5 Tips Cara Mengembalikan Mood yang Hilang

Suasana hati (Mood) yang sering berubah-ubah (Moody) pasti dimiliki oleh setiap orang. Perasaan ini seringkali dipengaruhi situasi di sekeliling kita. Meski begitu, ada juga orang-orang yang sangat mudah berubah suasana hatinya hingga terkadang teman-teman bisa memperkirakan “kapan” dan “di mana” mood-si dia berubah. Yang lebih gawat, orang yang sering berubah moodnya namun tidak bisa diperkirakan. Jika bertemu dengan orang tipe ini, situasi akan semakin memburuk (lebay). Kawan-kawan menyebutnya “ah elu, moodian banget”. Lantas, seperti apa cara mengembalikan mood yang hilang tersebut?

keep calm i'm just moody

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda coba lakukan untuk mendapatkan kembali mood yang telah hilang:

1. Berhenti Sejenak
Berhenti sejenak dari semua kesibukan rutin yang selalu Anda lakukan setiap hari. Beristirahatlah, cobalah berkumpul dengan teman-teman di sebuah cafe. Letakkan smartphone atau gadget ketika berkumpul. Nikmati momen kebersamaan Anda. Berkumpul bersama keluarga juga bisa Anda lakukan. Ketika sudah merasa lebih baik dan santai, saatnya kembali ke aktifitas sebelumnya.

2. Buat Diri Tertawa
Tertawa adalah obat yang paling ampuh. Konon, dengan tertawa, otak akan lebih terstimulasi sehingga pikiran Anda akan jernih, tidak berkabut lagi (kabut = moody) 😀 Buka youtube, cari video lucu atau memanggil teman yang lucu untuk menceritakan kekonyolannya.

3. Terapi dengan Aroma
Aroma ternyata mampu merubah suasana hati. Pilih aroma yang segar namun lembut. Syaraf yang tegang akan menjadi rileks. Wewangian juga akan mengaktifkan sistem limbik di otak. Nah, sistem ini yang bertugas mempengaruhi emosi manusia.

4. Sibuk dengan Hobi
Umumnya, karena kesibukan, seseorang terkadang tidak sempat melakukan hobi-nya. Hobi yang positif tentunya. Maka dari itu, ketika suntuk, cobalah menyibukkan diri dengan hobi. Orang yang memiliki hobi menulis, mereka akan membuat cerita atau rangkaian kata membentuk kalimat bentuk curahan hatinya. Orang yang menyukai musik dan bisa memainkannya mungkin akan membuat lagu baru dan lain sebagainya.

5. Fokus akan Tujuan
Fokuslah pada tujuan utama Anda. Selalu berpikir positif akan hasil yang diperoleh. Yakinkan pada diri jika kita adalah orang yang mampu dan bisa mencapai target di masa yang akan datang. Fokus akan tujuan akan membentuk mental kuat diikuti dengan tumbuhnya semangat.

Bagaimana dengan Anda? Apa yang Anda lakukan jika sedang bad mood? atau ketika suasana hati sedang tidak bersahabat? Apa yang dilakukan untuk mengembalikan good mood yang telah hilang tersebut? Semoga hari-hari yang Anda lewati memiliki makna untuk mencapai target/tujuan.

Post Comment

CommentLuv badge