Backlink

Apa sih backlink? Fungsinya?

backlink merupakan tautan balik. Jika diartikan secara gampangnya, peristiwa backlink terjadi jika situs atau blog orang lain me-link (meletakkan alamat blog kita) ke alamat blog kita.

Kongkritnya, jika dalam blog Anda, Anda meletakkan alamat http://www.ahyari.net itu berarti Blog Anda melakukan backlink ke http://www.ahyari.net.

Mengapa harus ada Backlink? Begini, backlink memang tidak wajib ada pada suatu blog, hanya saja setiap blogger memiliki “perasaan” suka dengan blog lain dikarenakan isinya atau sang empunya blog yang cantik 😛 sehingga merasa perlu pengunjung blog-nya untuk mengunjungi blog yang dia letakkan sebagai backlink di blog-nya tersebut. Dengan kata lain, backlink merupakan sebuah penghargaan dari blogger ke blogger lain yang dianggapnya telah membantu dirinya sehingga, dia pun ingin orang lain tahu keberadaan blog tersebut. Caranya yaitu dengan meletakkan backlink pada blog-nya. Gimana?

Nah, dari segi Search Engine Optimization (SEO) pun, keberadaan backlink dari blog/situs lain ke blog kita sangat menguntungkan di mata Search Engine. Hal ini secara tidak langsung mengindikasikan bahwa blog kita penting untuk pengunjung dan pemilik blog/situs lain tersebut. Sehingga terciptalah yang dinamakan PR (PageRank) oleh google.

Dalam backlink berlaku prinsip “berbanding lurus” (semakin banyak pemilik blog/situs yang me-link ke blog kita, semakin meningkat juga blog kita di mata Search Engine.

Dalam blog wordpress.com, tentu kalian dapat melihat istilah “BlogRoll”. Jika belum, silakan llihat menu pada Dashboard tab Links atau pada tab Appearance kemudian widgets.

Untuk mengaktifkan di WordPress.com cukup letakkan widgets “BlogRoll”. Untuk mengisi linknya, silakan tambahkan pada tab Links pada Dashboard

8 komentar pada “Backlink

  1. Hey there nice post and nice blog you have here! Come check me out at backlinkplus.com – it is an amazing site and if you contact me soon enough i will give you a special deal!

Comments are closed.