Blogger Hobi Begadang? Waspada Gula Darah Tinggi!

Sebagai blogger berijazah Apoteker, sedikit – banyak tentu mengetahui sebab musabab penyakit. Pastilah ya, empat tahun untuk sarjana dan satu tahun untuk pendidikan profesi. Lantas, apa hubungannya begadang dengan gula darah tinggi? Sebelum itu, ingat lagu Bang Haji Rhoma Irama “Jangan Begadang”? “Begadang tidak ada artinya..” dan seterusnya.

Tidak bisa dipungkiri, sebagai seseorang yang mengaku blogger, begadang menjadi semacam rutinitas. Saya tidak tahu alasan blogger lain yang hobi begadang, tapi saya, “hobi” begadang karena saat mahasiswa dulu, waktu luang yang ada hanya tengah malam. Setelah lulus pun masih menjadi kebiasaan. Di samping itu, koneksi internet kalau tengah malam relatif lebih stabil dan cepat (dulu ketika masih menggunakan modem belum fiber seperti sekarang).

blogger jangan begadang

Apapun itu, mulailah mengurangi kebiasaan begadang itu. Percayalah, segala sesuatu yang berlebihan (terjaga lebih lama dari waktu tidur normal) tidak baik. Silakan simak, sedikitnya ada 4 efek negatif akibat begadang. Apa saja itu?

  1. Bangun pagi kepala menjadi pusing, badan lemas dan pikiran susah konsentrasi. Lebih ekstrim, sebuah penelitian mengatakan jika kita tidur kurang dari 4-6 jam, ketika bangun itu setara dengan orang mabuk! Nah, loh!
  2. Cepat tua! Keriput di wajah akan semakin nampak dan muncul karena tubuh kelelahan. Wajah orang begadang seperti tidak ada semangat. Bagaimana mau mencari pasangan hidup jika bangun saja aura semangat kita tidak ada? 😛
  3. Nomor tiga ini khusus bagi yang -maaf- agak gemuk dan berniat diet. Begadang akan menghancurkan program diet Anda. Sebab, orang yang begadang biasanya makan cemilan atau makan pagi dengan porsi lebih banyak (karena tubuh merasa lelah).
  4. Gula darah tinggi. Nah, ini yang menjadi fokus perhatian kita sebagai blogger yang suka begadang. Lihat nomor 3 di atas? Tidak mungkin kalau orang yang begadang tidak memakan apapun, minimal ada yang bisa diemut (cemil). Parahnya, dalam waktu malam adalah saat terlambat tubuh untuk mengolah asupan kandungan gula dari cemilan/makanan yang dimakan ketika begadang. Akibatnya? Kadar gula darah bisa menjadi tinggi.

Jika Anda bertanya, “lantas, ada apa dengan gula darah tinggi?” Gula darah tinggi ini salah satu faktor yang bisa menyebabkan penyakit diabetes. Widih, amit-amit bro-sis. Mudah-mudahan kita selalu diberi kesehatan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Aamiin.

Memang sebagai manusia, selain berdoa kita juga harus berbuat, berusaha, berubah, mulai dari menerapkan salah satu pola hidup sehat untuk tidak begadang dan menjaga makanan. Bacaan berikut juga bisa menjadi referensi tentang gula darah, yaitu: cara menurunkan gula darah ala tropicanaslim.com

Stay alive; Stay healthy!

2 komentar pada “Blogger Hobi Begadang? Waspada Gula Darah Tinggi!

Post Comment

CommentLuv badge