3 Langkah Kelola Keuangan Rumah Tangga

Setelah menikah, masalah keuangan keluarga bisa menjadi hal yang sangat sensitif. Hal ini karena kondisi keuangan saat ini dapat memengaruhi kondisi keuangan di masa depan. Maka dari itu, perlu perhitungan yang matang dalam mengatur uang ketika berumah tangga.

Kebutuhan keluarga dari mulai membeli rumah, tabungan pendidikan anak, biaya tidak terduga, dan juga investasi lainnya perlu perhatian khusus sejak sekarang. Dan jika tidak direncanakan dengan matang, bukan tidak mungkin akan menimbulkan masalah.

tips mengelola keuangan suami isteri

Maka dari itu, ikutilah 3 langkah yang harus diikuti dalam mengatur keuangan rumah tangga berikut:

Pikirkan Rencana Investasi

Sebelum menikah, biaya pengeluaran biasanya akan habis digunakan untuk berpacaran seperti berlibur, jalan-jalan, makan-makan, dan juga aktivitas lainnya. Cobalah untuk mengurangi kegiatan ini dan mulailah menabung untuk mempersiapkan pernikahan, atau mempersiapkan biaya membeli rumah.

Setelah menikah, Anda sudah dapat memikirkan untuk berinvestasi. Karena, dengan menabung saja tidak akan cukup untuk menghadapi masa depan. Anda bisa memilih berbagai investasi mulai dari reksadana, emas, ataupun investasi lainnya.

Diskusi Bersama Pasangan

Diskusikan segala langkah yang akan diambil bersama pasangan. Diskusikan dari hal yang besar seperti apakah akan membeli rumah atau lanjut menabung sambil sewa apartemen hingga dana terkumpul. Hingga hal sepele seperti ingin membeli alat elektronik seperti handphone dan peralatan lainnya.

Hal yang terpenting adalah saling terbuka dengan pasangan. Dengan begitu akan terlihat bagaimana solusi terbaik agar kondisi keuangan membaik.

Rencanakan Keuangan dengan Baik

Perhitungkan seluruh sumber pemasukan keuangan rumah tangga. Setelah itu, bagilah ke dalam pos-pos pengeluaran. Ingatlah untuk memprioritaskan pengeluaran kebutuhan sehari-hari dan pengeluaran investasi masa depan. Sisanya, gunakanlah dengan bijak sehingga jika ada sesuatu yang tidak terencana, akan dapat teratasi dengan baik karena Anda memiliki dana cadangan.

Jangan lupa untuk terus membuat rencana realistis dan gua rencana yang mungkin dapat dicapai dalam jangka menengah atau jangka panjang. Alokasikan dana yang ada pada kedua hal tersebut agar nantinya di masa depan Anda tak mengalami kesulitan.

Post Comment

CommentLuv badge