Ini Cara Menikmati Banjarmasin Dalam 1 Hari

Ahyari.NetDestinasi Wisata Kalsel – Jika kita merencanakan kegiatan untuk berlibur ke suatu tempat, biasanya akan dibuat semacam draft acara agar wisata ke tempat yang dituju menjadi lebih maksimal. Namun, bagaimana jika Anda berangkat ke luar kota untuk tujuan bekerja? Atau kunjungan menemui kolega bisnis yang notabene waktu yang tersedia begitu singkat. Umumnya waktu yang diperlukan seseorang untuk ke luar kota adalah 3 hari. Hari pertama datang; hari ke-2 mengerjakan urusan bisnis atau pekerjaan; dan hari ke-3 pulang.

Ternyata, dari waktu yang singkat tersebut masih bisa dioptimalkan untuk berkunjung ke tempat-tempat menarik yang ada di kota tujuan. Pada tulisan ini saya akan bercerita bagaimana Anda menikmati Kota Banjarmasin hanya dalam waktu kurang dari 1 hari.

Mari berandai-andai; Anggap saja Anda berasal dari Jakarta dan ditugaskan ke Banjarmasin pada hari Kamis-Sabtu (3 hari). Anda berangkat dengan pesawat Garuda Indonesia dengan jadwal penerbangan paling pagi dan saat pulang, pesanlah tiket pesawat penerbangan terakhir (alasannya nanti saya sampaikan di bawah). Dengan jadwal penerbangan ini, Anda akan tiba di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru sekitar pukul 11:00 WITA (ada perbedaan 1 jam dengan Jakarta). Dari bandara menuju pusat kota Banjarmasin kita anggap paling lambat 1 jam perjalanan.

Sesampainya di Banjarmasin, saya menyarankan untuk memilih hotel yang letaknya ada di pinggir sungai. Bukankah Banjarmasin memiliki nama lain dengan sebutan Kota Seribu Sungai? Memandang sungai sangat cocok untuk relaxasi. Kami perkirakan sekitar pukul 13:00 WITA Anda sudah check in di hotel. Anda bisa istirahat sembari mempersiapkan berkas atau bahan-bahan untuk membahas pekerjaan Anda besok. Tidak perlu memikirkan jalan-jalannya, selesaikan “kewajiban” Anda terlebih dahulu πŸ˜‰

Besoknya (Jumat), jam 8 pagi Anda bisa segera berangkat untuk mengurus pekerjaan Anda. Pada hari ini, selesaikan semua urusan pekerjaan atau bisnis Anda. Kita beranggapan bahwa urusan bisnis Anda selesai dan Anda kembali ke Hotel sekitar pukul 8 malam. Setelah makan malam, beristirahatlah karena besok subuh-subuh sekali, petualangan di Banjarmasin akan kita mulai.

Oh iya, untuk hari Sabtu (hari terakhir) usahakan Anda bisa menyewa 1 buah mobil. Harga sewa 1 hari bersama dengan supirnya biasanya pada kisaran harga 600ribu sampai 800ribu rupiah. Tentu akan lebih bagus lagi jika rekan kerja Anda mau menemani. Hitung-hitung sebagai special service selama di Banjarmasin. Jadinya gratis deh transportnya.. Hihihi.. πŸ˜†

Jam 4 Dini Hari

Hari yang dinanti telah tiba. Inilah 1 Hari yang dimaksud pada judul. Subuh dini hari ini kita akan mengunjungi tempat wisata Pasar Terapung yang sudah terkenal dan diliput diberbagai media. Turis-turis asing juga selalu ke sini, loh. Kalau ke Banjarmasin, belum lengkap rasanya jika tidak mampir ke Pasar Terapung.

Mengapa disebut “Pasar Terapung”? Karena semua proses jual-beli terjadi di atas jukung atau kelotok (semacam kapal kecil) dan tentu saja, mengapung di atas sungai.

Pasar Terapung Kuin
Pasar Terapung Kuin (credit: WikiPedia)

Pasar Terapung ini hanya bisa dijumpai saat subuh. Bahkan mantan orang nomor 1 di Indonesia pernah berkunjung dan berbelanja topi purun dan buah di Pasar Terapung ini.

Presiden SBY di Pasar Terapung Kuin
Presiden SBY di Pasar Terapung Kuin (2013) (credit: Twitter)

Anda bisa mencoba menyicipi jajanan khas Banjarmasin yang banyak dijual di Pasar Terapung ini.

Setelah dari sini, Anda bisa menyeberang ke Pulau Kembang; sebuah pulau yang dihuni ratusan Warik (Kera/Monyet). Menurut warga sekitar, Pulau Kembang ini memiliki satu monyet yang berukuran besar. Penduduk menjulukinya dengan sebutan Raja Monyet.

turis memberi makan kera di pulau kembang
Turis memberi makan kera di Pulau Kembang (Credit: Banjarmasin Post)

Di pulau ini juga terdapat altar atau kuil. Arca yang ada di kuil ini menyerupai Hanoman (Monyet Putih).

Saran saya, mohon berhati-hati jika Anda membawa barang. Sebab, monyet yang ada di pulau ini terkadang “penasaran” dengan tas atau semacamnya. Ada baiknya Anda membawa buah atau makanan ringan untuk mengalihkan perhatian para monyet dengan memberinya buah atau makanan tersebut.

Pukul 7 Pagi

Setelah dari tempat wisata Pasar Terapung dan Pulau Kembang, Anda bisa menuju ke Taman Siring Sungai Martapura. Di sini terdapat maskot patung Bekantan besar. Di seberangnya Anda bisa melihat Mesjid terbesar di Banjarmasin; Mesjid Sabilal Muhtadin.

taman siring sungai martapura
Taman Siring Sungai Martapura (Credit: Banjarmasin Post)

Jika perut lapar, Anda bisa sarapan di atas sampan/perahu yang bertengger di tepiannya πŸ˜‰

Pukul 9 Pagi

Dari Taman Siring, Anda bisa berjalan-jalan mengitari Kampung Sasirangan; sebuah kampung yang isinya adalah para pengrajin kain sasirangan (semacam kain batik khas Kalimantan Selatan)

kain sasirangan
Kain Sasirangan (Credit: Banjarmasin Post)

Pukul 10 Pagi

Anda bisa kembali ke hotel untuk membersihkan diri dan beristirahat sambil mempersiapkan kepulangan Anda. Tepat tengah hari, Anda sudah bisa check out dari hotel. Apa perjalanan selesai?

Perjalanan di Banjarmasin telah tuntas. Namun, karena jadwal penerbangan pulang Anda bersama maskapai Garuda sekitar pukul 8 malam, saya akan memberikan tips ekstra untuk menikmati satu tempat lagi di luar kota Banjarmasin.

Pasar Intan Martapura

Berhubung masih ada waktu jeda dengan jadwal kepulangan, Anda bisa ke kota Martapura yang hanya berjarak sekitar 45 menit dari Bandara (Banjarbaru). Jika tidak ada kendala, Anda akan tiba di kota penghasil Intan Martapura pada pukul 2 siang.

Pasar Intan Martapura
Beberapa Batu yang dijual (Credit: Banjarmasin Post)

Anda yang penggemar perhiasan batu alam, sangat cocok untuk ke Pasar Intan Martapura ini. Untuk oleh-oleh sanak famili dan kerabat pun juga oke. Dari batu akik beragam jenis hingga batu intan ada di sini. Buat rekan Anda terkesima dengan oleh-oleh batu khas Kalimantan Selatan πŸ˜‰

Anda bisa makan siang di sini. Tanyakan saja ke penduduk setempat di mana soto banjar yang enak di sana πŸ˜‰

Pulang

Tiga jam saya rasa cukup untuk berkeliling di martapura sembari memilah-milah oleh-oleh apa yang ingin Anda bawa. πŸ˜€ Selanjutnya, Anda menuju Bandara di Banjarbaru. Sekitar pukul 6 sore, Anda sudah berada di Bandara untuk check in pesawat pukul 8 malam.

Mengisi waktu di Bandara, Anda bisa gunakan untuk melihat toko-toko souvenir atau makanan khas Kalimantan Selatan yang ada di sana. Barangkali ada yang menarik perhatian Anda πŸ˜‰

Have a nice flight with Garuda Indonesia
Have a nice flight with Garuda Indonesia – The Airline of Indonesia πŸ™‚

Seperti inilah kiranya ilustrasi jika Anda ingin menikmati Banjarmasin + Martapura dalam waktu 1 hari. Draft ini juga bisa Anda gunakan di akhir pekan, jumat malam datang ke Banjarmasin kemudian sabtu pagi sesuai jadwal di atas, hari minggu Anda sudah tiba kembali di rumah Anda πŸ˜‰

Jika memiliki waktu panjang, masih banyak sekali Destinasi Wisata Kalsel yang menarik di kota-kota lainnya yang ada di Kalimantan Selatan. Semoga berkesempatan, ya? πŸ™‚

lomba blog wisata kalsel

10 komentar pada “Ini Cara Menikmati Banjarmasin Dalam 1 Hari

Post Comment

CommentLuv badge