Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Dampak Perubahan Kebijakan Google

Seperti Anda ketahui, setiap perusahaan bahkan suatu situs yang “mengudara” di ranah internet (online), WAJIB hukumnya untuk memiliki kebijakan terkait masalah privasi pengunjung atau yang kerennya di sebut Privacy Policy. Nah, pertanyaannya sekarang, apakah Anda pernah membaca Kebijakan Privasi yang dimiliki oleh suatu situs? Pernah membaca Privacy Policy milik Facebook? Milik Google?

Nah, Per tanggal 1 Maret 2012, Google sudah mulai memberlakukan hasil perubahan kebijakan privasi milik mereka. Apa Dampak Perubahan Kebijakan Google terhadap kita sebagai pengguna?

Kebijakan Google 2012
Kebijakan Google 2012 | Sumber: anandchowdhary.com

Secara sederhana, dalam perubahan policy privacy milik Google, Google bisa berbagi (sharing) data ke berbagai layanan milik mereka. Contohnya, dengan 1 akun gmail, kita sebagai user bisa menjelajah ke semua layanan yang Google miliki seperti Google Plus, Youtube, Google Document, Google Calender, Blogger (blogspot) dll. Google TIDAK akan membagikan data user ke pihak luar. Google bersikukuh bahwa perubahan ini dilakukan untuk menjadikan layanan mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya dan menampilkan konten yang lebih relevan beserta iklan untuk setiap pengguna, tentunya.

Alma Whitten, Direktur Google bidang Privasi, menulis dalam sebuah posting blog -yang kurang lebih berarti-:

“Ketika Anda menggunakan produk kami (Google), satu hal yang pasti: Tidak ada satupun pengalaman Anda -dengan Google terdahulu- yang berubah; Kendali/kontrol masih tetap sama. Dari waktu ke waktu, kami melakukan perubahan; ingin meningkatkan produk/layanan kami dengan cara-cara yang bisa membantu pengguna kami mendapatkan hasil yang lebih maksimal.”

Alma menguraikan 3 poin penting yang perlu diingat tentang perubahan ini, yakni:

  1. Kebijakan Privasi Google sekarang jauh lebih mudah dimengerti.
  2. Kebijakan Privasi Google memungkinkan pengguna untuk membangun pengalaman yang lebih baik dengan layanan di Google apabila telah “masuk” atau dalam kondisi sign-in ke akun Google mereka.
  3. Kontrol privasi tidak berubah.

Pablo Chavez, Direktur Google untuk Kebijakan Publik membahas 5 hal yang tidak berubah, yaitu:

  1. Google tetap akan menyimpan informasi pribadi Anda – mereka tidak mengubah visibilitas dari informasi yang telah tersimpan di data Google.
  2. Google masih mengizinkan Anda untuk melakukan pencarian, menonton video di YouTube, mendapatkan petunjuk arah di Google Maps, dan melakukan tugas-tugas lain TANPA sign in ke Google Account.
  3. Google masih menawarkan pilihan dan kontrol melalui alat privasi seperti Google Dashboard dan Pengelola Preferensi Iklan yang membantu Anda memahami dan mengelola data Anda.
  4. Google tetap tidak akan menjual informasi pribadi Anda kepada pengiklan/pihak luar/pihak ke-3.
  5. Google masih menawarkan pembebasan data jika Anda lebih memilih untuk menutup Akun Google Anda.

Wew.. Kalimatnya agak “kaku” ya? Mungkin karena ini “bahasa” kebijakan, jadi memang harus demikian agar tidak terjadi tawar-menawar. Bagaimanapun, harus dikatakan bahwa Google melakukan pekerjaan yang fantastis karena “berusaha” menyampaikan perubahan kebijakan ini dengan tenang πŸ˜† . Dengan “santai” Google mengirim email atau notifikasi bahwa “Hallo, Kebijakan kami udah berubah loh. Monggo dibaca di sini.. Dst”. Sesederhana itu :mrgreen:

Bagi kebanyakan orang (atau mungkin Anda termasuk “kebanyakan orang”?), perubahan ini terbilang cukup baik dan memuaskan mereka. Rata-rata, orang-orang tidak tahu (atau tidak peduli?). Padahal, perubahan kebijakan Google ini telah menarik perhatian banyak pengawas privasi. Pemerintah Jepang dan Uni Eropa juga telah menyatakan keprihatinan. Seorang anggota Koalisi FairSearch (yang terdiri dari pesaing Google), mengirimkan surat kepada National Association of Attorneys (jika di Indonesia, semacam asosiasi perkumpulan pengacara) tentang kekhawatiran terhadap perubahan tersebut.

Isu-isu privasi seputar masa lalu Google (seperti peluncuran Google Buzz; monggo di search πŸ˜› ) hanya memicu api kontroversi dan semakin menguatkan klaim oleh perkumpulan pengacara tersebut.

Akan tetapi, meskipun peringatan akan perubahan kebijakan privasi ini bermunculan, apakah benar-benar mempengaruhi Anda? Apakah mempengaruhi user di Indonesia? FYI, kebanyakan orang-orang di Indonesia, dengan “suka rela” memberikan informasi pribadinya (privasi) ke situs-situs social media, sebut saja Facebook. Bahkan mengupload foto-foto dengan “mudahnya”. Apalagi hanya informasi yang diberikan ke Google yang jelas-jelas lebih “sedikit” dibanding informasi yang diberikan ke Facebook. Untuk perbandingan, di luar negeri, hanya kerabat dekat saja yang mengetahui nama lengkap, umur, status perkawinan, alamat, no telpon/HP hingga email pribadi. Di Indonesia? Dibaca saja tidak halaman Privacy Policy, langsung main daftar aja πŸ˜† *termasuk ane gan :mrgreen:

Apa yang perlu Anda ketahui tentang pengumpulan informasi oleh Google?

Ada kesalahpahaman besar bahwa Google, secara tiba-tiba memiliki akses ke informasi yang tidak dimiliki sebelumnya. Itu tidak benar. Pada kenyataannya, Google SELALU mengumpulkan data untuk semua jenis layanan. Mereka telah menggunakan data tersebut untuk mempersonalisasi pengalaman Anda dalam menggunakan layanan mereka

Semua yang berubah sekarang adalah bahwa data yang dikumpulkan dari aktivitas Anda di layanan Google, katakanlah antara YouTube dan Google Search, akan digunakan untuk memberikan pengalaman personal lebih lanjut di semua produk mereka.

Anda Akan Dilacak; APAPUN YANG ANDA LAKUKAN

Sampai hari ini banyak ahli teknologi menyarankan Anda untuk meng-clear Riwayat Web Google untuk meningkatkan privasi Anda. Tetapi, hal ini malah memperjelas bahwa Google mengumpulkan data pribadi Anda. Anda dapat menghapus dan menghentikan pelacakan aktivitas Anda, tetapi Anda hanya akan mencegah Google menggunakan data tersebut dikumpulkan melalui akun Google Anda, dan tidak akan menghentikan Google dari melakukan pelacakan terhadap aktivitas web Anda. Pencarian Anda masih akan diikuti dan disimpan di server mereka, bahkan jika Anda belum sign in, informasi yang masih dapat digunakan untuk membuat profil tentang Anda dan akan memungkinkan Google untuk menjual iklan yang secara khusus disesuaikan dengan Anda.

Apakah Perubahan Kebijakan Privasi ini Masalah Besar?

Beberapa ahli privasi marah; sementara yang lain berseru, “Siapa juga yang Peduli?”. well, keduanya bisa benar; juga bisa salah..

Banyak yang berpikir bahwa perubahan kebijakan privasi ini bukan masalah besar. Google mengumpulkan informasi pengguna dan hanya digunakan sekarang untuk meningkatkan experience/pengalaman pengguna. Siapa yang peduli jika data yang digunakan untuk iklan? Kemanapun Anda pergi di dunia Internet, mungkin Anda akan selalu melihat iklan, tapi sekarang iklan tersebut akan lebih dekat dengan minat Anda. Tidak dipungkiri, Google perlu uang dari iklan, sehingga dari sudut pandang saya, si pengiklan akan lebih senang beriklan dengan Google karena Google memiliki data yang lengkap tentang Anda; tentang pengguna layanan mereka; tentang orang-orang yang menjadi “target” iklan Google.

Di sisi lain, para ahli privasi dan anggota parlemen yang mengangkat senjata mengenai kebijakan tersebut mengatakan bahwa hal di atas termasuk dalam Grey Area alias wilayah abu-abu. Di Amerika Serikat, hukum tentang pengumpulan, penggunaan, dan distribusi data pengguna masih sangat minim; apalagi di Indonesia :study:

Bahkan, pemerintah AS telah mengusulkan ‘hak privasi’ konsumen yang akan melindungi konsumen/pengguna, yang memungkinkan mereka untuk memutuskan informasi apa yang dikumpulkan tentang mereka, dan bagaimana informasi ini digunakan. Tapi, seperti yang diutarakan di atas, wilayah abu-abu dan keterbatasan undang-undang dan peraturan membuat pernyataan tersendiri:

saat ini, tidak ada hukum yang dapat menghentikan kebijakan privasi terpadu dari Google

Apa yang harus Saya lakukan?

Anda bisa berhenti menggunakan layanan Google, tidak menggunakan Google Search, tidak menonton video di Youtube, tidak berkirim email via GMail, tidak menggunakan ponsel berbasis Android dll. Jika Anda bisa melakukan hal tersebut, saya akan mengucapkan Good luck! Di zaman seperti sekarang ini, hampir dapat dikatakan mustahil untuk bisa lepas dari layanan Google 😯

Cara termudah dan sederhana menyikapinya adalah meminimalisir jumlah data yang dikumpulkan tentang Anda dengan melakukan pencarian di Google tanpa masuk/sign in ke akun Google.

Semoga menjadi pembelajaran bersama bahwa, di dunia Internet tidak perlu terlalu mengumbar data pribadi. Data pribadi loh ya? bukan Foto atau Video Pribadi πŸ˜†

-Berbagi Tidak Pernah Rugi-

117 Comments
  1. jodhi pradana says

    kalo ane mah gk pernah baca tuh privacy policy,
    kalo daftar pling tinggal cek aja

  2. Menghilangkan Stres says

    Ulasan yang sangat menarik. Terus terang mungkin saya sama seperti kebanyak orang tidak terlalu "pedulli" dengan hal ini yang mana sebenarnya tidaklah 100% seharusnya demikian. Terima kasih atas sharingnya mas Jimmy πŸ™‚

  3. TONGKONANKU says

    Hehe.. saya termasuk orang yg tidak pernah (malas) membaca Privacy Policy. Main langsung daftar aja. πŸ˜€

  4. mainan bayi says

    terus terang aja, saya tidak terlalu peduli dengan privasi apa aja yang mereka buat. apalagi dalam bahasa inggris. boro2. lagian, pada saat membuat akun2 tersebut, saya juga punya anggapan, tanggal lhr atau data penting lainnya, ga boleh di isi terlalu jujur. hehe.

  5. Ervanda says

    sangat menarik dan bermaaf untuk d=dibaca..
    memang google memberikan kita batasan tertentu untuk melakukan hal demkian..
    tapi saya jujur saya sangat jempol dengan google karna dia bisa memberikan dampak yang sangat besar bgi pengguna intenet..

  6. hendi nuraen says

    Emang benar gan privacy itu harus di jaga, terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat banget informasinya gan.. Keep post aja ya gan

  7. wahyudi says

    yang jelas sejak gogle berubah aturan main, sudah ada 1 domain saya yg deindex, kita complain malah kena 4 deindex..wah gak ngerti juga kenapa.namanya juga market leader di bisnis search engine.yang jelas skr suka yg natural2 aja, gak pake trik2 an segala.

    salam,
    wahyudi

  8. resep masakan indone says

    sebuah ulasan menarik dan saya memang salah satu orang yang acuh dengan privacy itu gan…. bis ga ngerti juga sih. tp keren lah ni info

  9. utak-utik says

    makasih atas infonya..

  10. Cyserrex says

    Semenjak SOPA & PIPA mengaum, masalah-masalah yang menyangkut privacy semakin diutamakan.

  11. ismail says

    informasinya sangat bermanfaat… terima kasih

  12. Ketemu info says

    google adalah mesin pencari paling rumit bagi saya πŸ™

  13. katakan hey says

    makasih udah update info googlenya gan, bermanfaat buat blogger

  14. Misbakhul Munir says

    saya dapt emailpemberitahuan dri google. tpi sekaligus berita buruk. 1 google akun sya tdk bisa diakses

  15. syam says

    bagaimana kalau data kita yang ada itu bukan data yg sebenaenya ? apakah google bisa mendetiksi hal tersbeut ?

    1. Jimmy Ahyari says

      Tidak masalah pak. Data yang dimaksud di tulisan ini bisa berarti data diri, bisa pula berarti data dari aktivitas kita (searching, nonton youtube dll yang terkait layanan Google). Kalau toh data diri bukan data yang sebenarnya, tapi data pencarian pasti hal yang ingin kita cari kan? Data pencarian itu yang digunakan Google untuk menganalisa "ini user suka nyari info travelling, berarti, iklannya yang pas adalah tiket murah nih" *contoh saja* πŸ˜‰

  16. Rahul says

    Informasinya sangat membenatu gan.. Jadi tau nih kebijakan google…

  17. Wahyu says

    Postingannya keren dan berbobot ….
    Mantap gan ,…
    Cara membuat postingan berbobot gmna gan?

  18. motivasi otak kanan says

    info yang sangat bagus,,,menambah wawasan

  19. toko online says

    wah,qo saya ga dapet email dari google ya???? master jelasin dong, soalnya masih newbie nih saya

  20. prieyanto says

    Terimakasih infonya, website saya segera saya pasang privacy policy, pantas rankingnya nggak muncul-muncul mungkin karena tidak ada privacy policy-nya kali ya…? Thanks Mas Ahyari

  21. Videografi says

    mantap dah artikelnya.. semoga sukses om

  22. cerita unik says

    kebijakan google sudah banyakk yang di perbaharui di tahun ini yaa

  23. usaha rumahan says

    artikelnya sangat bermanfaat di tunggu artikel artikel terbarunya.

  24. Maximum says

    wahhh,, ya sangat mustahil banget lah gan kita dan kebanyakan orang akan meninggalkan google search,, karena mereka yang penting ya browsing tanpa tau apa itu google search dan kebikjaknnya gan.. πŸ™‚

  25. eljohn-us says

    Terima kasih yan gan .. ilmu saya jadi nambah πŸ™‚

  26. andipandora says

    saya kira masih aman saja, asal google tidak menjual data diri informasi kita…

  27. bunda says

    ehm.. memang tak ada yang gratis ya..
    Alhamdulillah aku mmg jarang searching dalam keadaan login tapi dapatkah google mendeteksi IP kita?

  28. areximut says

    Kalau aku malah bingung mas, bingung karena sudah buat halaman privacy tapi tidak tau apa yang harus diisikan. Setelah membaca jadi tau kalau ternyata si "G" memata-matai kita yang online πŸ˜€

  29. Blogtainment Remaja says

    wach info penting nih,,, segera pasang privacy policy dulu… thx ya gan,,

  30. les privat says

    ane menutup fb karena privasi pengguna yang malah dibocorkan ke CIA….. klo google juga tdk bisa menjaga privasi pengguna…jadi repot…dipantau terus ma google…

  31. Agil asshofie says

    wah terimakasih infonya, memang kebijakan google terus berubah mengikuti perkembangan-perkembangan yang ada

  32. Gank-Zone Blog says

    banyak bnget ya gan peraturannya.

  33. ayus says

    tidak ada pengaruhnya untuk para blogger ya….

  34. Sobat Dunia Maya says

    ternyata banyak juga ya gan
    ane malah gak pernah baca privacy policy dari suatu website

  35. Motivasi otak kanan says

    nice info,,,,ditunggu artikel selanjutnya

  36. fanatic says

    wah baru nyadar klo itu berdampak hehe.. maklum nyubi jarang baca2 kebijakan kaya gitu, ternyata penting juga yah hehe…
    thanks atas sharing nya

  37. guru belajar says

    perubahan privasi policy sepertinya dalam rangka penimgkatan pelayanan kepada publik dalam rangka mempertahankan kemenagan persaingan dengan rival utamanya yaitu yahoo yang sudah bergabung dengan bing

  38. Gatot Kusjono says

    Terimah kasih infonya, sangat menambah wawasan kami.

  39. Yocha News says

    waaah, aq sih pengen masuk gnews, jadi buat policy privacy…walau abal2 hehee

  40. antos says

    wah baru tahu saya maklum newbie

  41. @win says

    waah setelah baca artikel ini jadi makin ngerasa newbie gaan…
    iya yah.. saya ga pernah tuh baca privacy policy trus gampang banget ngasih-ngasih data pribadi…pantes aja email spam makin banyak benerr…
    sangat-sangat menginspirasi artikel dan blognya gan… saya bookmark yah, tq

  42. Ari says

    terimakasih infonya
    succes slalu πŸ˜€

  43. indra says

    privacy policy akan selalu menjadi hal yang sulit diperhatikan di indonesia karena bahasa hukum yang berbelit, belum lagi bila menggunakan bahasa selain bahasa indonesia. mungkin harus menunggu privacy policy dengan bahasa "gaul"

  44. Iklan says

    semua blog ane sekarang dipasangin privacy policy, Disclaimer dan contact us biar sesuai sama rules google, ngeri juga kalo kena baned

  45. syanhiee says

    wah makasih infonya.. sangat bermanfaat..

  46. Darmawan says

    wah ternyata disini udah lengkap ya,,
    matur nuwun..
    dan salam kenal ya kakak..

    #Happy Blogging

  47. Widiniku says

    mantep banget mas informasinya /..

    benar" bermanfaat .. thx

  48. AffilorameDOTcom says

    Yah kita ikut yang punya rumah kali ya, memang si mbah google rada rese kali ya? Terimakasih content yang sangat baik dan mencerahkan.

  49. yandi permana says

    informasi yg bagus, saya juga termasuk yg tidak pernah baca privacy policy langsung main daftar aja.

  50. Diana says

    waduh saya dah beberapa kali melakukan pencarian di google saat saya masih login ke google akun. berarti mulai sekarang saya ga bakal login ke google akun saat saya lagi mau search di google.

  51. Ali Hasan says

    Makasih infonya gan, jadi lebih tahu soal privacy google. sukses selalu

  52. imgempol says

    Terimaksih atas semua infonya. tapi puanjang banget teksnya. ijin nyimkak saja. Tks

  53. Michaell Blog says

    woww ngeri gan
    tapi nice info dah
    yang jelas ini sangat bermanfaat sekali
    makasih gan makash

  54. adi letes-s says

    agak pusing bacanya… banyak sekali bos tapi thanks infonya sangat bermanfaat buat nambah wawasan. privacy policy alias kebijakan dengan term of service untuk sebuah blog perlu gak bos?? apakah ada pengaruhnya ke SEO? maklum masih baru ngeblog nihh..hehehe

  55. Wahyudi says

    privacy policy…???
    Biasanya langsung skip tuh….
    itu karena biasanya pake b.inggris dan puanjang….
    ngeliat aja males, apalagi baca…
    hahaha….
    tapi sebenernya kita bisa cilaka kalau tidak membaca privacy policy…. –'

  56. kain jepara says

    meskipun gugel buat kebijakan baru, buatq persaingan seo akan tetep sengit

  57. The Andipoe says

    bagus tulisannya gan..
    ane jarang banget pake informasi asli di situs2 sosial network. πŸ˜€

  58. Arif A says

    Wah makasih banyak infonya mas
    baru pertamakali baca nih aturan main gugel πŸ˜€

  59. yoedhas says

    makasih infonya gan,,,tapi kebanyakan orang pada jarang bacain privacy google…apa lagisaya gan…hehehe

  60. darma says

    info berguna, uda ada search engine or layanan email buatan lokal ga ya

  61. Sarilah says

    Aku juga jarang membaca layanan dan ketentuan.padahal itu lumayan penting ya.langsung main daftar saja.malas baca soalnya,hehe…

  62. Belajar Komputer says

    ternyata ribet juga berurusan dengan privacy policy, segala aturan yang mungkin sedikit banyaknya dapat merugikan pengguna jika pengguna tidak mencermati dari privacy tadi. good luck mister admin

  63. BELAJAR SITUS says

    infonya benar2 super lengkap kawan. thanks sharenya n salam kenal

  64. udin says

    lepas dari google..??? gak mungkin deh kayaknya soalnya menurut pribadi saya sendiri google merupakan guru untuk diri saya menambah ilmu, antisipasi saya di dunia internet sih bisanya gak selalu pake id asli, hanya situs2 tertentu saja.

  65. bisnis sampingan says

    Sebetulnya dampak apa yang paling terasa atau tampak bagi saya orang yang awam soal internet??

    sebab saya tidak merasakan secara langsung dampak perubahan kebijakan Google tersebut, karena setiap kali saya menggunakan layanan google atau mendaftar di google saya tidak pernah membaca sama sekali privacy policy, tinggal centang saya setuju / i agree.

  66. Kormel Simanjuntak says

    Makin banyak aja peraturan Google ini, mentang2 raja internet.. hehehe πŸ˜€

  67. Harmoko says

    Google itu pengerane internet 80% pengguna internet pasti menggunakan Google sebagai mesin pencari semua hal yang diinginkan.

  68. Tomaskin says

    Saya kurang paham dengan peraturan yang ada, sampai banyak yang error nih blog saya

  69. salsabila says

    siip atas tambahan perkembangan tentang mbah google

  70. hayans says

    nah lhooo….baru ngerti saya,ini sebuah topik yang menarik karna saya adalah salah satu orang yang acuh dengan privacy itu gan….ha bis ga ngerti juga sih.
    makasih gan infonya

  71. Camping checklist says

    Yah, paling bikin halaman privasi biar di approve google adsense aja, gak ada tujuan lain, he2

  72. modifmotors says

    yah mau gimana lagi, sekarang ini yang fasilitasnya lengkap ya cuma google, yang lain belum ada yang bisa menyaingi kemajuan teknologi google.. πŸ™‚

  73. bsulistio says

    Info yang menarik sekali Gan. Thank's
    Mereka mencari Untung dengan mengorek informasi dari calon penghasil uang yang gak sadar ( termasuk saya ) he.he.he…
    Bukan begitu yang di maksud gaN?

  74. lisa says

    Duh, makin bingung baru pertama tahu. Btw makasih infonya. Supaya ga makin tergantung juga sama layanan free

  75. pandu says

    makasih banget info top nya. bermanfaat sekali

  76. raihan says

    gan informasinya menarik sekali,bisa menambah pengetahuan baru gan.

  77. komunitas indonesia says

    biasanya kalau kita sekedar pemakai gratisan saja sih malas baca-baca aturan saat mendaftar

  78. chels says

    hemmmm thanks berat gan atas infonya…ane jadi tau sekarng ternyata google care jga ama penggunanya….
    artikel yang bermanfaat gan…semoga orngnya jg bermanfaat ya hehehe…kiding gan

  79. Info Oke says

    wah wah wah…maskih mas,buat penjelasan kebijakan google nya sanga t jelas sekali

  80. Gudang Tenda says

    yah web mereka peraturan mereka, kalo ga mau ya jangan pake google service,

  81. RauefSe7en says

    karena si SOPA PIPA ya??

  82. MUJIONO says

    terima kasih atas infonya kawan…..google kadang sangat membingungkan, tetapi yang jelas kita tetap harus mematuhinya jika ingin tetap eksis di dunia maya….

  83. Winda Twins says

    Meski banyak pihak yang merasa terganggu dengan urusan privasi ini, tapi harus diakui bagi para blogger sangat sedikit alternatif untuk berpaling dari google.
    Apa jadinya blog kita kalau tidak di index oleh google kan ?
    jadi ya ikutin aja deeh

  84. hyden06 says

    google memang selalu berinovasi dan hal inilah yg tidak bisa di lakukan oleh para pesaingnya…..
    google memang selangkah lebih maju dan akan terus mencoba memuaskan serta memudahkan dalam penggunaan layanannya kepada para pelanggannya di seluruh dunia…
    go google..inovasimu selalu di tunggu..

  85. eljohn says

    Kalo saya pribadi sech agak sedikit keberatan yah dengan kebijakan ini, tapi apa daya mau komplen pun tak ada gunanya hhee..

  86. herman says

    mas sangat ngerti tentang Google yah. serem juga kalo semua privasi termasuk kegiatan internet kita bisa dilacak Google. thx infonya, artikelnya bagus.

  87. Hifzian says

    Mun ulun kada biasa basalang mambacai privacy policy nya om ae. napang koler banar mun basalang mangopi paste ke tarjamahan πŸ˜€

    1. Jimmy Ahyari says

      xixixi.. sama haja kita nang ai.. wkwkwkwk πŸ˜€

  88. Odingk says

    Betul sekali sobbb,, hampir semua sendi kehidupan sudah tersentuh oleh Google..
    My recent post Terima Kasih Dari Komunitas Blogger Indonesia

  89. ady says

    poin penting dari artikel tersebut ada di terakhir yaitu JANGAN SIGN INI saat browsing….ini yang harus dilakukan saat browsing.

    hayoo hayoo perhatikan looh
    My recent post beda resin lewatit s80|c249| jual lewatit

  90. tomi says

    hihi.. jaman sekarang klo g pake layanan google rasanya kurang mas

  91. toko jati furniture says

    t menarik dan bermaaf untuk d=dibaca..
    memang google memberikan kita batasan tertentu untuk melakukan hal demkian..
    tapi saya jujur saya sangat jempol dengan google karna dia bisa memberikan dampak yang sangat besar bgi pengguna intenet..

    Read more: http://www.tokojatifurniture.com

    My recent post Bufet Tv Jati Modern

  92. best zone says

    ini dia yang gue cari
    My recent post 10 LAGU BARAT YANG ENAK DI DENGAR

  93. kursi aerabiya says

    artikelnya sangat bagus banget bisa buat revensi sanya….makasih

  94. tenun says

    wah gugel memang aturannya baru yaw

  95. brand furniture says

    makasi infonya mantap,,,,,,,,,,,,,
    My recent post Almari Hias

  96. Tempat Tidur Kayu says

    trmksh gan atas infonya.. ilmu saya semakin nambah.. ilmunya sangat bermanfaat..
    My recent post Tempat Tidur Minimalis Terbaru 2013

  97. bajubatikterbaru2013 says

    sharingnya manteb gan..

  98. Toko Meja says

    Makasih banyak gan atas sharenya, ,,

  99. Kamar Set says

    Sangat bermanfaat gan

  100. Kuli Tenun Ikat says

    Bijak sharing data di inet, boz
    Bagikan yg layak dibagi πŸ™‚

  101. furniture jepara says

    ilmunya benar" mantab gan, sangat bermanfaat . salam kenal .

  102. Furniture Jepara says

    waduh bisa gadwat ini, dengan ini saya harus update terbaru untuk perubahan mbah google

  103. Rumah Kayu says

    Mantap gan ilmunya, terima kasih atas ilmu yang anda share sangat bermanfaat

  104. Konsultan Pajak says

    Terimakasih sudah berbagi info dan tips yang sangat bermanfaat ini gan..
    Yuk, lihat tulisan Konsultan Pajak di Sistem Penomoran Faktur Pajak 2013My Profile

  105. retta says

    hebat…3 jempol pol tuk ponakanku yg genius….lumayan ada pengetahuan wlw pun byk g ngertinya…wkwkw….

    1. Jimmy Ahyari says

      Wkwkwk.. Siapa dulu dong tantenya πŸ˜€
      Yuk, lihat tulisan Jimmy Ahyari di Modding GameMy Profile

  106. tempat tidur minimalis says

    apapun kebijakannya, tetap bisa bersaing dengan sehat πŸ™‚
    tapi ini informasi yang bagus, terimakasih
    Yuk, lihat tulisan tempat tidur minimalis di Meja Rias MinimalisMy Profile

  107. toko furniture minimalis says

    akhirnya artikel yang dicari ketemu,thanks ya infonya semoga bermanfaat bagi pembaca dan si penulis,

  108. kamar tidur says

    google semakin lama semakin ketat, harus kreatif jangan suka jiplak. jika ingin selamat dr google

  109. jual laptop murah says

    kalau sudah baca kebijakan google, dampak google update.. rasanya tuh dag dig dug der lah…. jangan2 kena badai atau malah naik..

  110. FunWap says

    hehe jarang bgt aku membaca ketentuan dlm sebuah web.tpi makash ilmunya
    Yuk, lihat tulisan FunWap di Naruto Shippuden episode 400.3gp sub indonesia (Download Sekarang)My Profile

  111. Furniture Sono Jati says

    terimakasih gan info nya untuk kebijakan google.. sangat membantu.
    Yuk, lihat tulisan Furniture Sono Jati di Set Kamar Tidur Mahoni Duco PutihMy Profile

  112. Jati Mebel Jepara says

    akhirnya artikel yang saya inginkan ketemu. terimakasih gan atas infonya sangat membantu sekali. ditunggu artikel selanjutnya ya gan.

  113. jepara mebel says

    kalau saya sering mengabaikan hal ini gan, karena saya males bacanya gan. tapi terima kasih atas infonya mas,,
    Yuk, lihat tulisan jepara mebel di Box bayi mebel jepara modern terbaikMy Profile

  114. rika nawang says

    tapi yang jadi kendala itu malas bacanya mas.. tapi ya terimakasih atas informasinya mas,, kalau gak baca ini gak taukalau google semakin ketat
    Yuk, lihat tulisan rika nawang di Sofa Jati terbaru mebel jeparaMy Profile

Comments are closed.