Google Webmaster tools

Tahu google? Arti webmaster? Kenal dengan tools? Google Webmaster Tools? Google Webmaster Tools merupakan sebuah sarana yang digunakan oleh google untuk memantau langsung antara pihak google dan kita sebagai webmaster (blogger juga termasuk lho 😉 ).

Apa sih fungsinya Google Webmaster Tools? Banyak sih fungsinya, namun yang paling ringkas dan menarik adalah untuk memaksimalkan proses index-isasi. Index? Benar. Jika ingin blog kita terdapat dalam halaman pencarian google, kita harus “singgah” ke Google Webmaster Tools ini. Memang, secara alami pihak google pasti “datang” ke situs/blog kita melalui perantara google bot. Akan tetapi, dengan bantuan Google Webmaster Tools ini, akan semakin mempermudah proses peng-index-an.

Sebaiknya kita langsung memasuki contoh saja :study: . Pernahkah Anda melihat suatu blog/website memiliki halaman yang berlimpah? maksudnya seperti:

Home -> Archives -> Categories -> Articles -> dst.

Dimana halaman articles tersebut tidak memiliki link di halaman home. Hal ini akan mempersulit google bot untuk membaca (Crawling) konten apa saja yang ada dalam suatu situs/blog. Nah inilah peran penting Google Webmaster Tools (terutama tool “Google Sitemap” yang disisipkan di dalamnya).

Mengingat pentingnya Google Webmaster Tools ini, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan fitur-fitur penting di dalamnya 😀

1. Google Sitemap

Google Sitemap merupakan sebuah (atau lebih) file sitemap (lazimnya berekstensi *.xml atau *.xml.gz) yang berisi daftar URL situs/blog kita (semacam daftar isi jika pada buku). Fungsinya tentu saja untuk mempermudah Google Bot untuk meng-crawling halaman-halaman yang ada pada situs/blog kita.

Seperti contoh di atas, di mana articles terdapat pada halaman yang “jauh”, dengan memiliki sitemap, google bot menjadi lebih mudah dalam mencapainya karena kita telah menyediakan URL halaman Articles pada sitemap.

Beruntung sekali bagi para pengguna wordpress (self host dan wordpress.com). Jika wordpress yang di install sendiri, kita dapat memanfaatkan plugin Google Sitemap Generator. Jika pengguna blog di wordpress.com, cukup masukkan alamat URL sitemap saja. Contoh: http://71mm0.wordpress.com/sitemap.xml. Mudahkan?

2. Robot.txt

Robot.txt merupakan suatu file yang berisi permintaan/peraturan (restrict) yang dialamatkan kepada Google Bot agar tidak membaca (crawl) suatu halaman situs atau blog atau bahkan seluruh isi content (kali aja situs FBI tidak ingin data rahasia mereka ketahuan khalayak ramai 😀 ). Begitulah kira-kira fungsi Robot.txt ini. Namun, mohon maaf, ilmu Saya belum sampai ke struktur bagian dalam robot.txt 😉

3. Link

Berfungsi untuk melihat seberapa banyak halaman situs/blog Anda yang ter-index oleh Google Bot.

4. Domain Preference

Merupakan sebuah tool untuk memilih awalan dari nama domain Anda (menggunakan “www” atau “tanpa www”). Seperti blog ini. Saya memilih www.ahyari.net saja tanpa “www”. Namun meskipun diketik www.www.ahyari.net, tetap saja Anda akan sampai di sini.

Hal ini Saya lakukan untuk mempermudah dalam pengetikkan dan penyebutan. Misalnya ada yang bertanya “Alamat blog kamu apa?” Saya akan lebih mudah bilang “ahyari dot com” dibanding “we we we dot ahyari dot com” 😛

Ingat! Pemilihan ini juga mempengaruhi PageRank. Mengapa begitu? Karena secara umum, orang-orang lebih terbiasa bahwa suatu situs harus memiliki “www” di depannya. Makanya jika kita mengecek PageRank situs kita selalu ada peringatan yang mengatakan “domain dengan “www” atau “tanpa www” kemungkinan akan memiliki PageRank berbeda”.

Jadi, jika Anda memilih untuk meletakkan “www” di depan domain Anda, maka dalam “situasi” apapun (check PageRank, isi formulir online dsb), Anda harus mencantumkan “www”.

5. Crawl Speed

Berfungsi untuk memperlambat (jika Anda menganggap google bot terlalu sering datang dan menghabiskan bandwidth) atau mempercepat frekuensi google bot mengunjungi situs/blog Anda.

Oh iya. Untuk bisa memanfaatkan fasilitas google webmaster tools ini, Anda harus mempunyai Google Accounts (bahasa umumnya sih GMAIL – Gratis koq). Jadi, gmail bukan sekedar buat email, gmail merupakan sebuah pintu oleh user untuk masuk ke fasilitas yang ditawarkan google tidak hanya Google Webmaster tools (masih banyak layanan keren dari google).

Silakan klik atau ketik http://www.google.com/webmaster/ untuk masuk.

Kiranya cukup sekian 🙂

NB: fungsi-fungsi lain dari Google Webmaster Tools sebenarnya masih banyak, namun Saya harus mengurus skripsi Saya dulu 😛

13 komentar pada “Google Webmaster tools

  1. caranya gimana…?
    mohon pencerahan 🙁

    Silakan Anda login dulu ke google webmaster tools, kemudian, ketikkan dibrowser google.com/webmasters/tools/settings?hl=en&siteUrl=http%3A%2F%2Fsitusanda.tld%2F pilih "Don't set a preferred domain". Tapi kalau Anda ingin URL Anda tampil dengan www, pilih saja yang di bawahnya. situsanda.tld ganti dengan alamat weblog Anda 🙂 misalnya google.com/webmasters/tools/settings?hl=en&siteUrl=http%3A%2F%2F <a href="http://www.ahyari.net%2F

    ” target=”_blank”>www.ahyari.net%2F

  2. Mau tanya dong mas. Kalo saya beli domain bekas yang punya PR. trus preffered domain-nya saya ubah menjadi non-www. Apakah bisa menyebabkan pagerank jadi turun?

  3. Makasih banyak juragan, saya newbie di dunia blog. Dengan tutorial di atas, pengetahuan saya jadi bertambah. Postingan yang benar-benar bermanfaat gan.

Comments are closed.