4 Kiat Memperpanjang Usia Handphone Android yang Wajib Diadopsi

Memiliki handphone Android di dalam genggaman akan membuat Anda merasa sudah memegang dunia, sebab semua hal bisa dilakukan dengan perangkat ini. Meski begitu Anda juga butuh bersosialisasi secara langsung supaya dalam hidup terjadi keseimbangan sebab tidak semua kebutuhan terpenuhi lewat handphone. Android pada handphone merupakan sebuah sistem operasi yang membuat handphone tersebut terlihat lebih menarik sekaligus kaya fungsi. Sifat sistem operasinya yang memang terbuka menghadirkan jutaan aplikasi menarik.

Kadang kala pemilik handphone dengan platform Android lebih fokus memakainya untuk satu kegiatan, ada pula yang digunakan untuk beragam keperluan. Tujuan penggunaan yang jelas memang membantu menjadikan handphone tersebut lebih berguna sekaligus lebih awet. Sebab ketika handphone digunakan sembarangan dan tidak diatur biasanya akan mudah error, belum setahun bisa jadi statusnya sudah harus di lem biru. Meskipun memakai handphone canggih dan mahal kalau merawatnya saja keteteran sudah jelas nasibnya akan serupa.

Android logo
Sumber Gambar: WikiPedia

Bagaimana Kiat Merawat Handphone Berbasis Android?

Merawat handphone dengan OS Android memang gampang-gampang susah, namun ada beberapa kiat sederhana yang baiknya dicoba. Kiat tersebut antara lain:

  1. Batasi penggunaan aplikasi,
    Menjadikan handphone tetap bersih adalah keputusan terbaik, usahakan membatasi jumlah aplikasi yang ditanamkan di dalamnya. Supaya memori internal tidak terlalu berat kemudian sedikit cache yang dihasilkan. Rajin membersihkan memori handphone, jika data sudah tidak diperlukan segera dihapus namun untuk antisipasi maka penyimpanan bisa dialihkan ke cloude. Cara ini membantu menstabilkan kinerja handphone itu sendiri.
  1. Menjaga kebersihan handphone,
    Selain kebersihan di bagian dalam handphone Android juga perlu dijaga kebersihan bagian fisiknya dari noda dan debu apapun. Rajinlah membersihkan body handphone kesayangan yang setia menemani aktifitas harian Anda selama ini. Kotoran akan membuat handphone terutama di bagian layar semakin lama semakin kusam dan kurang nyaman dipakai. Resiko paling parah adalah adanya kotoran yang menumpuk di bagian dalam handphone, bisa jadi akan memicu kerusakan permanen.
  1. Lindungi fisik handphone dengan baik,
    Selain kebersihan perihal perlindungan pada fisik handphone jenis ini juga sangat penting, sebab membantu memberi perlindungan jangka panjang. Bentuk perlindungan ini banyak mulai dari melapisi body handphone dengan casing yang tepat. Yakni desain yang sesuai merek dan tipe handphone sekaligus bahan casing yang memang benar. Jangan lupa melapisi layar dengan anti gores, kecuali sudah merasa aman dengan pelindung bawaan misalnya Corning Gorilla Glass dan jenis lainnya.
  1. Charge baterai dengan tepat,
    Mengisi daya baterai atau proses charging memang baiknya dilakukan dengan benar supaya handphone bisa diaktifkan secara maksimal. Pertimbangkan untuk mematikan handphone selama pengisian baterai berlangsung, tidak lama antara 3-4 jam. Menggunakan handphone padahal dalam posisi dicharge tentu kurang menguntungkan sebab bisa memicu kerusakan terutama pada baterai. Jika baterai sudah soak maka diganti dengan yang baru dan original pun akan terasa kurang semaksimal saat baru dipakai.

Manfaat Merawat Handphone dengan Baik

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberikan perawatan maksimal pada handphone berbasis Android yang dipakai. Beberapa disebutkan diatas dan tentunya relatif mudah untuk dilakukan, bagi Anda tipe yang setia memakai satu handphone. Tentu akan mencomot beberapa kiat diatas yang membantu mempertahankan kinerja handphone. Perawatan yang tepat juga membantu menjaga body handphone selalu baru dan tatkala dijual, otomatis harga handphone Android lama Anda laku lebih tinggi.

Post Comment

CommentLuv badge