Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan yang Baik?

Mungkin Anda pernah merasa bingung bagaimana cara menurunkan berat badan yang oke serta sesuai dengan keperluan Anda. Tidak hanya Anda, banyak orang yang bertanya atau mencari solusi terkait masalah overweight ini. Padahal, jawaban sederhananya adalah pola hidup yang sehat. Akan tetapi, seperti apa pola hidup yang baik dan sehat tersebut? Berikut adalah 3 poin pentingnya:

1. Nutrisi Tepat
Nutrisi diperoleh dari makanan. Mengatur pola makan sedemikian rupa bertujuan agar lemak tidak bertambah dan massa otot tetap terjaga. Nutrisi berupa kalori perlu dibatasi dan perhatikan kandungan protein agar berat badan ideal bisa diraih. Lemak tetap diperlukan, namun jangan berlebihan. Lemak yang tidak terkontrol akan membuat berat badan susah berkompromi. Contoh pola makan sehari-hari dari L-Men ini bisa Anda terapkan untuk mendapatkan nutrisi yang tepat:

Cara Menguruskan Menurunkan Berat Badan

Selain pola makan, kandungan gizi seperti karbohidrat, protein serta serat juga harus selalu diperhatikan. Misalnya ketika Anda sedang menjalankan program diet, bukan berarti Anda harus meniadakan karbohidrat karena karbohidrat merupakan penghasil energi. Begitu juga dengan protein yang diperlukan untuk menambah massa otot. Makanan yang berprotein tinggi meliputi ikan, putih telur, susu low fat dan lain-lain. Untuk serat, Anda bisa mendapatkannya dari buah dan sayur.

2. Rutin Berolahraga
Nutrisi yang tepat belum sepenuhnya mampu untuk menurunkan berat Anda. Imbangi juga dengan berolahraga atau latihan rutin. Misalnya rutin selama 1 jam selama 1 minggu penuh. Jika terlalu berat, mulai dari 3 hari dulu, kemudian meningkat 4 hari dan seterusnya.

Contoh Pola Latihan untuk Menguruskan Menurunkan Berat Badan

Yang perlu diperhatikan selama berolahraga atau latihan adalah pemanasan dan pendinginan. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya cidera oleh tubuh selama olahraga.

3. Istirahat dan Tidur yang cukup
Setelah seharian beraktivitas dan menjalankan 2 metode sebelumnya, tubuh dan pikiran Anda harus juga diistirahatkan. Tidur yang berkualitas mampu membantu proses penurunan berat badan. Para pakar mengatakan, tidur yang ideal adalah 7 sampai 8 jam. Meski demikian, kualitas tidur tidak ditentukan berapa lama Anda tidur. Hindari stress berlebih. Agar maksimal, jika melakukan latihan, hendaknya dilakukan paling tidak empat jam sebelum Anda bersiap tidur.

Bagaimana? Sudah siap menerapkan 3 poin di atas? Beberapa rekan yang sukses menurunkan berat badan mengatakan bahwa selain menemukan metode yang tepat untuk diri sendiri, juga diperlukan niat yang kuat. Dengan niat yang kuat akan terbentuk komitmen untuk berubah ke arah yang lebih baik. Sampai di sini, Good luck dengan program penurunan berat badannya, ya? 🙂

Post Comment

CommentLuv badge