy bang ahyari. 🙂
    lumayan buat hafalan, biar semakin mahir ngeblognya.

  18. wardi says

    dari sekian banyak ilmu tentang seo, intinya ya harus praktek dan praktek.
    ijin ngintip gan, sangat bermanfaat

Comments are closed.