Cara Mudah Merawat Mobil Bagi Para Wanita

Siapa bilang kaum wanita kerap lalai saat merawat mobil kesayangan . Para wanita yang terbiasa mengemudi sendiri biasanya sudah memiliki kesadaran tinggi untuk merawat mobil pribadinya. Walaupun tidak seteliti kaum pria, setidaknya wanita juga memahami ragam perawatan dasar untuk mempertahankan performa mobil. Ingin tahu perawatan dasar apa saja yang patut dipahami oleh pengemudi wanita? Yuk simak dulu ulasannya berikut ini.

Cara Mudah Merawat Mobil untuk Wanita

Merawat Kondisi Ban
Ban yang kurang angin atau bocor biasanya baru diketahui setelah mobil sedang dikendarai. Padahal hal ini berisiko membahayakan keselamatan dan membuat ban jadi semakin rusak. Jadi, lakukan pengecekan ban mobil setiap kali hendak berkendara.

Sementara pengecekan tekanan udara dalam ban mobil bisa dilakukan secara rutin setiap 3 bulan sekali. Mengecek kondisi ban secara rutin akan membuat ban jadi lebih awet dan bisa segera diganti bila sudah membuat performa mobil menurun.

Mengecek Aki
Aki adalah salah satu komponen paling penting bagi kinerja mobil. Aki yang mulai rusak akan membuat sistem kelistrikan mobil jadi terganggu, bahkan mesin mobil pun tak bisa dinyalakan. Kondisi aki basah biasanya bisa dipantau dengan melihat batas air aki.

Sementara aki kering akan menunjukkan performa yang baik bila indikatornya menampilkan warna hijau. Bila mobil sering digunakan, sebaiknya aki mobil diganti secara rutin minimal 1 tahun sekali untuk menjaga performa mesin mobil.

Pastikan Lampu Selalu Bisa Menyala
Komponen lampu mobil pun patut diperhatikan lho. Jangan sampai lampu yang putus dan gagal menyala malah membahayakan keselamatan berkendara. Sebaiknya lampu mobil tidak diganti dengan lampu halogen atau jenis lampu lain yang terlalu silau. Sebab hal ini malah bisa membahayakan keselamatan. Lampu yang silau membuat jarak pandang pengemudi wanita jadi terbatas dan sulit melihat kendaraan lain yang ada di sekitar mobil.

Oli Mesin dan Minyak Rem
Oli mesin dan minyak rem juga harus diganti secara teratur untuk menjaga performa mobil. Biasanya bengkel akan memberi tahu patokan jarak untuk melakukan penggantian oli dan minyak rem selanjutnya. Usahakan untuk mengganti keduanya sebelum mencapai batas jarak yang ditentukan. Ketika melakukan penggantian oli mesin dan minyak rem, tim servis juga akan memeriksa apakah ada kebocoran atau gangguan lain pada komponen mesin mobil.

Bila ingin mendapatkan mobil berkualitas yang perawatannya mudah, segera kunjungi Mobil123.com . Portal otomotif unggulan Indonesia ini menyediakan aneka jenis mobil baru dan bekas yang berkualitas. Tinggal memilih yang sesuai dengan budget dan kebutuhan, rutinitas harian pun semakin lancar bersama mobil kesayangan.

Sumber:
herworld.co.id/article/2015/4/2787-Yang-Perlu-Wanita-Tahu-Tentang-Perawatan-Mobil
tabloidnova.com/Tips/Cara-Gampang-Merawat-Mobil-1
otomotifxtra.com/read/1319/Merawat-Mobil-Wanita-Pun-Wajib-Mengerti-dan-Bisa-Melakukannya-Sendiri
Waktu akses: 15 April 2016

One thought on “Cara Mudah Merawat Mobil Bagi Para Wanita


Post Comment

CommentLuv badge