Kenali Gejala Awal Penyakit Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Ciri atau gejala awal penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) sangat penting untuk kita ketahui. Semakin cepat dikenali, tentu akan membantu untuk mengambil langkah preventif atau pengobatan setelahnya. Seperti apa gejala hipertensi pada umumnya? Simak 5 tanda seseorang memiliki kemungkinan hipertensi berikut ini:

  1. Sering pusing atau kepala sakit
    Kepala anda sering merasa pusing atau sakit? Anda patut waspada terutama setelah makan-makanan yang memiliki kandungan garam, gula atau kafein pada kopi.
  2. Mual dan bahkan Muntah
    Memang tidak semua mual dan atau muntah adalah tanda darah tinggi. Biasanya disertai dengan penglihatan yang tiba-tiba sulit untuk fokus (berkungan-kunang). Kadang kala juga diikuti dengan tarikan nafas yang cepat namun dangkal.
  3. Hidung berdarah (Mimisan).
    Jangan pernah menyepelekan darah yang keluar dari hidung (mimisan) jika 2 ciri di atas sudah Anda alami. Mimisan terjadi karena temperatur suhu diluar terlalu panas, dan dalam kasus ini, mimisan juga terjadi akibat tekanan darah tinggi.
  4. Sering kesemutan hingga mati rasa
    Jika sampai di gejala ini, Anda harus siaga atau segera memeriksakan ke rumah sakit atau dokter keluarga. Jika dibiarkan berlarut-larut, kemungkinan resiko terjadinya stroke akan meningkat.
  5. Terlihat titik darah di Mata?
    Silakan bercermin ketika salah satu ciri di atas sering Anda alami. Ini juga tanda Anda harus segera memeriksakan tensi darah Anda.

Hipertensi Bisa Diturunkan

Mencegah lebih baik dari mengobati; terdengar sederhana, namun sebaiknya diperhatikan. Sebelum terjadi gejala hipertensi ataupun gejala awalnya, sebaiknya Anda:

  1. Menerapkan pola makan dan hidup yang sehat.
  2. Rajin dan teratur latihan atau berolahraga.
  3. Jika merokok, maka berhentilah. Jangan meminum minuman beralkohol.
  4. Pertahankan berat badan ideal karena tekanan darah yang tidak terkontrol umumnya menyerang orang dengan kadar lemak berlebih pada tubuh.
  5. Jauhi stress. Jangan membebani pikiran terlalu berat. Cukup istirahat dan tidur yang berkualitas adalah salah satu cara mengistirahatkan pikiran dan tubuh.
  6. Say no to caffeine.

Semoga ciri-ciri gejala awal penyakit hipertensi di atas bisa menambah kewaspadaan dan kepedulian kita terhadap diri kita sendiri. Ingat, jangan coba-coba mengkonsumsi obat sendiri karena obat hipertensi umumnya memiliki indeks terapi yang sempit; dalam artian, jika dosis lebih sedikit saja akan overdosis dan jika kurang sedikit saja malah tidak akan berefek sama sekali (justru akan memperberat kinerja ginjal). Maka dari itu, sayangi tubuh Anda dengan menerapkan 6 poin menjaga tekanan darah yang ideal di atas.

Post Comment

CommentLuv badge