Aku Malu Jadi Blogger Copas

Sebenarnya, saya ingin menulis judul Konten ASLI (original) vs Konten ULANG (rewrite) vs Konten COPAS (Copy-Paste). Namun, karena sedang ada “event” untuk menembak kata kunci Aku Malu Jadi Blogger Copas, maka jadilah judul seperti yang Anda baca; yah, sekalian melihat-lihat seberapa jauh blog butut “baru” ini bisa naik di halaman pencarian Google.

Di sini, kita akan bersama-sama berasumsi bahwa tulisan asli, tulisan yang sudah ditulis ulang dengan perubahan, dan tulisan yang “plek” sama alias copas. Asumsinya adalah ketiga bentuk tulisan tersebut sama-sama telah menerapkan kaidah SEO yang berlaku. Kaidah yang mana? Ga tahu juga aku.. šŸ˜†

Aku Malu Jadi Blogger Copas AdN
Stop COPAS | Image by imaginationoverflowsw.wordpress.com

Yang mana yang lebih unggul? Pertanyaan ini sulit. Akan tetapi, jika dilihat dari kacamata seorang blogger sejati, maka perilaku copas -terlebih terhadap tulisan asli milik mereka- benar-benar tidak disukai. Mengapa? Karena konten adalah raja. Capek-capek mikir, eh dicopas orang, terus, kalah lagi di hasil pencarian. Gimana ga dongkol tuh? :mrgreen:

Sepintas memang “menggiurkan” karena, tidak perlu bersusah-payah berfikir, konten sudah terisi dengan cara copas. Padahal, Google sudah mewanti-wanti; terdeteksi konten duplikat dalam satu domain saja sudah berdampak, apalagi di domain berbeda?

Nah, salah satu fungsi algoritma Google yang baru adalah membedakan, mana konten asli (informasi, berita, riset, analisis) dan mana yang konten hasil COPAS. Katanya sih begitu.. šŸ˜•

Bagaimana Google mengetahui tulisan Copas? Blogger Copas?

Logikanya, bot Google mengunjungi konten blog kita dan menyimpan hasilnya ke dalam daftar indek mereka. Nah, jika kita melakukan copas terhadap artikel yang sudah diindek oleh Google, kemudian bot Google mengindek hasil dari Blogger copas tersebut, maka Google akan berujar:

Loh? Artikel ini kan sudah pernah ada di daftar indek kita? Koq ada lagi? Wah, pasti nih artikel hasil copas! Blognya apa nih? wah Blog A. Eh, si Pemilik memiliki banyak Blog. Semua artikelnya tidak sesuai dengan Guideline kita. Banned yuk? šŸ˜†

Kira-kira kalau bot Google bisa ngomong, dia akan berbicara seperti kalimat di atas. Namun, terkadang yang namanya bot buatan manusia, bisa saja SALAH. Akhirnya berefek anomali logika sehingga membuat blogger yang malu untuk berbuat copas, malah kalah dengan blogger yang tidak tahu malu meski melakukan copas. Hal ini mungkin terjadi karena bot Google “tidak” bisa membedakan mana yang asli; mana yang palsu. Kebanyakan kasusnya adalah konten hasil reka ulang alias rewrite yang tidak benar-benar memperhatikan hasil; apalagi menggunakan software.

Eh, saya pribadi lebih menyukai yang rewrite daripada yang sama plek. Asal di rewrite dengan cara “manusia”, bukan cara “software”. Maka dari itu, para pakar selalu menganjurkan untuk menulis sebuah konten yang ASLI; bukan COPAS.

Seperti apa sih konten yang ASLI? Yah, seperti yang Anda baca sekarang. Isi campur aduk dan tidak jelas. Yang jelas, Aku Malu Jadi Blogger Copas.

30 komentar pada “Aku Malu Jadi Blogger Copas

    1. setuju, tergantung konten yang dikopas, kalo yg dikopas artikel untuk mengajak kebaikan kan boleh-boleh aja
      My recent post Kata-kata Mutiara Mario Teguh Terbaru

  1. Sebenarnya copas dalam sharing ilmu pengetahuan dan informasi selama mencantumkan sumbernya itu tidak masalah, yang menjadi masalah adalah ketika copas hanya untuk memenuhi keinginan blog mereka terindex olge search engine. btw artikel ini menambah semangat saya untuk meninggalkan copas. terima kasih.

  2. wah kalo soal beginian saya masih bingung.banyak juga artike; saya yang di copas.tapi di daftar pencarian google blog yang copas itu ada di urutan pertama sedangkan postingan asli milik saya justru tidak ada.bagaimana itu?

  3. kalo menurut saya boleh saja copas, tap iasal bermartabat. Artinya, kalau copas harus mencantumkan sumbernya, tak perlu live link, asa ldisebut sumbernya. Kemudian, tidak copas 100 persen, artinya diedit dan ditulis kembali wlau misal hnya lead dari postingan. Paling tidak ada usaha untuk merubah konten agar tidak 100 persen sama šŸ™‚
    My recent post Atasi Tidur Salah Bantal

  4. Jika ingin tidak terlalu terdeteksi oleh spidernya si google bots coba tambahkan 1 paragraf awal dan 1 paragraf akhir

    izin share info ya….

    Universitas Esa Unggul merupakan universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia dan lulusan dari Universitas mempunyai masa depan yang cerah dalam mengelola bisnis , bekerja , dll

    Universitas Esa unggul terletak di jakarta Barat , Jalan Arjuna Utara No.9, Kebon Jeruk

    Jakarta Barat 11510

    Phone : 021 – 5674223 (hunting)

    021- 5682510 (direct)

    Fax : 021 – 5674248

  5. waow gitu ya?, jadi takut mau copas, biasanya saya tidak copas tapi, langsung aja saya curi semua artikel blog itu. dengan sedikit trick…. tapi sekarang aku kapok… jadi tiap blogku bisa update 150an artikel….
    My recent post Download Counter Strike 1.6 No Steam Full Version Gratis

  6. bener banget mas, ane setuju… budaya no copas perlu di terapkan… krn sangat merugikan si penulis aslinya kan.. apalagi klo klo copas nya tanpa ngasih sumbernya.. šŸ˜€
    My recent post Tutorial Dasar MSQL Cara Membuat Database dan Tabel dari Command

  7. Manteb.. dah! copy paste ini memang jadi fenomena.. gak usah bingung terus aja lah isi konten. Sebenernya itu keinginan gugel. spertinya gugel berujar ke publisher.. ga ada kamu ga asik !

  8. hajar aja bro,,,,nih dukang and tolong dikampanyekan gan ya
    kampanye bersihkan blogger copas
    bersihkanbloggercopas.blogspot.com

Comments are closed.