Kecerdasan Majemuk pada Anak

Seorang profesor pendidikan asal Amerika Serikat, Howard Gardner, berpendapat bahwa kecerdasan pada seseorang dinilai berdasar kepada kemampuan orang tersebut menyelesaikan masalah, kemampuan orang menemukan persoalan baru untuk dicari solusinya, dan kemampuan seseorang yang bisa menciptakan sesuatu dan memberikan apresiasi terhadap segala hal. Gardner ini memberikan istilah Multiple Intelligence atau kecerdasan majemuk. Menurut Gardner ini, pendidikan yang diajarkan kepada anak-anak salah. Oleh karena itu, beliau menerangkan 8 kecerdasan yang bisa saja dimiliki oleh setiap anak yang berbeda.

kecerdasan majemuk bagi anak

Kecerdasan yang di usung oleh Gardner adalah yang pertama adalah kecerdasan linguistik. Kecerdasan linguistik ini merupakan kemampuan atau bentuk kecerdasan seorang anak berdasarkan bagaimana si anak menggunakan kata-kata baik lisan maupun tulisan. Bukan hanya itu, tetapi si anak juga bisa mengetahui dan memahami dari kata-kata yang diucapkan, di dengar, dan dikeluarkan oleh diri sendiri. Kemudian ada kecerdasan logika. Kecerdasan logika ini lebih menitikberatkan pada hal yang masuk akal dan hal pasti, seperti matematika, problem solving, dan cara berpikir yang menggunakan logika untuk mengatasi hal yang dihadapi. Lalu ada kecerdasan fisik dimana si anak lebih menggunakan fisiknya untuk mengekspresikan perasaannya, contohnya olah raga, menari, dan sebagainya.

Kecerdasan majemuk lainnya yaitu kecerdasan visual spasial, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan musikal, dan yang terakhir adalah kecerdasan natural atau alam. Setiap kecerdasan tersebut pasti dimiliki oleh anak-anak, tetapi terkadang yang lebih di asah oleh orang tuanya adalah kecerdasan logika. Padahal seorang anak jika dipaksakan untuk melakukan sesuatu akan membuat anak frustasi. Untuk itu sejak kecil orang tua khususnya ibu akan sangat diperlukan memberikan treatment terhadap anak sejak mereka lahir. Seperti selalu memberikan mereka suasana menyenangkan ketika mereka melakukan hal yang belum mereka lakukan sendiri dan hal yang mereka sukai, misalnya mandi. Ibu harus memberikan peralatan dan kebutuhan mandi yang baik untuk anak, seperti produk-produk Zwitsal. Karena Zwitsal mengandung bahan-bahan yang bisa membantu anak-anak tetap merasa nyaman melakukan aktifitasnya.

Post Comment

CommentLuv badge