iOS Dan Android – Mana Yang Baik Dan Untuk Siapa

Semua orang bisa merasakan panasnya persaingan antara Google dan Apple pada segmentasi smartphone dan tablet. Keduanya semakin gencar menawarkan fitur yang belum pernah ada pada kubu competitor. Seperti yang sering kita dengar bahwa keduanya sering terlibat pertarungan dalam menyediakan fitur terbaik mereka yang memang selalu bisa memanjakan pengguna dari berbagai cakupan segmen umur dan gender. Semua hal yang ditawarkan oleh kedua raksasa operating sistem ini memang sangat menarik dan selalu bisa membelalakan mata kita setiap dihadirkannya fitur baru yang selalu ditanamkan pada gadget terbaru. Namun tahukah anda bahwa sebetulnya jika kita telusuri lebih dalam, sebetulnya kedua sistem operasi ini akan lebih baik jika digunakan oleh orang yang tepat, orang yang memang benar-benar membutuhkan fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan mereka.

apple vs android

iOS

Sistem operasi ini memang sangat memukau dari segi panampilan dan navigasinya. Selain terlihat elegan, sistem operasi ini juga terasa tangguh dan mantap saat digunakan, namun dengan sedikitnya hal yang bisa kita lakukan untuk melakukan customize pada perangkat yang ditanamkan sistem operasi ini, banyak orang menjadi bosan ketika menggunakannya. Namun ternyata seperti dikutip kompas.com, berkat kekuatan dan konsistensi performanya, iOS lebih diminati kalangan pebisnis yang memang lebih membutuhkan gadget dengan kekuatan tasking yang lebih kokoh dan konsisten.

Selain itu kemampuan integerasi yang dimiliki oleh perangkat iOS yang memang hanya memiliki satu vendor pembuat smartphone yaitu Apple dinilai lebih baik dan lebih integerated. Dalam hal ini jika dibandingkan dengan Android yang memiliki banyak vendor smartphone mulai dari Samsung, HTC dll yang memang kerap menanamkan fitur mereka sendiri kedalam sistem operasi membuat performa sistem operasi ini menjadi variatif namun menjadikannya kurang konsisten. Mungkin hal ini yang menjadi pertimbangan kalangan pebisnis kelas menengah untuk menggunakan gadget dengan sistem operasi Android untuk kebutuhan pekerjaan bisnis mereka. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa harga yang ditawarkan pun relative mahal. Kalau kita lihat di Lamido Indonesia, harga iPhone 5s dengan sistem operasi iOS 7 mencapai harga sekitar 11.5jt

Android

Mungkin saat ini sistem operasi yang populer diseluruh belahan dunia. Tidak bisa dipungkiri, di Indonesia, perangkat Android menguasai market share hingga 60%, Blackberry 30% dan sisanya harus rela berbagi antara iOS, Symbian dan Windowsphone. Mengapa Android sangat populer di Indonesia? Selain harganya yang terjangkau karena banyak produsen smartphone yang menanamkan sistem operasi ini menjadikan harga dan kualitasnya menjadi variatif, para pengguna android bisa dengan leluasa melakukan customize pada perangkat mereka, pengguna android yang kebanyakan pelajar dan remaja ini senang membagikan apa saja yang mereka anggap menarik, dengan adanya fitur share dengan berbagai pilihan untuk membagikan keberbagai platform media sosial. Pada hal ini, Jika dibandingkan dengan iOS yang hanya bisa membagikan foto atau apapun ke email atau kontak pada telepon genggam, Android tentu bisa memenangkan hati para remaja dan pelajar.

Namun dengan banyaknya produsen smartphone yang menggunakan sistem operasi ini sebagai ujung tombak, maka konsistensi performa-nya pun semakin harus dipertimbangkan. Banyak hal yang harus diperhatikan ketika membeli produk Android, selain kualitas merk-nya, spesifikasi pun harus diperhatikan jika anda mencari long-term performance. Selain kedua hal tersebut, jangan lupa membandingkan harga sebelum membeli. Bandingkan harga secara online dan offline untuk memastikan anda mendapakan harga terbaik. Jika anda melihat di Lamido, perangkat Android ditawarkan mulai dari Rp 650.000 yang dimana harga tersebut sangat pas untuk kantung pelajar dan remaja.

3 komentar pada “iOS Dan Android – Mana Yang Baik Dan Untuk Siapa

Post Comment

CommentLuv badge