Blog Butut; Bukan Blog SAMPAH!

Saya pribadi memang sering menyebut blog saya ini sebagai Blog Butut. Saya tidak mengejek; hanya saja, blog ini tidak memiliki desain yang “wah”. Dengan latar belakang putih polos, tanpa pernak-pernik dan sidebar yang terletak di sebelah kanan, tidak ada yang spesial memang.

Dan ternyata, jutaan pengunjung datang (kebanyakan) hanya ingin mencari backlink, mengingat blog butut ini menganut paham dofollow. Ditambah lagi dengan Inner Page yang juga memiliki PageRank lumayan, komplit lah sudah blog ini menjadi “sasaran” para pemburu backlink “kampungan”. Blog Butut; Bukan Blog SAMPAH!Saya juga membuat Terms of Service atau ketentuan-ketentuan yang terkait dengan keberadaan blog butut ini.

Di sana sudah jelas tertulis bahwa:

  1. WAJIB mencantumkan nama. NO KEYWORD on name form
  2. Tidak mencantumkan link dalam komentar, jika terpaksa, gunakan hxxp://blablabla.com/dst
  3. dst…

Yang terjadi? Hampir 90% pengunjung yang memberikan komentar selalu “menamakan” diri mereka nama yang bukan Nama Manusia, seperti: Pembalut dst, Obat dst, Tas Wanita dst, sampai-sampai situs milik pemerintah ataupun universitas ikut-ikutan (mungkin mereka menggunakan jasa SEO untuk meningkatkan popularitas di Search Engine).

Teringat tulisan Tomi Purba di Semi Dofollow Blog, yang mana mengatakan semakin maraknya para junker dan spammer yang memberi komentar “asal komen”.

Nice info, Artikel yang menarik, Thanks gan, dll sudah menjadi makanan sehari-hari blog butut ini. Awalnya saya memaklumi, lama-lama, jengkel juga. Kalau semua komen di approve, blog butut ini benar-benar akan menjadi blog sampah!

Saya mengikuti kontes SEO sejak tahun 2008, tidak pernah terbesit untuk nyepam di blog negeri sendiri. Saya sih malu kalau harus memberi komentar yang tidak relevan atau asal komen di blog orang lain, terlebih milik teman sebangsa dan setanah air.

Bagaimana Anda ingin membangun image toko online Anda kalau cara mempromosikannya saja Anda tidak bisa?

Well, bagaimanapun, itu Hak Anda untuk menulis komentar. Dan Hak saya juga untuk tidak meng-approve-nya. Jadi, agar Anda mendapatkan backlink dari blog butut ini, buatlah komentar yang relevan dengan NAMA ASLI Anda.

Mulai saat ini, semua komentar yang masuk menggunakan bukan nama asli, tidak akan saya approve. Saya menganut paham dofollow karena ingin berterimakasih atas kunjungan kawan-kawan sekalian. Saya juga menyertakan commentluv agar Anda bisa menampilkan tulisan Anda dengan rapi. Saya memang tidak bisa membalas satu per satu komentar yang masuk, maka dari itu saya memberikan Anda “hadiah” sebuah link (malah 2 buah jika Anda menggunakan Comment Luv) yang bisa diindex oleh Google.

Jika ada salah-salah kata, atau ada yang tersinggung, saya mohon Maaf. Bukankah setiap pemilik rumah ingin rumahnya bersih?

Anda Sopan, Kami Segan. Anda Nyepam, I’m Sorry Good Bye 8)

39 komentar pada “Blog Butut; Bukan Blog SAMPAH!

  1. hehe… yaa gitu mas.. resiko mas.. tp tetaplah berbangga berarti blog mas ahyari banyak pengunjungnya πŸ˜€
    bwt OOT nih, kotak komentarnya kok mpe nabrak sidebar ya.. πŸ˜€ saya pake chrome mas

    1. hayaah.. bisa aja mas Tomi ini.. Nabrak sidebar? Apa mas Tomi ada "menarik" tanda dipojok kanan bawah kotak komentar? Soalnya kotak komentarnya dibuat tidak statis. barusan saya coba di chrome juga ga nabrak mas. Apa perlu di fixed aja ya ukurannya? πŸ˜•

      Thanks untuk "isu" kotak komennya mas bro πŸ™‚

  2. memang blog dengan pagerank tinggi menjadi incaran oleh semua orang, dan itu hak narablog untuk mengkoordinir blog comentingnya dengan tidak mengapprove komentar yang sesuai kehendak.
    mengapa tidak membatasi jumlah komentar atau menutup form komentar berdasarkan jangka waktu tertentu (jika autoapprove)
    dan jika perlu matikan saja author linknya mas, untuk mengatasi spammer
    mungkin ada pertimbangan lain?

  3. Kata-kata seperti : Nice info, Artikel yang menarik, Thanks gan, dll memang ada di mana-mana Kang. Jujur saja, saya pernah berkomentar seperti itu tapi saya lihat dulu blog orang mana/dari negara mana. Rasanya tidak etis kalau komenttar yang sepotong dan basi seperti itu kita tulis di blog sahabat setanah air.

    kalau saya utk sementara ini sy approvekan saja, kecuali komentarnya berisi link-link, otomatis sy hapus. Semangat Kang…

    1. Sependapat kang. Hal seperti ini memang masalah klasik. Tinggal si pemilik yang memfilter, atau si pemberi komentar yang sadar kalau dengan ngejunk-spam akan merusak image diri mereka sendiri.

  4. wah gtu ya? saya baru belajar ngblog, biasanya cuman blogwalking aja2, eh jadi ketularan pengen ngblog…hihihi
    klo comment luv hanya buat blogger berbayar ya? yang gratisan nggak bisa ya ?

  5. tidak semua pengunjung blog yang kasih komen di blog hanya berharap backlink… mungkn ada yang jujur karena ia perlu mengapresiasi blog tersebut, meski dengan ucapan singkat : terima kasih infonya", atau nice post..dll…

    kasih koment singkt bukan berarti kampungan kn ?

    tp, itu terserah si pemilik blog sih… mau appprove atau remove yang kada masalah jua… yg punya blog punya hak dn privasi mengelola blognya…

    1. Benar sekali pak. Dalam beberapa post yang mengabarkan tentang download atau informasi memang tidak masalah.

      Yang saya maksud "kampungan" adalah memberi komentar dengan keyword TANPA memperhatikan tulisan/postingan tersebut. Tidak jarang bahkan isi komentar tidak nyambung sama sekali.

      Memang tidak semua pengunjung (buktinya Anda πŸ™‚ ) yang ngejunk. Banyak juga yang bertanya, menambahkan bahkan mengkritik πŸ™‚

      Terimakasih untuk waktunya pak..

  6. kalo saya mas Jimmy seh, cuma elus-elus dada aja, sabar-sabar… hehe

    paling jengkelin sih kalo ngomen blog pake identitas "anonim", ga jelas banget tuh yang ngomen identitasnya, saya lebih suka kalo dia ngomen pake identitas walau pun dibalik dia ngomen itu mau cari backlink dsb…

    salam Blogger Banua!

  7. Salam kenal Mas, makasih udah dibolehin masuk tamu nyasar nih. Waduh5x..bisa berkurang pahalanya kalau ngegerutu gitu. Tapi saya pasti do'akan yang punya blog ini selalu baik hatinya dan banyak jodohnya..ups,rezekinya..huehehe.. Thanks anyway.
    Salam..

  8. Saya tiap hari kebanjiran dengan ratusan koment spam,karena saya tidak menggunakan akismet untuk memblokir semua komen tersebut,dan inti sebenarnya dari berkomentar selain untuk mendapatkan link,terlebih lagi sebetulnua untuk membudayakan silaturahmi…ehm salam perkenalan dulu mas achyari..

  9. Yah begitulah Negeriku Tercinta. Bila ada yang maju banyak yang ga suka. Tapi tenang aja Om. Jangan habiskan energi memikirkan yang tidak perlu. Maju Blogger Indonesia.
    Salam Persahabatan buat semua. Sukses selalu.

  10. Saya juga setuju gan, komen yang spam ga usah di approve. Kalau saya blog walking ke blog comment luv yang lain, kelihatan sekali bedanya dengan Coment di blog biasa. Kolom Comment nya keliatan lebih hidup dengan Comment yang berkualitas dengan memberi input2 yang berkualitas.

  11. Saya justru baru tau kalau blog ini dofolow, (baru cari BL blog2 dofollow High PR), setelah membaca artikel diatas,,, um…… gak jadi Komeng OOT πŸ˜€

    "Saya sih malu kalau harus memberi komentar yang tidak relevan atau asal komen di blog orang lain". Saya juga… medingan gak osah komeng dari pada komentar kluar dari tema tulisan…

    Thanks atas 2 BL high PR nya mas…. πŸ˜†

  12. jangann gitu mas ath.
    walaupun blog ini gak ada pernak prnik nya tapi bagus sih.
    sederhana gak berlebihan.
    sederhana itu lebih indah bagi saya.
    terimakasih.

  13. sebenernya simple mas, yang pake nama aneh itu dikarnakan untuk mengejar target keyword blog! jadi melakukan segala hal untuk mendapatkan posisi 1 dengan keywork itu termasuk spam!

  14. Jadi takut mau koment mas..,
    jujur neh tadinya gak hobi blogwalking, yang penting posting dan posting,
    tiba-tiba mendadak dangdut muncul napsu ikut kontes SEO nya DPD RI, motifnya seh ingin beradu tulisan gitu.
    Tapi karena dasarnya gak hobi blogwalking, postingan yg sy tulis dengan mengumpulkan referensi sana-sini akhirnya malah terdampar entah di belantara mana, sementara melihat postingan kompetitor yang ditulis sembarangan malah nongol di halaman 1 google. Kuciwa berat mas…,
    Singkat cerita setelah disarankan para master SEO untuk mencari backlink, maka dimulailah petualangan ini..,
    mohon maaf bila tidak berkenan…,blog anda memang BUTUT (BUenar2 TUlisannya Top)

  15. Wkwkwkwk…
    Sedih juga ya mas..
    Mending kaya blog temen saya aja mas..
    Jadi nofollow..
    Tapi dia alexa rank'nya d'angka 100 rbu mulu..
    Yah karena memang artikel'nya bagus..
    Dan tehnik seo'nya bukan dari backlink…
    Hanya dari page artikel..
    Yah hanya saran aja..
    ^_^

  16. Kok bisa gan pake nama pembalut???
    Tapi agan patut berbangga ria, blog agan punya PR bagus, traffik juga bagus

    Ane juga baru tahu kalau nggak boleh kasih keyword….sorry ya gan………

  17. tragis sekali ya? maafkanlah dosa-dosa kawan blogger kami Ya Allah. hehe
    jujur, saya juga gedheg kalo ada koment kayak gitu. mau masukin ke spam ngga tega, blog masih sepi, ngga dimasukin ngrusak pemandangan. hehe

Comments are closed.