Install Manual WordPress – Database(2)

Pada halaman sebelumnya telah dijelaskan bagaimana proses Pointing (Mengarahkan Name Servers ke Domain kita). Sekarang setelah Domain Anda telah terhubung dengan Server, saatnya kita membuat database untuk kelancaran menginstall wordpress secara manual nanti 😉 .

Jendela CPanel Anda masih terbuka? Tidak sampai 1 hari kan menunggu aktivasi domain dengan name servers-nya? Jika jendela Cpanel Anda sudah tertutup, silakan login kembali dan masuk kembali ke CPanel Anda.

Apa sudah lupa? Setelah Log in, Anda akan melihat “Account List”, kemudian klik “Go to CPanel”. Berikut ScreenShot-nya:


-Sudah sampai di CPanel? Cari icon menu yang bernama “MySQL” (Saya beri Kotak warna Merah). Ketemu? Silakan klik.


-Anda akan melihat halaman:


-Ini yang disebut membuat database baru di menu MySQL. Tujuannya untuk menyimpan data wordpress nantinya.

-Anda Bebas memberi nama sesuka anda pada kolom isian beserta password-nya (password sama dengan passowrd login? Why Not?). Sebagai contoh, Saya memberikan nama “ahyari” pada database name dan user name.

-Yakin password yang Anda tulis sesuai keinginan Anda? Kalau begitu langsung saja klik create database. Muncul deh sejenis halaman yang memberitahu Anda tentang detail MySQL Anda seperti berikut:


-Jangan Takut kalau Anda lupa akan detail tersebut, karena Anda juga akan menerima informasi via email yang Anda daftarkan di awal sewaktu membuat account. Simpan baik-baik data ini karena nantinya akan diperlukan pada saat install WordPress.

-Sudah berhasil? Silakan lanjut ke Install Manual WordPress – Upload and Edit

Comments are closed.