3 Cara Membuat Tahu Kukus yang Lezat Menggoda

Salah satu cara mengolah tahu yang sehat ialah dengan dikukus, cara membuat tahu yang difermentasikan membuatnya lebih kaya bahan bermanfaat. Terlebih terbuat dari bahan kedelai, yang kaya akan protein dan juga serat. Makanan apa saja, tidak hanya tahu, apabila dimasak dengan cara dikukus memang akan lebih sehat. Tahu yang terbuat dari sayuran, kedelai, akan mengeluarkan aroma khas apabila dikukus.

cara membuat tahu lezat

Ketika hendak mencoba mengukus tahu, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kualitas rasa dan warna tahu tetap terjaga. Adapun tips membuat tahu yang dikukus antara lain:

  1. Pertama, pastikan menggunakan panci pengukus yang benar-benar bersih, sebab jika ada noda dikhawatirkan merusak warna dan roma tahu.
  2. Agar tahu yang dikukus tidak hambar, maka tambahkan jenis sayuran lain yang kaya rasa, seperti irisan udang, buncis, kacang polong, dll.
  3. Proses pengukusan akan membuat aroma alami tahu keluar, agar lebih menggugah selera maka tambahkan bahan yang memiliki aroma kuat seperti daun bawang dan kemangi.

Mengukus tahu akan menjaga kandungan gizi di dalamnya, sehingga tahu tidak rusak dan memiliki manfaat bagi kesehatan. Pengukusan juga meminimalkan resiko olahan menu tahu menjadi berbahaya, semisal digoreng dengan minyak yang menjadikannya kaya lemak dan kolesterol. Selain memperhatikan jenis bahan makanan yang sehat, Anda pun perlu paham cara membuat tahu agar menu masakan tetap sehat.

Mengetahui cara membuat tahu isi akan membantu Anda menyajikan camilan yang sedap dimakan menjelang sore atau jam makan tiba. Tahu isi merupakan salah satu cara mengolah tahu untuk lebih kaya gizi sebab menambahkan beberapa jenis sayuran. Isian tahu yang dibumbui juga menjadikan rasa jenis gorengan ini lebih menggoda lidah. Membuatnya pun tidak terlau sulit, Anda bisa menggunakan satu atau dua jenis sayuran sebagai bahan isi.

Bagi Anda yang tertarik mengetahui tips membuat tahu isi yang mudah dan cepat, maka bisa mencoba resep sederhana berikut:

Bahan:

  • 6 buah tahu putih, potong segitiga.
  • Gula pasir ½ sdt.
  • Air 100 ml.
  • Garam ½ sdt.
  • Tauge 100 gr.
  • Merica bubuk ¼ sdt.
  • Wortel 1 buah, diiris korek api.
  • Kol 1/4 bagian diris tipis.
  • Tepung maizena 1 sdm dilarutkan di air.

Bumbu halus:

  • Bawang putih 3 siung.
  • Bawang merah 2 buah.

Bahan kulit:

  • Ketumbar 1 sdt.
  • Garam ½ sdt.
  • Tepung beras 100 gr.
  • Tepung terigu protein sedang 150 gr.
  • Air secukupnya.

Cara membuat tahu isi:

  1. Goreng tahu hingga kecoklatan, tiriskan hingga minyak habis, kemudian belah bagian tengah agar membentuk kantong tempat isian.
  2. Isi: tumis bumbu halus, kemudian masukkan sayuran dan tambahkan merica, garam, dan gula. Angkat, sisihkan.
  3. Bahan pelapis: aduk semua bahan, sisihkan.
  4. Ambil tahu, isi rongga dengan bahan isi, kemudian celupkan ke bahan pelapis dan goreng hingga kecoklatan.
  5. Lakukan berulang hingga bahan habis.

Seperti yang Kita ketahui bahwa cara membuat tahu terbilang mudah dan sederhana untuk dijadikan berbagai lauk atau camilan berupa gorengan. Rasanya yang gurih bisa dinikmati dengan mudah tanpa perlu menggunakan banyak bumbu. Kandungan protein yang tinggi menjadikan tahu selain mudah diolah juga kaya akan zat yang bermanfaat bagi tubuh. Agar manfaat dari tahu lebih mudah dirasakan ternyata Kita tidak bisa mengolahnya dengan asal.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai tips membuat tahu tersebut menjadi menu yang menggugah selera. Perhatian tersebut meliputi:

  1. Memastikan bahwa tahu yang dimiliki masih dalam kondisi segar agar rempah dan bumbu lainnya lebih maksimal melezatkan masakan tahu Anda.
  2. Agar sehat, jangan lupa untuk memastikan bahwa tahu yang dimiliki bebas dari formalin maupun jenis bahan kimia berbahaya lainnya.
  3. Tahu yang bebas bahan pengawet akan tidak tahan lama sehingga harus segera diolah ketika dibeli.
  4. Merebus dahulu tahu sebelum disimpan agar lebih tahan lama.

Tahu merupakan bahan makanan yang kaya kandungan gizi bermanfaat, sehingga perlu dikonsumsi secara rutin minimal sekali dalam seminggu. Manfaat tersebut tidak terlepas dari proses penyimpanan dan pengolahan yang tepat. Menjaga kualitas tahu tetap terjaga memang tidak bisa dilakukan secara lama sebab tahu sendiri memiliki sifat mudah rusak. Mengusahakan untuk segera mengolah tahu merupakan cara membuat tahu bergizi paling tepat.

Post Comment

CommentLuv badge