Cara Membersihkan Jok Kulit Mobil

Banyak orang yang tidak mengetahui cara menghilangkan kotoran di jok mobil yang terbuat kulit. Mobil adalah tempat di mana anda menghabiskan banyak waktu setiap harinya untuk berangkat ke kantor, mengantar anak ke sekolah, dan lain-lain. Saat akhir pekan anda mungkin membawa keluarga pergi berekreasi, dan biasanya anak-anak membuat interior mobil menjadi kotor dan berantakan.

membersihkan jok kulit

Kulit jok merupakan bahan yang awet dan bisa digunakan hingga bertahun-tahun lamanya. Tak hanya jok, biasanya bahan kulit juga digunakan untuk membungkus aksesoris interior lainnya. Bahan kulit harus dibersihkan menggunakan pembersih khusus agar keadaannya tetap halus dan kondisinya selalu terjaga dengan baik. Anda bisa membeli pembersih interior kulit di toko aksesoris mobil, atau melakukan cara menghilangkan kotoran di jok kulit seperti berikut ini.

Pertama, anda harus menyiapkan lap kain atau lap microfiber yang akan digunakan untuk membersihkan jok. Gunakanlah bahan kain yang halus karena jok kulit mudah tergores. Lalu, siapkan handuk tipis serta campuran air dan cuka dengan perbandingan 2:1. Rendam lap kain atau lap microfiber ke dalam cairan tersebut, lalu peras hingga kita mendapatkan lap yang lembap. Lap jok bagian per bagian. Contohnya, lap bagian sandaran kepala terlebih dahulu, lalu langsung keringkan dengan handuk. Baru beralih ke bagian lainnya. Jangan melap seluruh bagian jok dengan lap basah secara langsung karena kotorannya justru akan menyerap dengan mudah ke dalam kulit. Jika sudah kering, berikan conditioner khusus untuk jok kulit menggunakan spons yang lembut dan kering.