Cara Ampuh dalam Mencegah Diabetes

Apakah anda salah satu penderita diabetes? atau anda salah satu orang yang beresiko terkena diabetes ? jika anda belum terkena diabetes, maka beruntunglah anda karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyakit diabetes dan pencegahannya. Sehingga anda yang belum terkena penyakit ini bisa menghindarinya hingga tutup usia anda. penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang mematikan ke-4 di dunia saat ini. Dan memang banyak sekali orang yang ketakutan dari penyakit ini. Padahal, penyakit diabetes disebabkan oleh dirinya sendiri dan ia sendiri merasa menyesal setelahnya. Penyakit diabetes paling sering disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu juga bisa dikarenakan oleh faktor keturunan yang pernah dialami juga oleh keluarga anda.

kenali diabetes dan komplikasinya

Jadi sebelum penyakit mematikan ini menghampiri anda, sebaiknya lakukan beberapa cara ampuh berikut ini, antara lain:

  • Perbanyak pengetahuan tentang diabetes. Bagi anda yang memiliki keluarga dengan riwayat diabetes, maka sebaiknya segera perbanyak pengetahuan tentang diabetes. Karena anda 2x lipat lebih beresiko untuk terkena penyakt diabetes.
  • Kurangi asupan makanan berkalori tinggi setiap harinya. porsi makan dapat anda kurangi dan hal ini menjadi cara terbaik untuk mengurangi resiko terkena diabetes. Karena tentu jika anda banyak makan maka gula darah anda akan terus meningkat dan membahayakan diri anda.
  • Rajin berolahraga. Salah satu cara untuk menjaga gula darah tetap stabil adalah dngan berolahraga setiap hari minimal 30 menit. Selain untuk menjaga kadar gula darah juga dapat meningkatkan sensitivitas anda terhadap hormon insulin.
  • Selalu sarapan di pagi hari. apapun sarapan yang anda santap di pagi hari, yang pasti hal itu sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena diabetes. Karena makan sarapan yang sehat tidak hanya bagus untuk mengontrol nafsu makan, namun juga akan membantu anda dlaam mengontrol kalori yang anda konsumsi.
  • Tidur cukup. Tidur yang sehat dimana anda tidak begadang atau mengurangi porsi tidur anda dapat mencegah diabetes. Kurang tidur bisa menyebabkan meningkatnya hormon kortisol yang juga dapat meningkatkan tingkat insulin yang akan berakibat pada ketidakseimbangan gula darah.

Itulah penjelasan mengenai penyakit diabetes dan pencegahannya. Sebaiknya mencegah daripada menyembuhkannya. Karena hingga saat ini pun penyakit ini belum dapat disembuhkan. Semoga bermanfaat.

Post Comment

CommentLuv badge