Ciri dan Cara Mengatasi Gejala Diabetes

Pernah mendengar tentang penyakit kencing manis? Diabetes? Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan karena adanya kadar glukosa (gula) pada darah dengan nilai melebihi ambang batas normal. Kada gula dara penderita kencing manis umumnya sangat tinggi dikarenakan adanya gangguan metabolisme tubuh.

Gejala Diabetes

kenali diabetes dan komplikasinya

Diabetes tidak hadir dengan cara mendadak. Jika diperhatikan lebih jauh, ada gejala diabetes yang bisa kita amati. Secara umum, gejala kencing manis seperti:

  1. Sering buang air kecil. Semakin hari semakin meningkat frekuensinya.
  2. Sering haus. Karena sering buang air kecil, akhirnya tubuh memerlukan cairan penganti yang lebih. Haus merupakan bentuk “notifikasi” tubuh untuk terhindar dari dehidrasi.
  3. Sering merasa lapar berlebihan. Pada kondisi normal, glukosa yang ada pada tubuh bisa diolah menjadi energi. Pada penderita diabetes, karena metabolisme glukosa bermasalah, sehingga meskipun glukosa ada, tapi hanya sedikit yang bisa diolah menjadi energi. Sehingga tubuh akan memberikan sinyal lapar yang terus-menerus.
  4. Berat badan menurun dengan tajam. Karena penggunaan glukosa dalam tubuh tidak efektif, sehingga lemak yang ada akan diuraikan untuk selanjutnya digunakan menjadi sumber energi.
  5. Mudah lelah dan lesu. Jika energi tubuh kurang, tentu akan mengalami kelelahan kronis.
  6. Pandangan menjadi tidak jelas/kabur. Kadar gula dara yang tinggi turut serta mempengaruhi kesehatan mata penderita diabetes.

Mencegah Gejala Diabetes

Saat ini, diabetes tidak hanya terjadi pada lansia atau dewasa saja. Anak-anak muda juga patut waspada, apalagi jika menyukai makanan atau minuman dengan rasa manis atau penderita obesitas (berat badan berlebih). Cara mengatasi gejala diabetes berikut ini bisa Anda terapkan sebelum menjadi lebih berat, yaitu:

  1. Mengkonsumsi makanan sehat. Mengurangi kandungan gula pada makan. Hindari makanan berlemak, fast food atau yang digoreng secara berlebihan.
  2. Rajin berolahraga. Aktif bergerak. Perbanyak kegiatan bergerak di luar ruangan daripada duduk-duduk menonton televisi atau bermain game di rumah.
  3. Menjaga berat badan agar tetap ideal. Bisa dengan melaksanakan diet teratur, olahraga, dan menerapkan pola hidup sehat agar masalah obesitas bisa menjauh.

Untuk diketahui, diabetes adalah penyakit kronis dengan jangka waktu lama serta tidak bisa disembuhkan jika sudah terkena. Untuk itu, sebisa mungkin kita harus waspada dan menghindari penyakit yang bernama diabetes ini selagi masih sempat. Tetap sehat, makan makanan yang bergizi seimbang, serta selalu menerapkan pola hidup sehat agar meminimalisir kemungkinan terkena penyakit ini.

Post Comment

CommentLuv badge