5 Langkah Memiliki rumah dengan Gaji Kecil

Setiap orang kini banyak yang ingin memiliki rumah. Namun, sayangnya, harga rumah yang meroket, tentunya menjadi salah satu penghalang. Lihat saja harga rumah dijual di Surabaya, yang harganya bisa mencapai harga Rp 500 jutaan. Hal yang sama juga terjadi di kota besar lain seperti Bandung, Bekasi, Tangerang, Batam, Makassar, Medan, dan kota lainnya.

Lalu bagai mana dengan nasib mereka yang memiliki pemasukan bulanan yang tidak terlalu tinggi? Apakah mereka tidak bisa memiliki rumah?

tips beli rumah dengan gaji kecil

Tentu saja bisa. Hanya saja diperlukan komitmen yang kuat dan juga sabar untuk memilikinya. Berikut adalah tips agar bisa memiliki rumah walaupun memiliki gaji kecil.

Ukur Kemampuan
Penting untuk jenguk kemampuan finansial setiap bulannya. Hitunglah pemasukan dan juga pengeluaran yang dilakukan setiap bulan. Apakah ada sisa di setiap bulannya? Jika tidak Ada, mulailah untuk memikirkan mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu mendesak. Setelah seluruh kredit dan juga pengeluaran sudah diatasi dan Anda mulai memiliki sisa uang bulanan, barulah Anda bisa memikirkan untuk menabung DP rumah.

Menabung
Menabung itu penting. Apalagi jika ingin membeli rumah. hal ini karena membeli rumah membutuhkan uang muka. Kini peraturan yang ada mengharuskan pemilik untuk membayar minimal 15 persen uang muka untuk kepemilikan rumah pertama. Jika bisa membayar lebih dari itu, maka akan lebih baik dan dapat membantu mengurangi angsuran bulanan. Maka dari itu, tekan pengeluaran sebisa mungkin dan mulailah menabung.

Bagi-bagi Pos Pengeluaran
Cobalah untuk membagi-bagi pos pengeluaran. Bagilah pos pengeluaran harian, kebutuhan darurat, dan lainnya. Selain itu, carilah rumah yang perkiraan angsuran per bulannya kecil. Yang penting sesuai dengan kemampuan finansial. Usahakan cicilan tidak lebih besar dari 30% penghasilan agar tidak terlalu memberatkan angsuran bulanan. Jika masih lebih besar dari itu, cobalah untuk menabung lebih banyak agar DP bisa dibayarkan lebih mahal.

Cobalah Menabung Emas
Bentuk investasi bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah dalam bentuk emas. Tidak ada salahnya untuk menabung dalam bentuk emas. Risiko untuk menggunakan uangnya lebih kecil daripada menabung dalam bentuk uang. Selain itu, harga emas pun biasanya lebih terjaga.

Coba untuk Bekerja Lebih Giat
Dengan bekerja lebih keras, tentunya Anda akan mendapatkan karier yang lebih cemerlang. Dengan karier yang cemerlang, tentunya nanti anda akan mendapatkan banyak keuntungan, di samping kenaikan finansial yang dapat membantu Anda untuk memiliki rumah.

Post Comment

CommentLuv badge