6 Alasan Mengapa Perusahaan Anda PERLU Menggunakan WordPress

Halo sobat! Bagaimana kabar Anda hari ini? Sekian lama tidak menulis di blog campur aduk ini. Harap maklum, kesibukan dunia offline tidak bisa ditinggalkan. Ok. Ada beberapa hal yang Saya perhatikan sewaktu berada di dunia offline (memang sebelumnya di mana? 😀 ), di antaranya adalah keberadaan sebuah website untuk badan usaha atau perusahaan. Apa Anda memiliki usaha atau perusahaan? Apa Anda memiliki website untuk perusahaan Anda? Platform apa yang Anda gunakan? Web statis, flash atau mungkin dalam format blog?

Jika ditanya platform, tentu Saya pribadi akan menjawab BLOG. Jika blog yang dipilih, selanjutnya Saya akan menyarankan WordPress. Mengapa WordPress? Berikut ini ada 6 Alasan Mengapa Perusahaan Anda PERLU Menggunakan WordPress:

1. WordPress merupakan aplikasi terbuka (Open Source) = Biaya Minim

Sebagai perusahaan yang ingin berpromosi melalui sebuah website, tentu Anda menginginkan biaya seminimal mungkin. Nah, WordPress tidak memiliki biaya lisensi. Apa artinya ini bagi perusahaan-perusahaan besar? Biaya pengembangan secara signifikan lebih rendah karena platform ini Open Source. Sebagai contoh, jika Anda ingin menjalankan situs web berbasis ASP, Anda akan harus menggunakan Server IIS dan membeli lisensi dari Windows. Biaya pengembangan otomatis akan lebih besar.

Keuntungan lainnya adalah karena WordPress sebagian besar menggunakan bahasa pemprograman PHP, hal ini akan mempermudah Anda menemukan pengembang yang dapat membangun dan memelihara website Anda dengan biaya cukup terjangkau. Bahkan WordPress menyediakan template/tema dan plugins (aplikasi tambahan) yang juga GRATIS.

Open source lebih dari sekedar tanpa biaya lisensi. Open Source merupakan sebuah filosofi yang memungkinkan programmer/pengembang untuk bekerja sama dalam meningkatkan fungsi. Setiap orang bisa mengubahnya. Itu berarti bahwa kemungkinan besar, aplikasi yang Anda cari sudah ada yang membuatnya, sehingga perusahaan Anda hanya perlu mendownload dan menginstallnya. Tentu saja hal ini dapat menghemat waktu dan biaya ribuan dolar dalam masa pengembangan situs.

Sebagai contoh, jika Anda mencari aplikasi Shopping Cart atau Form jual beli, para pengembang WordPress sudah menyediakannya dalam bentuk plugin YAK for WordPress. Gratis pula. Anda tidak akan dipusingkan untuk mencari programer dan menyewa mahal jasa mereka untuk membuat aplikasi sejenis 😉 . Sebagai sebuah program, WordPress memiliki lisensi dalam bentuk GPL. Apa itu GPL? Silakan baca di Lisensi GPL.

Apakah WordPress dengan lisensi GPL akan menghapus hak saya sebagai pengembang kode dalam situs saya, baik plugin maupun theme/template?

TIDAK. Selama Anda tidak mendistribusikannya. Jika Anda membayar seorang desainer dan pengembang untuk menciptakan tema atau plugin untuk Anda, itu milik Anda dan investasi Anda aman. GPL hanya berlaku jika Anda mendistribusikan tema atau plugin. So, tidak perlu takut akan Hak Anda 🙂

2. WordPress merupakan CMS yang paling User Friendly di kelasnya

User Friendly? Betul. Anda tidak perlu mengerti bahasa HTML. Seperti Saya, meskipun Saya merupakan Sarjana Farmasi, tapi Saya bisa menulis tulisan ini kan =)) . WordPress sangat mudah digunakan. Yang penting Anda memiliki sedikit kemampuan dalam mengoperasikan komputer, minimal Microsoft Word 😉 . Tampilan/User Interface yang sangat familiar; Anda tinggal klik ini-klik itu untuk membuat tulisan 😀

3. WordPress memiliki Komunitas yang solid

Di 42 hari pertama WordPress diluncurkan, tidak kurang 11 juta orang mendownload aplikasi ini. Jutaan (mungkin puluhan atau ratusan juta) orang saat ini menggunakan WordPress. Anda tidak perlu takut kehilangan support. Jika web Anda bermasalah, cukup search di google, Anda pasti akan menemukan jawabannya. Jikalau tidak Ada, Anda bisa menanyakannya di Forum Resmi Pengguna WordPress Indonesia 😉

4. WordPress sangat Flexibel

Perusahaan Anda ingin membuat web berbasis social networking? forum? e-commerce? atau mungkin event management? Dengan WordPress, Anda bisa membuatnya. Perhatikan contoh situs Komunitas Farmasi Indonesia yang Saya buat. Mirip facebook bukan? Web tersebut Saya buat dengan WordPress :shy:

5. WordPress sebagai Solusi situs e-Commerce Anda

Apakah Anda memerlukan website untuk toko, baik perusahaan kecil atau perusahaan internasional yang besar-besaran dengan kebutuhan yang kompleks, WordPress memiliki solusi e-commerce sesuai dengan bisnis Anda. Ingin mendirikan jaringan toko online yang memiliki basis yang sama dengan pusat (franchise) ? Anda dapat melakukan ini dengan multisite WordPress (WordPress MU) dipadu dengan e-commerce. Mengelola WordPress e-commerce sama halnya dengan mengelola setiap jenis konten lainnya dalam blog WordPress.

6. WordPress sangat SEO Friendly

Website sudah Anda buat, apa jadinya kalau pengunjung/costumer Anda tidak pernah menemukan Website Anda di hasil pencarian? Dengan WordPress, Anda bisa dengan “mudah” mengoptimasi. Anda bisa membaca detailnya di category SEO di blog ini =))

Kesimpulan

Dengan WordPress, Anda bisa membuat Website dengan bentuk APAPUN dengan mudah dan murah. Terlebih dukungan/support dari komunitasnya yang solid.

Keberadaan sebuah website bagi suatu perusahaan sangat mutlak. Perhatikan contoh kasus di sini. Tulisan ini bukan dalam bentuk teknis. Untuk urusan teknis, silakan konsultasikan dengan bidang IT Anda. Jika belum punya, segera cari atau menghubungi Saya 😛 .

Sekian tulisan mengenai 6 Alasan Mengapa Perusahaan Anda PERLU Menggunakan WordPress. Mudah-mudahan bermanfaat.

*Berikut contoh perusahaan yang menggunakan WordPress sebagai basis web mereka:

1.  Tech Crunch  di http://techcrunch.com/
2. Perusahaan Mobil VW di http://tdi.vw.com/
3. Newyork Times di http://www.nytimes.com/interactive/blogs/directory.html
4. Acer (Indonesia) di http://acerid.com/
5. and more ….

17 komentar pada “6 Alasan Mengapa Perusahaan Anda PERLU Menggunakan WordPress

  1. buat sebuat perusahaan juga bagus seperti paparan di atas apa lagi buat perorangan. makanya saya juga pakai wordpress.. :). Trims…

    .-= Nursohib´s last blog ..10 Orang Pertama yang Daftar Anggota di Facebookcom =-.

  2. Panduan Dan Tutorial · Edit

    wah dimana2 pada unggulkan wp ya, jadi penasaran nih tapi nanti kalo udah buat domain berbayar cz skrng msh yg gratisan. Mksh ya atas infonya

  3. Ada alternatif lain bisa lebih murah. Pertama bikin blog di blogspot, lalu beli domain 80 ribuan. Lalu pindahkan domain yang di beli ke blogsot, beres. Kita punya web yang cima bermodalkan domain doang. Ga perlu sewa hosting, ga perlu pikirin kapasitas, dan yang pasti aman.

    1. Betul sob.. memang kalau mau murah, bisa pake blogspot. Tapi, jika berbicara tentang copyright konten, tentu menggunakan wordpress dengan hosting sendiri (self hosted) lebih dianjurkan 😉 Tapi kembali ke masing-masing saja 🙂

  4. Artikel-artikel anda sangat membantu sekali bagi para Blogger pemula saperti saya, terima kasih banyak atas informasi yang diberikan dan sangat membantu saya dalam mengembangkan web yang saya kelola.

Comments are closed.