Hemat Energi Listrik Di Kantor

Banyaknya peralatan di kantor yang digerakkan dengan energi listrik, membuat daya listrik yang dimakan oleh kantor tersebut setiap bulannya bisa dipastikan cukup besar. Dengan besarnya daya yang dihabiskan sudah barang tentu akan besar pula rekening listrik yang harus dibayar. Seiring dengan terus naiknya harga listrik di Indonesia, besarnya biaya pemakaian listrik tersebut tentu menjadi beban tersendiri bagi perusahaan. Karena itu langkah http://sewatama.com/what-we-do/power-solutions/power-optimization – energy efficiency listrik perlu dilakukan, dengan cara-cara sebagai berikut:

power solutions for energy management

  • Jika AC yang terpasang di kantor adalah jenis AC biasa, cobalah untuk menggantinya dengan AC inverter yang bisa menghemat penggunaan listrik sampai dengan 60%. Biaya awal untuk pembelian AC inverter tersebut memang cukup mahal, apalagi jika harus membeli beberapa buah AC. Namun anggap itu sebagai investasi, karena seiring dengan berkurangnya rekening listrik yang harus dibayar, dana untuk pembelian AC inverter dapat secepatnya tergantikan.
  • Investasi pembelian sarana kantor juga mesti dilakukan dari sisi penerangan, yakni dengan mengganti lampu TL dengan lampu LED. Jika investasi lewat pembelian lampu LED dirasa memberatkan perusahaan karena harganya yang mahal, dapat pula menggantinya dengan lampu essential, meski dari sisi pemakaian daya masih lebih irit lampu LED.
  • Jika tersedia anggaran yang lebih, pemasangan sensor listrik sangat efektif untuk menghemat pemakaian listrik, karena dengan adanya sensor tersebut, lampu-lampu yang tidak terpakai secara otomatis akan padam dengan sendirinya.
  • Energy efficiency listrik juga dapat dilakukan dengan mengurangi pemakaian PC serta menggantinya dengan laptop, karena daya yang dibutuhkan laptop jauh lebih kecil dibandingkan PC.
  • Warnai dinding kantor dengan cat yang terang, sehingga untuk menerangi ruangan tidak dibutuhkan lampu yang terlalu terang.
  • Kurangi frekuensi kerja lembur, agar pemakaian listrik tidak membengkak.

Agar kantor tempat Anda bekerja dapat lebih maksimal dalam melakukan penghematan listrik, hubungi Sewatama yang dapat memberikan solusi efisiensi energi bergaransi. Sewatama dengan layanannya akan memberikan jaminan penghematan listrik dengan berbagai skema dan dengan produk serta layanan yang mencakup solusi jasa perusahaan energi terintegrasi. Banyaknya properti komersial, rumah sakit, BUMN, penyedia listrik dan industri manufaktur yang memanfaatkan jasa Sewatama untuk mengoptimasi daya dan efisiensi energi merupakan satu bukti dari kredibilitas yang dimiliki perusahaan ini. (*)