Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

7 Tips Jitu Memilih Sepatu Sport yang Tepat dan Nyaman di Kaki

Sepatu sport atau sepatu olahraga sudah sangat akrab dengan keseharian kita dan keluarga. Bagaimana tidak, Sejak kecil terutama saat pertama kali mengenal bangku sekolah, kita sudah terbiasa dibelikan sepatu ini oleh orang tua kita untuk dapat mendukung aktifitas luar rumah. Lalu saat usia kita makin dewasa dan disibukkan dengan berbagai kegiatan yang makin beragam, sepatu jenis ini pula yang lebih sering menemani hari-hari kita menjalani aktifitas. Bahkan setelah kita menyelesaikan masa sekolah dan mulai menjalani kehidupan dewasa, segala aspek kehidupan kita banyak yang didukung oleh sepatu olahraga ini. Tak hanya dalam kegiatan berolahraga, tapi dalam berbagai kegiatan kerja dan aktifitas yang tidak terlalu formal, kita lebih memilih jenis sepatu ini daripada model sepatu lainnya.

Sepatu olahraga atau sneakers memang jenis sepatu yang lebih menawarkan kenyamanan bagi kaki daripada tampilan luar sepatu. Desainnya yang memang dibuat untuk memberi rasa nyaman dan aman pada kaki saat melangkah dan beraktivitas, makin diminati oleh berbagai kalangan. Bahkan kini dunia kerja sudah mulai membuka diri untuk menerima kehadiran sneakers di dalam area perusahaan yang umumnya bersifat formal. Hal ini yang membuat produk sneakers berbagai jenis dan merek amat mudah ditemukan di pasaran dengan beragam model, merek, kualitas, juga harga yang kompetitif. Dan hal ini terkadang membuat konsumen bingung untuk menentukan produk sepatu olahraga mana yang sebaiknya dipilih.

tips cara memilih sepatu olahraga

Agar tak bingung dalam memilih, maka coba simak 7 tips jitu dalam membeli sepatu sport yang tepat dan bisa menjaga kenyamanan kaki berikut ini:

  1. Belilah sepatu olahraga di toko khusus sepatu dan perlengkapan olahraga. Di tempat ini Anda bisa membeli sepatu olahraga yang sesuai dengan keinginan, sekaligus juga bisa berkonsultasi tentang sepatu yang tepat untuk jenis kaki Anda atau aktifitas olahraga yang Anda tekuni.
  2. Saat menjelang malam hari atau saat setelah selesai berolahraga adalah saat volume kaki tengah dalam kondisi maksimal. Belilah sepatu saat kaki Anda tengah berada dalam kondisi seperti ini, sehingga Anda bisa mendapatkan ukuran sepatu yang tepat dan nyaman untuk kaki Anda.
  3. Tidak benar bila ada ungkapan bahwa sepatu akan tidak nyaman saat pertama kali dipakai, dan akan menjadi sangat nyaman setelah pemakaian yang ke sekian kali. Seharusnya, sepatu yang nyaman itu adalah sepatu yang sejak awal dibeli sudah terasa kenyamanannya. Karena itu tak perlu tergoda pada tampilan sepatu. Sekedar bagus di tampilan sepatu saja tak akan cukup membuat Anda mendapatkan manfaat baik dari sepatu olahraga yang Anda pakai.
  4. Jangan beli sepatu olahraga yang ukurannya terlalu pas di kaki Anda. Ambillah ukuran sepatu satu level diatasnya. Dan pastikan harus ada jarak sekitar 1 cm antara sepatu dengan kaki Anda.
  5. Pilih sepatu yang bagian tumitnya melekat kuat ke sepatu dan tidak terasa longgar. Hal ini akan membuat tumit Anda selalu terjaga kenyamanan dan juga keamanannya.
  6. Lebih baik lagi apabila Anda bisa memisahkan tiap kebutuhan sepatu Anda sesuai jenis olahraga yang Anda tekuni.
  7. Catatlah bahwa sepatu olahraga mempunyai masa pakai. Umumnya sepatu sport yang digunakan untuk olahraga lari memiliki usia optimal antara 480 km hingga 800 km pemakaian. Atau untuk sepatu senam aerobik dan sejenisnya, usia optimal sepatu adalah pemakaian sekitar 300 jam saja. Setelah itu maka kualitas sepatu olahraga akan mulai menurun dan kemampuan memberikan kenyamanan dan keamanan di kaki pemakainya sudah barang tentu ikut berkurang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge