Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Kenapa Kita Harus Bangga Memakai Batik?

Baju batik memang identik dengan bangsa Indonesia. Tidak hanya dipakai politisi dan pejabat, masyarakat pun pada umumnya memakai batik untuk acara formal dan resmi. Batik identik dengan semangat kebangsaan dan nasionalisme, dengan memakai batik seakan kita menunjukkan rasa cinta dan apresiasi kita pada tanah air. Kita mungkin masih ingat saat Agnes Monica memicu kontroversi saat memakai rompi batik namun dibalut dalaman tipis dan hot pants. Banyak yang mencerca Agnes karena penampilannya yang terlalu seksi, meski kita tahu motif Agnes sendiri mengenakan rompi berpola batik sebagai bukti kecintaannya pada mode batik yang merupakan warisan tanah air. Atau saat artis Hollywood pun mengenakan setelan batik, terdapat rasa senang dan bangga pada diri kita bahwa batik pun digandrungi oleh para selebriti luar negeri.

mengapa batik

Sebenarnya banyak pro kontra tentang baju batik sendiri. Yang pro menganggap batik adalah warisan budaya yang mesti dilestarikan dengan cara mengenakannya. Yang kontra menganggap pemakaian batik tidak sepenuhnya menjadi bukti rasa cinta tanah air, namun hanya sekedar nasionalisme semu belaka. Sehingga untuk beberapa orang yang kontra pada fenomena tren memakai batik pun menganggap cerita Agnes Monica atau Artis Hollywood memakai setelan batik hanyalah sesuatu yang tidak perlu dibesar-besarkan.

Sebagai masyarakat pada umumnya, kita bisa menyikapi hal ini dengan bijak. Memang pro kontra tentang memakai batik timbul karena batik hanya dianggap sebagai simbol belaka, namun tidak ada usaha nyata yang menunjukkan rasa cinta tanah air. Kita mesti mempertanyakan pada diri sendiri, sudahkah kita berkontribusi besar pada negara ini? Sudahkah kita berbuat banyak untuk melestarikan tanah air dan mengharumkan nama bangsa dengan prestasi kita? Kita boleh saja mengenakan batik sebagai simbol cinta tanah air dan nasionalisme, namun aksi dan kontribusi kita untuk Indonesia juga sangat diperlukan. Setuju?

2 Comments
  1. M. Iman Santoso says

    Yang jelas kita harus Cinta dan bangga mengenakan batik. Karena batik merupakan pakaian identitas Indonesia. Daripada kita nanti menyesal kalau diklaim negara lain

  2. cahbagoes says

    Kalo ngaku orang Indonesia harus cinta batik donk! pakai baju batiknya 1 hari aja dalam satu minggu

Comments are closed.