Mudahnya Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) melalui eKlaim

Ahyari.Net – Saya sudah sering membaca dan mendengar bahwa jika ingin mengajukan Klaim JHT (Jaminan Hari Tua) harus datang pagi-pagi sekali untuk mengambil nomor antrian dengan berkas yang sudah benar dan lengkap. Di daerah saya di Banjarmasin, setidaknya pukul 6 pagi WITA sudah ada di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan demi mengambil nomor antrian. Lewat dari jam 8 pagi? Dapat dipastikan nomor antrian telah habis.

Saya yang menganggur sejak Agustus 2015 lalu masih “menunggu” gelombang klaim JHT “surut” agar tidak antri berlama-lama. Ternyata, lebih dari 6 bulan, “siklus” antrian panjang ini tidak kunjung reda. Banyak yang di PHK? Atau banyak yang memutuskan “menganggur” seperti saya? Entahlah…

Timbul secercah harapan ketika sedang browsing website milik BPJS Ketenagakerjaan di http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Saya melihat ada menu eKlaim dengan kalimat yang sangat menarik, yaitu:

Ingin mencairkan dana JHT? gak usah pake antri pakai e-Klaim aja

Wuih, ada kalimat “gak usah pake antri“, ini dia yang saya tunggu (dasar pemalas!) Dan hari ini, saya sukses ke kantor BPJS tanpa harus datang jam 6 pagi, tanpa harus berlama-lama antri. YES!

Cara Mengajukan Klaim Dana JHT melalui eKlaim

  1. Masuk ke https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/eklaim/ dan isi data sesuai yang diminta (Jika nomor E-KTP Anda Valid, akan muncul tulisan “Data E-KTP Valid. Silakan lanjutkan pengisian data Anda“. Perhatikan kolom Nama Lengkap, apa sudah sesuai dengan nama Anda? (saat mengisi nomor e-ktp, jika benar dan terdaftar, nama Anda langsung muncul). Isi sisanya lalu klik proses.

    Data E-KTP Valid
    Data E-KTP Valid
  2. Setelah itu, periksa email Anda untuk mendapatkan PIN. Jika tidak ada di inbox, coba cari di folder spam atau bulk mail. Jika sudah dapat PIN-nya, masukkan di kolom PIN. Isi Nama Pemilik Rekening, Nama Bank dan Nomor Rekening.
    Kelengkapan Administrasi Klaim JHT
    Kelengkapan Administrasi Klaim JHT

    Siapkan berkas berikut dalam bentuk file scan untuk diupload ke sistem eKlaim:
    a. Siapkan file scan halaman depan buku tabungan yang ada nama dan nomor rekening Anda.
    b. Siapkan file scan eKTP Anda.
    c. Siapkan file scan Kartu Keluarga Anda.
    d. Siapkan file scan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan (saya menggunakan versi lama; Kartu Jamsostek).
    e. Siapkan file scan Surat Keterangan Pengunduran Diri Dari Perusahaan Kepada DISNAKER (kalau belum punya, minta ke perusahaan tempat bekerja dulu).

  3. Kelima berkas di atas diupload melalui tombol […] di sebelah keterangan masing-masing. INGAT! Total keseluruhan file TIDAK BOLEH LEBIH DARI 1.8MB (cek terlebih dahulu di komputer berapa ukuran semua file scan yang nanti diupload. Format yang diterima adalah *.jpg, *.jpeg, *.png, *.bmp dan *.pdf.
  4. Jika sudah oke, klik SIMPAN.
  5. Jika benar, Anda akan mendapat email pemberitahuan bahwa pengajuan klaim Anda melalui E-Klaim telah berhasil direkam.

    Pengajuan Klaim JHT vie e-klaim telah berhasil direkam
    Pengajuan Klaim JHT vie e-klaim telah berhasil direkam
  6. Meski dalam email kita disuruh menunggu paling lama pukul 19.00 WIB hari kerja berikutnya, kenyataannya tidak demikian dikasus saya. Saya mengajukan tanggal 18 Januari 2016. Dan balasan yang saya terima tanggal 1 Februari 2016. Hampir 2 minggu, vroh!
    Seperti ini email balasan yang didapat:

    Email balasan bahwa E-Klaim telah memenuhi Persyaratan
    Email balasan bahwa E-Klaim telah memenuhi Persyaratan
  7. Setelah menerima email di nomor 6, Download Formulir F5 yang ada di link pada email tersebut. Kemudian Print lah formulir F5 tersebut. Jangan lupa isi email juga diprint sebagai bukti bahwa eklaim kita sudah memenuhi persyaratan.

    klik untuk melihat Contoh Formulir 5
    Formulir BPJS Ketenagakerjaan 5
    Contoh Formulir 5 BPJS Ketenagakerjaan
  8. Email di atas hanya berlaku 7 hari. Jadi, jika sudah menerima email pada nomor 6, segera mengurus ke kantor cabang yang ditunjuk.
  9. Saya terima email tanggal 1 Februari 2016, dan hari ini 2 Februari 2016 saya datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Banjarmasin pukul 10:30 pagi. Tanya ke satpam mengenai “nomor antrian khusus untuk elektronik klaim (E-Klaim)” sepertinya tidak tahu (dan belakangan saya tahu bahwa di Banjarmasin, tidak ada jenis nomor antrian ini. Pak satpam mengarahkan saya kebagian informasi. Di sini antri sekitar 30 menit.
  10. Ketika tiba giliran saya, CS yang menyambut saya menanyakan “apa keperluan saya”. Lalu saya jawab “mengajukan klaim JHT via eKlaim, ini email approved dari sistem eKlaim”. Langsung saya disuruh masuk ke ruangan yang ditunjuk. Kalau bukan versi eKlaim, prosesnya di front/depan. Nah, yang eKlaim di dalam ruangan tersendiri (yang di Banjarmasin loh ya, beda cabang, beda juga tempat prosesnya).
  11. Ketika di dalam ruangan, saya disuruh menunjukkan dokumen asli dari yang pernah kita upload di tahap nomor 2 dan 3. Dan menyerahkan dokumen fotocopy-nya. Juga melampirkan file yang kita download pada langkah nomor 7 (yang sudah diprint). Jangan lupa juga bawa materai 6000.
  12. Done. Beres. Pencairan maksimal 2 minggu.

Jika ada gambar yang kurang jelas, klik saja untuk melihat ukuran aslinya 😉

Mudah? Cepat? Relatif ya? Kalau melihat tanggal saya proses eKlaim sejak 18 Januari 2016 dan dibalas 1 Februari 2016, ini suatu “prestasi” 😆 wkwkwk.. Nah, bagi yang ingin segera mengurus dan tidak ingin ribet scan dan menunggu balasan email, bisa langsung datang pukul 6 pagi untuk mengambil nomor antrian dengan berkas yang sama seperti yang saya sebutkan di atas.

Saya sih, karena santai saja, lebih prefer yang eKlaim ini. Maklum, susah bangun jam 6 pagi. Pegimane mau bangun jam 6, lah tidurnya aja setelah subuh? 😳

Namun, di beberapa daerah saya baca proses eKlaim ini malah cepat. Bahkan pegawai BPJS menganjurkan proses eKlaim ini. Mungkin di daerah saya “kurang” populer memanfaatkan media internet, sehingga perlu waktu hampir 2 minggu proses eKlaim saja dan 2 minggu lagi untuk dana JHT-nya cair.

Silakan dibagikan/share jika bermanfaat. Mana tahu ada rekan Anda yang sedang kebinggungan bagaimana proses eKlaim dana JHT 😉

Salam dari pengangguran di pelosok pedalaman :mrgreen:

-Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Post Comment

CommentLuv badge