Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Konten yang BAGUS itu, Seperti Apa sih?

Dua minggu ke belakang merupakan “badai” hebat yang menerpa beberapa Blogs Network yang rata-rata dimiliki oleh perusahaan SEO terkemuka dunia dalam membangun backlink. Dalam istilah sehari-hari saya, Blogs Network berupa dummy blog yang jumlahnya puluhan, ratusan bahkan ribuan, yang tujuan dibangunnya blog-blog tersebut adalah untuk mendukung blog utama dalam mendulang backlink. Link Wheel dan Link Pyramid merupakan salah dua metode Blogs Network tersebut.

Dampaknya? Ratusan hingga ribuan situs atau blog yang terdapat di Blogs Network tersebut di de-index oleh Google. Hal ini juga sesuai pengumuman Google tentang 40 perubahan algoritma Google. Bahkan di beberapa forum lokal dan internasional terdapat statement bahwa APAKAH SEO SUDAH MATI?

Kembali, Google kembali mengulang bahwa KONTEN ADALAH RAJA. Jika ingin membuat situs atau blog, perhatikan kontennya; konten harus relevan; harus bagus dll. Lantas, Konten yang BAGUS itu, Seperti Apa sih?

Dari awal ngeblog sekitar tahun 2008, saya sering sekali mendengar Good Content atau Konten Bagus. Kenyataannya, 90% yang paling banyak memiliki backlink berkualitas lah yang selalu menang dalam persaingan di mesin pencari. Terlebih dalam High Paying Keywords (HPK). Setidaknya, hingga awal Januari 2012.

Semenjak Google Panda diperbaharui, secara perlahan paradigma tentang SEO berubah. Kita sebagai pemilik web atau blog, tentu harus mengambil sikap. Salah satu sikap yang bisa kita ambil adalah membuat konten seorisinal mungkin; seunik mungkin dan sebagus mungkin. Dengan pembaruan Google Panda, juga berdampak pada beberapa taktik SEO yang terdahulu menjadi usang dan -mungkin- tidak begitu berperan lagi saat ini.

Mungkin cara terbaik untuk mengetahui bagaimana suatu konten yang baik adalah dengan mengetahui Sepeti apa sih konten yang tidak disukai Google? Saya yakin, tidak ada pebisnis yang mengatakan “konten yang buruk adalah bagian dari rencana bisnis saya” – Akan tetapi, ada sejumlah kesalahan yang tampaknya terus berulang-ulang.

Apa yang membuat konten buruk di mata Google?

Konten yang buruk bukan hanya tentang tata bahasa yang “parah” atau ejaan dan tanda baca yang buruk, atau dihasilkan oleh article spinner. Ada banyak kesalahan.

Kesalahan utama yang paling umum bagi para penulis, author, blogger, narablog atau apapun sebutannya untuk orang yang mempublikasikan tulisannya di internet, adalah tidak pernah bertanya kepada diri sendiri:

Mengapa harus ada yang membaca tulisan saya?

Pertanyaan ini menjadi semakin dikesampingkan jika kita hanya memprioritaskan SEO (baca: berburu backlink). Penulis konten jadi merasa seperti tertekan karena selalu berpikir dalam penempatan kata-kata kunci yang diincar sehingga terkadang isi dari tulisan sendiri pun mereka tidak mengerti.

Ah, membuat konten itu mudah, cukup cari sumber, di spin, kemudian perbaiki grammar-nya.

Kalimat di atas memang benar jika tujuan kita hanya “mengecoh” Bot mesin pencari. Terkadang kita lupa bahwa tujuan SEO sebenarnya bukan menjadi no.1 di mesin pencari, tetapi menjadi No.1 di hati pembaca.

content is king
Content is King! | Sumber: getentrepreneurial.com

Jika kita sendiri tidak yakin apakah konten yang baru kita tulis dapat membuat pengunjung membaca betah berlama-lama bahkan memberikan argumen atau pendapatnya, jangan berharap orang lain akan senang membaca tulisan kita. Bagaimana mengetahui pengunjung suka dengan blog atau tulisan kita? Kalau di Google Analytic, kita bisa melihat jumlah pengunjung yang “baru” sekali datang, atau pengunjung “berulang” yang selalu mengunjungi blog kita untuk selalu menanti tulisan yang ada. Kemudian, terdapat indikator berupa nilai bounce (pentalan) yang -menurut Google- tidak melebihi 80%.

Jika nilai bounce blog kita di bawah 80%, saya berani bilang bahwa tulisan Anda telah di baca. Jika telah di baca, berarti tulisan Anda mampu “ditangkap” oleh pengunjung.

Konten Bagus = Memberikan informasi yang Anda inginkan

Penjelasan di atas hanya berdasarkan data-data yang bisa saja salah. Faktor yang menentukan suatu konten bagus atau tidak adalah Anda sendiri. Bayangkan Anda sebagai pengunjung yang berkunjung ke suatu blog. Apa pendapat Anda tentang tulisannya? Membosankan? Menarik? Tidak sesuai dengan yang Anda cari? atau mungkin sangat sesuai dengan yang Anda cari? Jadi, sebelum menulis sebuah konten, banyak-banyak lah bertanya kepada diri sendiri.

Saya? Terus terang, saya tidak memperdulikan pengunjung mau membaca atau tidak. Saya hanya ingin menulis, siapa tahu bermanfaat buat saya di kemudian hari. Ini kan Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari :mrgreen:

Namun, jika Anda seorang pebisnis online, terlebih yang berkaitan dengan pelayanan, Anda WAJIB memperhatikan konten yang akan Anda terbitkan. Jadi, kesimpulan sementara untuk bertahan di Google Panda yang terbaru dengan 40 perubahan algoritma Google adalah kita harus pandai membuat betah pengunjung dengan memberikan tulisan atau konten yang memang layak untuk dibaca. Ada yang ingin menambahkan Konten yang BAGUS itu, Seperti Apa sih?

63 Comments
  1. EBO says

    Bentar saia buka primbon dulu om….

    Hmm sepertinya kudu ruwetan biar yang jelek2 bisa disingkirkan.

    huehehehehe

  2. Adiet Media says

    nice share …

  3. Erwin says

    setuju gan. konten yang baik adalah konten yang sering dicari oleh pembaca/pengunjung. tapi kalau menurut saya backlink masih agak berpengaruh sedikit untuk menunjang konten di SERP

    1. alhuda says

      ini info yg menarik gan..izin menyimak mas…saya hrs lebih memperbaiki lagi tulisan2 saya..

    2. Band Bandung says

      Kita juga setuju gan.. tapi klo masalah konten tergantung yang masuk gan, klo yang masuk web kita malas baca sama aja bohong 😀
      My recent post Rif Band Bandung

  4. Puguh Alakadarnya says

    saya sadar saya barulah terjun di dunia blogging, tapi saya akan terus berusaha untuk memperbaiki tulisan yang ada di blog saya …
    ngomong2 makasih atas informasinya gan , hehehe 😀

  5. Buka Mata says

    Sangat setuju… Menurut saya aktivitas bloging ditujukan untuk mereka yang suka menulis, bukan untuk Copas, sehingga dengan tulisan tersebut dapat memberi manfaat. Salam kenal..

  6. agro says

    Salam kenal dari Agro Buah
    Aku senang bisa komentar di sini, suatu kehormatan bagi kami jika di perkenankan membaca dan mendapatkan ilmu dari anda.
    terima kasih

  7. Kaget says

    Kayaknya postingan yang ini bener2 nulis ya, lain dari post yang lain 😀

    Saya setuju kalau disebutkan dengan tanda baca, itu penting. Buktinya sudah, post saya semuanya mengikuti aturan, diantaranya ngga terlalu banyak bold, itlc, under, pakai kutipan, paragrap ngga panjang,… dan justru yang begituan lebih mudah dibaca.saya tak menggunakan whell, selain repot ngurusinnya. Justru socmed lebih menggigit ketimbang whell.

    Buktinya sudah, posting diluar topik Blogging justru menyumbang trafik 75% dari Google. dan mungkin benar ada kaitannya dengan algoritma baru, minggu2 terakhir trafik dari Google semakin naik 🙂

  8. wied says

    info yang menarik, mudah2an bisa

  9. anto says

    saya jarang memperhatikan salah tulis, kadang terlihat salah satu atau dua huruf. kalo gitu apakah google juga bisa tahu ya kalo saya salah tulis…

  10. hermawan says

    kalau saya om.. gak telaten nyari backlink.. ngeblog ya nulis apa yg saya tau 🙂

  11. aziez says

    google panda cm sbuah mesin…gosip'nya gogel panda lebih mengutamakan konten daripada bekling…halahh itu cuma gosip dr panda 🙂 PISS

  12. Gunawan says

    bounce rate blog saya sekitar 60% dan tentunya bukan hal yang bagus untuk blog saya. saya harus memperbaiki isi sekaligus tulisan saya agar lebih bagus lagi
    trims atas semua informasinya

  13. iklan niaga says

    terima kasih infonya ternyata google telah mengalami perubahan algoritma, awalnya saya hanya berburu backlink terus menerus tanpa memperhatikan kontent, namun untuk webs/blog iklan baris gimana ya? karena isi kontent 100% dikirim oleh pengunjung. terima kasih

  14. abdul says

    saya setuju, menurut saya kontent yang bagus itu konten yang menjawab keingintahuan pembaca tentang suatu hal jadi tidak ada kaitannya dengan SEO.

  15. sole says

    artikelnya bagus mas, saya setuju sekali bahwa jika gogle tidak galak untuk masalah kontent maka google akan ditinggalkan para pencari informasi, oleh karena itu google berusaha update teknologi search engine nya termasuk dalam hal content yang bagus.

  16. ori says

    nice psoting mas…

  17. Bunga Papan Online says

    Setuju gan,, buat Konten yang bagus harus memberikan informasi yang akurat, komunikatif, berita atau ilmu" yang bermanfaat..
    untuk membangun emosi atau energi postive bagi pembaca..
    salam sukses.. 🙂

  18. rifand says

    wah..bahaya juga tuhh..makasih sharenya..

  19. Hidup sehat says

    Dari pada bingung mending ikutin semua faktor yg mungkin berpengaruh ya backlink ya content..tks for share

  20. slamet wahyudi says

    info yang bermanfaat buat newbie yang selalu ingin belajar seperti saya. Terimakasih

  21. berbagi apa saja says

    artikel ini memberi masukan pada gue mana konten yang bagus atau konten yang buruk
    terima kasih gue dapat kesempatan membaca artikel ini

  22. prabu says

    setuju gan ane ama nte, semua konten yang di tulis di dalam blog itu harus bagus. nilai bagus itu kalo menurut ane sih yang punya manfaat.

  23. Serba Aneh says

    kalo saya sih mikirnya ga usah SEO2an dulu..
    mending nulis dulu aja artikel yang kira2 orang banyak butuhkan dan tentunya artikel yang kita tulis harus dapat dipertanggung jawabkan, terus berdo'a aja supaya bisa mejeng di page 1 google..
    hehehehe..

  24. Fadil says

    Kembali pada esensi nge-blog itu sendiri: write n share… 🙂
    Menulis konten untuk visitor, bukan untuk search engine.

  25. Dusunblog says

    ini ilmu bagi ane. makasih om pelajarannya

  26. pusat alkes says

    Menurut saya konten yg baik konten yg diminati banyak org sehingga setiap org yg mencari kata kuncinya muncul blog/site kita

  27. indira says

    setuju !! bener bgt .. daripada mikirin target berlebihan .. mending pikirin lagi, apa yg di share bermanfaat atau engga .. secara, orang juga jadi lebih comfort baca artikel yang emang bermanfaat .. apalagi sesuai kebutuhan pembaca 😉 saya kadi kepengen menyelami lebih dalam dunia BLoG 😀

  28. Erwin says

    Benar-benar inspiratif, masuk akal, dan dapat diterima tulisannya gan.
    1. Seorang blogger memang baru bisa dikatakan blogger sejati bila dia dapat membuat tulisan2 baru (terserah tulisan apa yg penting orisinil dan menarik dibaca).
    2. Dari segi moral dan etika, kita harus sadar betapa sulitnya untuk membuat satu artikel tersebut, yg tiba-tiba ada seseorang dgn seenaknya mencomot tulisan kita yg menyebabkan blog kita dapat masuk ke google sandbox karena duplicate content. Jadi hati2 buat agan2, jgn sampe artikelnya dicomot org lain.

  29. rudy hananto says

    konten yang bagus harus melihat apa yang dimau oleh orang, bukan bagus menurut kita. jadi harus informatif

  30. ILMU 212 says

    wah bisa nih aku pake buat blog aku gan.
    makasih ya gan. semoga blog kita sukses amin
    My recent post Waspadai Keracunan Akibat Penyalahgunaan Metanol

  31. Wahyu Suhandi says

    Ane Kira SEO satu-satunya jalan menaikan Ranking ternyata isi conten pun harus bagus 🙂

  32. Kuliner Balikpapan says

    Konten yang bagus adalah konten yang bermanfaat untuk pembaca.
    My recent post Review Blackberry Q10

  33. Jefry says

    konten yang bagus menurut google ya… ini masih menjadi tanda tanya besar buat saya dan semoga semua isi konten saya dianggap bagus oleh mesin pencari ini
    nice share 🙂
    My recent post Berbagai Pengolahan dan Daur Ulang Sampah

  34. Peluang Usaha says

    makasih atas ilmu SEO barunya. Saya sempat putus asa sejak update Panda

  35. Langsing Alami says

    makasih gan ilmunya

  36. sedot wc says

    ya seperti konten nya ahyari dong

  37. Ratu Nusantara says

    Terimakasih Ilmunya mas

  38. viky says

    Tulisan agan bagus banget 😀 saya jadi berfikir, mungkin untuk mengelabuhi robot google agar mengira kontent kita berkualitas sehingga pengunjung betah adalah dengan cara menggunakan theme yang enak dilihat, related post yg menarik, dll

    Menekan bounce rate memang suatu pekerjaan yg gampang2 susah 🙁

  39. yoga says

    Bener om, Intinya tulisannya harus bermanfaat dan banyak dicari orang, ntar seonya juga datang sendiri 😀

  40. Hon Book Store says

    Makasih buat pengertian konten yang bagus 🙂

    Silahkan juga datang ke Hon Book Store, boleh lihat-lihat konten buku2 di sini, mau belanja bukunya juga bisa dapatkan diskon UP to 15% 😀

  41. Distributor Cleo Bali says

    Saya sangat setuju dengan istilah konten adalah raja, karna ada beberapa blog yang tanpa backlink namun dengan konten yang original mampu melejit di urutan teratas pencarian google.
    Yuk, lihat tulisan Distributor Cleo Bali di Proses Pemurnian AirMy Profile

  42. Kapal Pesiar Terbesar says

    Memang benar jika konten sudah bagus dan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca, pasti pengunjung akan betah berlama-lama membaca artikel-artikel di blog kita dan bukan tidak mungkin mereka akan terus kembali mengunjungi blog kita.
    Yuk, lihat tulisan Kapal Pesiar Terbesar di Tips Sebelum Atau Pada Saat Wawancara (Interview) KerjaMy Profile

  43. haidar says

    Konten yang BAGUS itu, Seperti Apa sih? – top post gan, ternyata selama ini saya salah buat content hanya mengejar kata kunci ya, padahal content adalah utama agar dapat memberikan kenyamanan untuk pembaca sering berkunjung, terima kasih sudah berbagi

  44. Supplier Herbal Jakarta says

    pelajaran baru untuk kita yang sering mengabaikan hal2 smacam itu, thanks brow untuk masukanya

  45. Qudrat Priatna says

    Memang benar, seorang blogger perlu memperhatikan kualitas artikelnya sesuai dengan algoritma google, namun kebanyakan blogger pemula mungkin untuk menulis dengan hasil berkualitas wajar jika masih kurang baik sehingga artikelnya tidak enak dibaca dan akhirnya titinggalkan. Informasi ini bermanfaat untuk saya. terimakasih atas sharingnya.
    Yuk, lihat tulisan Qudrat Priatna di Mengintip Kecanggihan BlackberryMy Profile

  46. harga gerobak sampah says

    memang benar terkadang konten kita pun harus diperbaharui

  47. alvin says

    Thanks infonya mas, saya juga udah belajar nulis kontent yang berguna dan banyak di cari orang. dan sampai sekarang saya masih harus banyak belajar lagi. tolong dinilai blog ane, koment”-nya di tgg ya.
    Mampir teman https://bangalvin.blogspot.com

  48. Zakiee says

    Konten yang bagus adalah konten yang sesuai tema_

    Sederhana saja: Jika temanya adanya tentang Tempe, maka jangan bahas tentang Komputer!!!

    http://ifqo.wordpress.com/2013/12/22/honda-cb150r-streetfire-motor-plus-plus-plus/

  49. Asrofi MS says

    Assalamualaikum

    konten yang bagus itu bisa dibilang kala hasil karia sendiri om , kurang lebih begitu ya hehehe , masih belajar bloging juga saya.Salam kenal om
    Yuk, lihat tulisan Asrofi MS di Yang Sering Dilakukan Mendekati LebaranMy Profile

    1. Jimmy Ahyari says

      Waalaikumsalam..
      Terimakasih sudah berbagi pendapatnya sobat. Namun ternyata, hasil karya sendiri saja belum cukup untuk membuat mesin pencari jatuh cinta dengan tulisan kita 😉
      Yuk, lihat tulisan Jimmy Ahyari di Meningkatkan EBT Energi Baru TerbarukanMy Profile

  50. Game Ulung says

    Masalahnya kalau seperti saya yang tidak bakat menulis dan mengarang artikel. Membuat satu artikel saja biasa menghabiskan 2 jam. itupun tidak sampai 200 kata. 😀 Alhasil, sekarang mulai pakai spin seperti yang mas singgung diatas. 😀
    Yuk, lihat tulisan Game Ulung di Free Download Camfrog Terbaru, Aplikasi Video ChatMy Profile

  51. DowNloadMe says

    iya biar adil yg konten nya paling bgus ya paling diutamain di hasil pencarian
    Yuk, lihat tulisan DowNloadMe di Game Seru Dragon Mania.jarMy Profile

  52. aderizkytriprasojo says

    Sangat luar biasa ulasan mengenai Konten, mas ahyari memang sudah sejak dulu Menggeluti SEO, SEM dan Bisnis lainnya sungguh terutama yang dibangun adalah konten. Jika tidak ada konten tidak ada pembaca. Salut sama mas Jimmy.
    Terima kasih banyak mas atas ulasannya, saya bookmark tulisan anda. Selamat menulis dan salam sukses untuk kedepannya 🙂
    Ade Rizky

  53. Baju Qirani Terbaru 2014 says

    Memang benar apa yang Anda tulis tentang SEO ini. Makasih atas info dan sharingnya Bos.
    Yuk, lihat tulisan Baju Qirani Terbaru 2014 di Gamis Kaos Qirani Teen 54 Model TerbaruMy Profile

  54. rainbow quran says

    wah saya baru tahu tentang bounce rate, gak boleh lebih dari 80% ya kang. berarti selama ini saya salah. habis naruh link di kolom koment, kemudian saya klik sendiri lalu say close dan parahnya 5-10 kali klik. Solusinya gimana kang? apakah tidak bermasalah. Dituggu ya jawabannya
    Yuk, lihat tulisan rainbow quran di Tips Hemat Beli Rainbow Quran atau Al-Quran Pelangi secara Online Harga MurahMy Profile

  55. Kontraktor interior says

    Setuju. konten yang baik adalah konten yang sering dicari pengunjung. artikelnya bagus. Good Job
    Yuk, lihat tulisan Kontraktor interior di Kontraktor Interior Rumah Makan| CV Dyanez789My Profile

  56. Outbound says

    Di Plugin Yoast kita bisa dapat gambaran seberapa mudahkah artikel kita dipahami. Sayangnya gak terlalu worth it kalau artikelnya bukan English. Harus nanya orang lain dan terutama diri sendiri deh

  57. Aprilrose says

    Inilah konten yang bagus, original artikel dan bermanfaat bagi para pembacanya, sehingga para pembaca tidak kecewa ketika mengunjungi blog, konten is the king, thanks share nya , great artikel (y)
    Yuk, lihat tulisan Aprilrose di Cara Pengambilan Foto Terbaik Dihari NatalMy Profile

  58. romance scammers dating says

    Sangat setuju sekali content harus asli dan unik mempunyai arti dan manfaat bagi pembacanya.
    Yuk, lihat tulisan romance scammers dating di Scammer China Mr. Li Jun about Deposit in our bank branch in ChinaMy Profile

  59. Like Update says

    Kalau Olon masih pake yang kutipan “Ah, membuat konten itu mudah, cukup cari sumber, di spin, kemudian perbaiki grammar-nya”, karena olon belum bisa menulis sendiri sesuai opini. takut salah.. hehe
    Yuk, lihat tulisan Like Update di Inilah Feriyani Lim, Pelapor Ketua KPK Abraham SamadMy Profile

  60. FunWap says

    menurutku konten berkualitas itu adalah konten asli karya sendiri dan bermaanfaat untuk pembaca
    Yuk, lihat tulisan FunWap di Naruto Shippuden episode 400.3gp sub indonesia (Download Sekarang)My Profile

Comments are closed.