BING = But It’s Not Google

Sejarah mesin pencari (Search Engine) kembali diwarnai kemunculan “pesaing” baru. BING. Apalagi BING merupakan “anak” dari Microsoft. Hal ini tentu saja tidak bisa dipandang sebelah mata.

Banyak laporan dan penelitian dari para webmaster dunia mengatakan bahwa hasil pencarian BING lebih optimal ketimbang Google atau Yahoo. Menurut Saya, ini relatif. Tergantung kata kunci yang diketikan.

Juli kemarin, Yahoo sepakat bahwa mesin pencari mereka, search.yahoo.com akan menggunakan sistem dari BING. Apa jadinya jika dua perusahaan raksasa dunia bersatu dalam bidang search engine? Hal ini tentu menarik untuk dikaji lebih lanjut.

Awalnya tidak begitu tertarik dengan BING. Karena google lebih dari cukup mengakomodir kebutuhan Saya dalam penelusuran web atau kata kunci. Sampai pada suatu ketika datang sebuah kontes SEO yang menggunakan 3 buah mesin pencari raksasa sebagai jurinya (google. Yahoo dan bing). Kontes SEO Bisnis Pulsa Eranet yang diselenggarakan oleh ERAnet otomatis membuat para webmaster amatiran kaya Saya mulai meneliti mencari “bagaimana mengalahkan BING?” 😛

Dari hasil riset penelusuran Saya, ada beberapa faktor dalam hal pengoptimasian halaman atau web agar terindex dengan baik pada hasil pencarian BING. Diantaranya:

A. Rekomendasi Secara Umum untuk WEB / BLOG Anda

  1. Gunakan kode-kode HTML yang baik dan benar sesuai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan 😛 ). Pastikan semua tag tertutup dengan benar. Untuk menceknya, Anda dapat menggunakan tool gratis dari W3C.
  2. Jika web/blog Anda memiliki link yang rusak (broken links), kemungkinan proses index-i-sasi web/blog Anda oleh MSNBot menjadi tidak efektif. Bagaimana caranya mengetahui ada link yang rusak? Silakan menuju halaman Help topik untuk Webmaster Center’s Crawl Issues Tool.
  3. Jika Anda melakukan perpindahan (pindah domain atau pindah alamat link artikel), silakan setting URL awal untuk mengalihkan (redirect) ke halaman yang baru. Hal ini berlaku untuk perpindahan permanent atau sementara (temporary). Informasi lebih lanjut bisa ke What to do when your website is relocated.
  4. Yakinkan bahwa MSNBot bisa meng-crawl atau menjelajahi web/blog Anda. Tentunya dengan melengkapi web/blog Anda dengan sitemap.
  5. Gunakan file Robots.txt atau beberapa tag untuk mengontrol mana halaman html yang di index.
  6. Gunakan URL yang simple, dan sesuai artikel Anda. Juga, jangan suka mengubah-ubah URL Anda tentunya. Binggung entar MSNBot 😛
  7. Jaga jangan sampai ada malware berada dalam server Anda atau me-link ke web/blog Anda. Sebab ini akan mengurangi “rasa percaya” BING terhadap kredibilitas web/blog Anda. Caranya? Dengan menghindari upload dari server yang tidak dikenal ke server Anda (untuk hal ini, silakan searching. Saya kurang ahli 😀 )

B. Content Guidelines

Cara terbaik agar pengunjung Anda betah dan selalu kembali membaca tulisan Anda adalah dengan merubah web / blog Anda menjadi dofollow membuat tulisan-tulisan yang bermanfaat dan menarik.

Oleh sebab itu, BING juga menyarankan untuk:

  1. Gunakan Judul atau kalimat yang menarik serta sesuai dengan isi tulisan.
  2. Perhitungkan lama loading, komposisi letak gambar, iklan dan komponen lain. Mengapa? Karena BING membatasi sebuah halaman WEB / BLOG yang baik adalah yang berukuran tidak lebih dari 150 kb
  3. Yakinkan bahwa homepage Anda memiliki link statis yang mengarah ke setiap halaman dari web / blog Anda. Kalau WordPress, setidaknya Tags dan Categories harus mudah terlihat.
  4. JANGAN meletakkan text yang ingin Anda optimasi dengan gambar. Contohnya, jika Anda ingin nama web/blog perusahaan Anda terindex, harus dalam bentuk tulisan.
  5. Tambahkan Sitemap terbaru setiap Anda mengupdate isi dari web / blog Anda.
  6. Jaga agar “hirarki” web/blog Anda. Misalnya link menuju halaman A setidaknya hanya memiliki 1-3 link pada homepage.

Kalau ingin lebih detail, bisa baca download panduan resminya di sini (English – 1.3Mb)

7 komentar pada “BING = But It’s Not Google

  1. i have been evaluating the search results of Microsoft Bing compared to Google and they are comparable. Bing gives almost the same relevant search results just like Google.

  2. BING search engine is just as good as Google. In my own personal experience, Google does give more releveant search result than Bing but the difference is very small. **

Comments are closed.