6 Persiapan Penting Sebelum Mengajukan KPR

Penawaran dari kredit rumah memang seringkali ditawarkan oleh banyak pihak, mulai dari marketing properti, developer, instansi Bank dan lainnya. Begitu menariknya kredit kepemilikan rumah, seringkali menarik perhatian. Adapun rumah KPR memang cocok untuk dijadikan sebagai kepemilikan tempat tinggal pribadi dengan segera. Terlebih jika terus menunda nanti bahkan untuk membeli tunai di beberapa tahun lagi, harga properti tentu sangatlah drastis dari sekarang ini. Di tambah dengan hunian impian yang tak lagi sama karena telah di hunian oleh keluarga lain.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa untuk mengkredit rumah terdapat beberapa persiapan penting yang wajib diketahui. Penting bagi personal bersangkutan sebelum memulai tindakan untuk mencicil tempat tinggal dengan sistem non tunai. Bagian-bagian persiapan tersebut antara lain ialah:

  1. Jenis rumah yang dinginkan, jadinya nanti tak perlu move.
  2. Biaya yang dikeluarkan, sekalipun kredit setidaknya ada uang tunai 30% dari harga total rumah.
  3. Pihak developer terbaik.
  4. Pihak finansial terpercaya.
  5. Keperluan yang akan dijangkau dalam beberapa tahun mendatang, jadinya tak ikut terganggu akibat pembiayaan untuk rumah.
  6. Stimulasi kredit.

Menduduki tempat tinggal KPR memang cukup bayar DP, maka hunian bersangkutan dapat ditinggali. Perihal cicilan kredit pun dapat dimulai dengan ketetapan stimulasi yang dipilih. Dengan persiapan yang lebih optimal, maka kredit akan berjalan lancar. Sedari perihal penting hingga lain-lain, karena proses mengkredit ini membutuhkan proses yang tak sebentar. Demi kelancaran, diperlukan persiapan yang fix agar nantinya dapat dijangkau dengan pasti.

Persiapan Mengajukan KPR

Tertarik dengan sistem kredit pembelian rumah memang tak cukup bilamana hanya melihat syarat dan ketentuan dari pihak penyedia layanan rumah KPR itu. Perihal lain pun perlu ditunjang agar nantinya kredit yang diambil lebih lancar, khususnya pembayaran cicilan. Untuk itu, Anda bisa memilih tipe hunian yang harganya terjangkau seperti rumah subsidi dari Perumnas. Adapun deretan perumahan di bawah naungan subsidi pemerintah ini memiliki bandrol lebih bersaing yang telah tersedia banyak seri. Secara pastinya, salah satu dari hunian Perumnas dapat dipilih menjadi tempat tinggal terbaik serta diprioritaskan.

One thought on “6 Persiapan Penting Sebelum Mengajukan KPR


  1. Mungkin yang perlu diketahui juga. Saat ada simulasi kredit yang ditawarkan, angsuran biasanya dituliskan flat. Tapi, dalam perbankan itu ada yang namanya anuitas. Ini berkaitan dengan apakah bunga lebih banyak dibayar di awal ataukah pokoknya. Kadang kita bisa terkecoh dengan tawaran cicilan yang kecil, tapi lupa memperhatikan skema anuitas ini. Sehingga, saat akan melakukan pelunasan lebih awal, besaran biayanya jadi lebih besar dari perkiraan, karena itu pinjaman pokok masih besar.

    CMIIW
    Yuk, lihat tulisan Hendra Madjid di Cara Cerdas Kelola UangMy Profile

    Reply

Post Comment

CommentLuv badge