Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Kalimantan Menggugat: BLOKIR BATUBARA KALIMANTAN!

BLOKIR AJA BATUBARA YANG KELUAR DARI KALIMANTAN, BIAR YANG LAIN TAHU; KALIMANTAN ITU KAYA! Kita yang punya sumber daya alam (Batubara) malah kita yang sering mati lampu (lampu padam), kata seorang lelaki paruh baya yang sedang duduk menikmati kopi sambil mengamati aksi Blokir Batubara di Sungai Barito Kalimantan Selatan Sabtu 26 Mei 2012 kemarin.
Eh? Koq tumben saya menulis dengan topik “menegangkan” seperti ini? Yah, namanya juga blog, apalagi blog butut ane ini memiliki tag line “catatan perjalanan”; apa yang menarik hati saya, maka akan ditulis šŸ˜€

Kembali ke topik. Aksi Blokir Batubara ini dipicu pernyataan pemerintah yang menolak menambah BBM bersubsidi di Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan (KALSEL). Sebagai anak banua (sebutan untuk orang-orang yang tinggal di KALSEL), saya merasa terpanggil untuk menulis pendapat -meski dangkal-, serta pandangan saya terhadap hal-hal yang terkait daerah saya.

Saya tidak pernah protes sewaktu pemerintah ingin menaikan BBM (makanya tidak muncul tulisan tentang BBM di blog butut ini), karena saya tahu beban pemerintah. Eh, giliran tidak dinaikan, BBM malah semakin langka di KALSEL. Gubernur meminta quota tambahan, tetapi tidak dipenuhi oleh pemerintah (begitu yang saya baca di surat kabar lokal). Akhirnya, “muncul” aksi blokir Batubara ini.

Meski begitu, sebenarnya aksi blokir ini “mungkin” telah lama “terpendam” mengingat kekayaan alam yang dikeruk/ambil bukan main nilainya, tetapi TIDAK SEBANDING dengan pembangunan maupun kerusakan lingkungan yang diakibatkan. Saya berani bertaruh, jika Anda melihat LUBANG-LUBANG besar bekas kerukan/penggalian batubara pasti akan merinding melihatnya. Eh, begitu minta “jatah” BBM bersubsidi ditambah, jawaban pemerintah semakin memperkeruh suasana.

Jika blokir ini berlangsung selama 1 bulan penuh, dapat dipastikan pulau Jawa (tempat pemerintah pusat bertengger) akan GELAP seGELAP-GELAPnya (Mudah-mudahan ini terjadi šŸ˜† ). Karena, suplai batubara yang sekarang hanya bertahan untuk 25 hari saja. So? Lanjutkan aksi blokirnya!! Biar pemerintah tahu! Mereka itu kaya dari daerah! Jangan lupakan daerah!

————————————————————-

Kalimantan Menggugat
Demo Kalimantan Menggugat | Sumber: radarbanjarmasin.co.id

Isi Kalimantan Menggugat:

  1. Keadilan pengelolaan sumber daya alam, diantaranya royalti pertambangan dan migas harus dikembalikan 80% untuk daerah. Termasuk dana bagi hasil perkebunan yang selama ini tidak kami nikmati. Dana reboisasi hutan yg telah digunduli pun raib entah kemana
  2. Siapkan kouta BBM yang mencukupi kebutuhan maksimal setiap rakyat yang membayar pajak untuk negara ini, tidak ada kelangkaan dan adil secara nasional, bukan pembatasan.
  3. Merdeka dari krisis listrik, listrik yang menerangi setiap rumah dikalimantan, bukan hanya pulau jawa dan bali.
  4. Prioritas pembangunan infrastruktur dan konektivitas pembangunan. Hingga puluhan tahun merdeka bahkan jalan utama penghubung antara kalimantan justru tidak terealisasi, semua harus terhubung kejakarta. Kalimantan hanya punya satu jalan nasional, sungguh sebuah ironi diantara gedung pencakar langit jakarta dan jawa.
  5. Kami menggugat dan mengingatkan kepada pemerintah daerah agar tidak lalai dan bekerja maksimal dalam memperjuangkan segala kebutuhan rakyat kalimantan, percayalah kami tidak akan lelah menyuarakan digarda terdepan untuk kalimantan yag adil, setara dan bermartabat

Demikian pernyataan sikap bersama forum peduli banua kalimantan selatan, melawan untuk keadilan dan kemakmuran bumi kalimantan.

Jika pemerintah atau negara ini tidak memperdulikan kami, maka kami juga tidak akan memperdulikan pemerintah atau negara ini.

Merdeka!!!

Jembatan barito, 26 mei 2012
Forum Peduli Banua atas nama rakyat kalimantan

————————————————————-

Saya berharap, kejadian ini “menginspirasi” daerah lain. Lihat Papua. Papua memiliki tambang emas TERBESAR di dunia. Tapi, lihat rakyatnya? Sungguh, yang paling lama diadili di pengadilan akhirat kelak adalah para pemimpin; para pemimpin yang hanya mementingkan diri, keluarga dan golongannya. Camkan itu bung!

Lihat Riau, kaya akan minyak, tetapi tetap ngantri untuk mendapatkannya. Kebetulan punya teman di Riau dan bercerita bahwa mereka juga kesulitan dalam memperoleh BBM.

Jadi ingat Pasal 33 yang dihapal terus menerus sewaktu masih duduk dibangku SD. Kekayaan alam Indonesia untuk Rakyat Indonesia? Omong kosong!

Terus terang, saya mendukung aksi blokir ini. Gubernur KALSEL aja mendukung, apalagi saya yang orang biasa 8)

Xixixixi šŸ˜€ koq saya jadi marah-marah ya? Sorry sob, hanya opini biasa yang ditulis dengan ilmu biasa oleh rakyat biasa šŸ™‚

-Berbagi Tidak Pernah Rugi-

 

26 Comments
  1. ibnoe.info says

    saya sangat setuju dengan kata2 "Kekayaan alam Indonesia untuk Rakyat Indonesia", tapi sayang itu semua hanya omong kosong belaka, iindonesia negara kaya akan bahan tambang, tetapi kekayaan alam itu tidak sepenuhnya untuk rakyat.

  2. Muhammad Khoerol Ana says

    setuju mas!! Kalimantan hanya dapet 7% kuota BBM sementara Jakarta udah ngabisin 45% kuota BBM, walaupun saya tinggal di JAWA tapi saya juga ngga mau kalo sodara2 yang tinggal disana kekurangan, dimana sih pemerintah ini sebenarnya? katanya Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia? mana?

  3. angelique says

    sekarang penjajah indonesia ada bukan dari luar negeri saja, orang dipulau jawa sendiri juga banyak yang njajah bangsa sendiri, ckckckck

  4. Korea Terbaru says

    Lun tau sekilsa haja nah info2 ne dari status2 bubuhan Banua di FB,,

    beritanya kada pernah menamui lun pas buka2 situs berita

    1. Jimmy Ahyari says

      di detik, media indonesia dll ada koq bro..

  5. aradsa says

    betul itu bro saya juga di kaltim, kesal rasanya sama ni tambang, cuma mau ngambil hasilnya tapi fasilitas masyarakat gak di penuhi, cuma saya paling kecewa sama kepala daerah kutim, bisa2nya ada tambang yg di izikan nambang di tengah kota, anehhh

  6. arief 137 says

    Kalau perlu dana apapun kita kelola sendiri….

    Siap berjuang demi borneo….
    Pemimpin kalimantan…jangan takut dgn suara menteri atau presiden sekalipun…kami yg memilihmu bukan dia….

    Kami siap jadi perisai ku).. maju lah…..

    HIDUP BORNEO….. MERDEKA

  7. resep masakan indone says

    sebagai orang yang besar dan hidup di papua saya sangat miris meliha t papua bang… kadang-kadang bingung liat pemerintah n orang yang katanya pengamat. rapat n debat tiap hari tp lampu tttp mati, bbm ttp langka. di daerah saya sorong papua dalam seminggu tu pasti ada mati lampu dan pasti lama.

  8. norjik says

    nice artikel, keren

  9. andipandora says

    memang betul indonesia kaya, tapi kekayaannya disedot oleh bangsa lain…

  10. catatan google says

    ke belakang smua urusan tambah ribet, pemerintahnya aja yang sok tau tapi tidak mau serius, nic share terima kasih

  11. Jefry says

    Jika pemerintah sudah bertindak dengan tidak adil sayapun juga ikut mendukung warga KalSel untuk menuntut BBM bersubsidi sebab ini hak mereka..

  12. Home Improvement Inf says

    Smoga generasi selanjutnya bisa berfikir lebih baik lagi dan lagi ..
    Satu bukan untuk sendiri .. tapi sama" ..
    mantaps

  13. brahmanda says

    Perlu diselidiki, pasti ada oknum yg sengaja menjual kembali BBM untuk jatah rakyat tsb, atau gimana batubara bisa masuk dalam motor / mobil yg artinya, energi batubaru perlu dikembangkan menggantikan bensin dan solar

  14. Rumah Sederhana says

    Terkadang hal-hal ini ada latar belakang politik yang kita tidak tahu, dari pengalaman tentang tambang ternyata ada kepentingan tentang kepemilikan, jadi biasanya yang tidak kebagian cari cara supaya kebagian, tapi untuk alasan sebagian harus digunakan untuk kepentingan rakyat setempat sangat setuju, asal jangan utk pejabat setempat, karena pejabat juga rakyat setempat he…he…

  15. andi says

    memang sudah saatnya untuk menghapus istilah "kutukan kekayaan alam" , rakyat kalimantan sudah sangat cerdas untuk mengelola sumber daya alam untuk memakmurkan daerahnya sembari tetap "MENJAGA LINGKUNGAN".

    Banyaknya penambangan liar yang merusak ekosistem dan tata kelola air sesungguhnya sudah menjadi bencana bagi alam kalimantan. sudah saatnya industri perkebunan tetap menjamin kekayaan alam dan tidak merusak ekosistem. nampaknya tuntutan untuk "menghutankan kembali kalimantan" di kawasan kawasan konservasi menjadi penting untuk keselamatan pulau kalimantan

  16. natural beauty says

    Turun prihatin bos, daerah yang menjadi sumber bahan bakar pltu sering mati lampu. semoga masalh anda cepat selesai

  17. tips keuangan says

    kenyataannya, rakyat hanya sebagai "dagangan" para elit politik saja.

  18. Eswahyudi Kurniawan says

    2 minggu yang lalu, kalau tidak salah, di blog saya, saya menulis tentang pendidikan di PERBATASAN, tepatnya di NUNUKAN. Walau saya tinggal di Wonogiri, Jawa Tengah, saya ikut prihatin dengan pembangunan di wilayah luar P. Jawa. Saya percaya, Sumatra, Kalimantan, Papua dan pulau yang lain adalah memiliki SDM yang cukup melimpah, namun saya juga bingung, mengapa tetap saja tertinggal dari daerah di P. jawa. Inilah salah satu bentuk tidak meratanya pembangunan di Indonesia. Siapa yang salah??? PENGELOLAAN NEGARA, yang tak lain dan tak bukan, PEMERINTAH ITU SENDIRI. CMIIW

  19. handaka says

    jika digunakan untuk kepentingan rakyat setempat sangat setuju, dan untuk kepentingan rakyak indonesia umumnya ,,,

  20. Agus says

    Berkunjung juga bro šŸ˜€

  21. Roy Daun Jati Cina says

    Wajar Kalau Mereka 20 Orang telah berKomentar untuk tulisan “Kalimantan Menggugat: BLOKIR BATUBARA KALIMANTAN!”
    Sebenrnya mereka mau diperhatikan oleh pemerintah, semua alam berasal dari sana mereka mau menikmati hasil alam saja sudah susah barang2 mahal, hanya mau mendapatkan bensin saja harus antri dan kadang kehabisan…. gubernur maupun pemerintah disan tidak bisa menghalangi jika rakyak sana marah ….

  22. kang yusuf says

    mantap gan.

  23. Rama Regawa says

    Indonesia Harus Tetap Bersatum jangan sampai kita terpecah belah, hati2 dengan serigala berbulu domba

  24. arijp says

    Yah… beginilah klo pemerintah tempat sarang orang orang yang pengen enaknya sendiri…. semoga ALLAH menyadarkan mereka….dengan ujian yang yang ringan tapi mampu merubah keadaan…..amiiin

  25. zaenal says

    berarti muaranya ada dipemerintah pusat ya….. memang selama ini pembangunan dititikberatkan pada pulau jawa / Jakarta. ingat 90% uang berputar di Jakarta. makanya pemerintah mati-matian mensupport semua kebutuhan Jakarta.
    untuk mendesak pemerintah pusat, memang harus ada aksi massa, kalau hanya usulan akan sulit. sementara ini yang bisa dilakukan menurut saya adalah menunjukkan bahwa di Kalimantan ada SDM yang bisa diandalkan untuk kemajuan daerah.
    contohnya daerah Jepara(sy orang Jepara), daerah terpencil di jawa tengah. pembangunannya tidak bergantung pada pusat karena kami punya industri mebel yang sudah terkenal sampai keluar negeri. hingga banyak pengusaha asing yang menanam modal disana. imbasnya pemasukan daerah juga terkatrol dan bisa untuk pembangunan infrastruktur DLL.
    intinya adalah memaksimalkan SDM dan menjual keluar negeri kalau bisa.
    trims

Comments are closed.