Daftar Makanan Ringan Cemilan Sehat Lezat untuk Ibu Hamil

Ketika hamil, keinginan untuk makan cenderung dinamis alias tidak menentu. Terkadang si ibu hamil sering merasakan lapar padahal baru saja makan. Namun, sejurus kemudian, bisa saja nafsu makan tersebut hilang bak ditelan bumi. Sejatinya, makanan dengan kandungan gizi yang seimbang sangat diperlukan oleh seorang ibu hamil agar bisa memberikan nutrisi kepada si anak yang berada dalam kandungan. Pemecahan masalah yang paling sederhana dari sulitnya makan adalah dengan ngemil (memakan cemilan) yang tidak hanya ringan, tapi juga sehat serta lezat.

Nah, seperti apa cemilan sehat untuk ibu hamil? Tapi sebelumnya, apakah ibu yang sedang hamil diperbolehkan untuk ngemil? Tentu saja. Selama yang dimakan ibu tergolong makanan yang bersih dan sehat serta kaya akan nutrisi, tidak masalah ngemil selama kehamilan. Yang terpenting, hindari cemilan seperti cake atau yang berbahan dasar cokelat. Umumnya cemilan seperti ini cukup menggugah selera, namun kadar nutrisinya cenderung kurang. Cari cemilan yang kaya akan protein. Protein sangat diperlukan sebagai zat untuk membangun sel tubuh. Cemilan yang kaya akan fiber (serat) juga diperlukan jika sulit untuk BAB.

Cemilan Sehat Lezat Ibu Hamil

Berikut Daftar Makanan Ringan Cemilan Sehat Lezat untuk Ibu Hamil:

  1. Buah-buahan
    Buah mengandung nutrisi seperti mineral dan vitamin yang kaya akan manfaat. Sediakan saja buah-buahan yang Anda suka dan simpan di dalam lemari pendingin sehingga, ketika lapar melanda, Anda bisa mengupas dan memotong kemudian memakannya. Sangat praktis 😉
  2. Telur
    Telur yang direbus sangat mudah penyajiannya. Penyimpanannya pun tidak memerlukan syarat yang susah. Dan yang terpenting, bisa dengan mudah dilahap. Kandungan protein yang melimpah adalah salah satu alasan penting lainnya.
  3. Kacang-kacangan
    Entah itu kacang mete, almond, ataupun kenari, bisa Anda gunakan. Selama masuk ke dalam jenis kacang-kacangan, tidak masalah. Agar lebih sedap, Anda bisa mencampurnya dengan kismis, aprikot yang dikeringkan atau sultana.
  4. Sereal
    Sereal juga bisa disajikan praktis. Yang penting, hindari yang mengandung tambahan gula. Sereal juga bisa dimakan tanpa atau dengan susu.
  5. Popcorn
    What? Popcorn? Nggak salah tuh? Yup! Popcorn akan menjadi cemilan sehat jika tidak dikasih mentega berlebih. Popcorn kan terbuat dari jagung 😉 Untuk variasi rasa, bisa memakai keju serut (jangan banyak-banyak ya?) di atas popcorn yang masih panas atau hangat.

Agar tidak jenuh, sesekali boleh saja ngemil cemilan favorit seperti coklat atau es krim. Yang penting jangan berlebihan. Makanan apapun sebenarnya boleh saja, yang penting kandungan gula dan lemak bisa dikontrol. Hayuk ngemil dengan sehat 🙂

Post Comment

CommentLuv badge