Batik Keris, Simbol Budaya yang akan Terus Ada

Apakah Anda pernah mendengar batik keris? Siapa yang tidak mengenal batik? Sejak dicetuskan sebagai sebuah pakaian nasional, batik berubah menjadi primadona masyarakat Indonesia. Semua orang dapat mengenakan batik, batik tidak hanya digunakan untuk kaum menengah ke atas saja, namun sekarang batik sudah menjadi milik rakyat. Batik yang dikenal sekarang ini ialah sejenis kain hasil dari kerajinan yang mempergunakan bahan baku selembar kain yang diberi corak atau motif yang khas, namun apakah Anda mengetahui, apa sebenarnya batik atau kain batik?

batik keris simbol budaya yang akan terus ada

Batik sebenarnya adalah sebuah teknik pembuatan bahan busana atau pakaian. Hasil dari proses batik dinamai dengan kain batik. Namun sekarang masyarakat sudah terlanjur menyamakan kata batik sebagai hasil dari batik tersebut. Batik jika di runtut, asal muasalnya dari penggabungan dua kata dalam bahasa Jawa yakni dari kata amba yang berarti menulis dan titik yang berarti titik. Jadi makna dari kain batik sendiri ialah menulis titik pada selembar kain.

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan batik ini, batik telah menjadi ciri khas serta budaya bangsa Indonesia, telah sepatutnya dijaga keberadaannya dan tidak sebatas digunakan di kantor atau pun di sekolah. Batik sekarang ini telah menjadi trend berbusana untuk sebagian besar masyarakat di Indonesia. Tidak hanya seragam sekolah atau seragam kantor saja, namun batik telah hadir dengan berbagai macam keperluan kita, seperti busana sehari-hari, keluarga bahkan dapat digunakan sebagai busana pesta. Salah satu rumah yang memproduksi batik, yang sangat terkenal di Indonesia ialah batik kerisBatik ini telah menjadi simbol budaya Indonesia, berpusat di Solo, batik ini merupakan salah satu produsen batik terbesar yang ada di Indonesia.

Sudah banyak kain yang telah di produksi oleh rumah produksi ini. Tidak hanya untuk sekitaran pulau Jawa saja, namun ia sudah merambah hingga di luar pulau Jawa bahkan hingga ke Indonesia Timur/ jenis batik yang dipasarkan juga beraneka ragam mulai dari tulis, cap, lukis. Kain-kain tersebut tidak hanya diperjualbelikan dalam selembar kain, namun kain tersebut juga di sulap menjadi berbagai macam model busana. Busana yang berbahan kain batik mempunyai ciri khas tersendiri. Ciri khas yang paling terlihat adalah corak motif yang diciptakan para pengrajin. Anda dapat memilih motif batik dari yang klasik hingga modern.

Batik dari Solo ini memang sangat menarik perhatian, ditambah dengan model busana yang sangat modern. Model busana yang diciptakan oleh rumah produksi ini tidak monoton sehingga bisa diaplikasikan dengan model busana yang lain seperti kasual, dress, model formal dan yang lainnya. Batik ini juga bukan hanya digunakan untuk acara yang bersifat formal seperti di acara-acara kantor, namun ia juga dapat digunakan di berbagai macam suasana.

Busana batik menempati hati seluruh masyarakat Indonesia, hal ini bisa ditunjang dari inovasi yang diciptakan dalam perkembangan batik. Anda dapat melihat sudah begitu banyak model busana batik yang elegan dan modis, model batik yang sekarang bermunculan bukan hanya blouse atau kemeja. Bahkan, untuk baju batik Keris dapat di padukan dengan bahan dan model yang lain. Padu padan busana dengan batik dapat menambah variasi busana Anda. Batik ini ada dalam bentuk pelengkap busana kebaya, busana pesta bahkan untuk acara saat berkumpul bersama dengan teman.

Post Comment

CommentLuv badge