Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Lindungi Bayi dengan Air yang Steril

Sebelum berbicara tentang sterilisasi perlengkapan bayi, ada baiknya Anda memperhatikan kriteria air bersih berikut ini. Terkadang orang mengabaikan hal penting ini. Akibatnya banyak penyakit yang timbul karena air yang digunakan tidak bersih, baik untuk diminum maupun digunakan mandi dan mencuci. Air yang bersih akan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh serta mempengarungi kelangsungan hidup umat manusia. Oleh karena itu jangan sembarangan menggunakan air, perhatikan standard air bersih berikut ini.

syarat air bersih

  • Pertama, perhatikan warnanya,air harus jernih, tidak boleh keruh dan berwarna. Air yang keruh adalah sebuah indikator bahwa di dalam air tersebut telah tercemar oleh zat-zat lain yang berbahaya. Biasanya air menjadi keruh karena mengandung butiran-butiran tanah liat dan kotoran yang sangat halus oleh karena itu air keruh sangat tidak baik untuk digunakan apalagi untuk diminum setiap hari.
  • Kedua, perhatikan rasanya,air tidak boleh berasa, air harus tawar. Rasa asam, manis, pahit atau asin pada air mengindikasikan bahwa air tersebut telah tercemar. Rasa tersebut bisa berasal dari bakteri yang terkandung dalam air.
  • Ketiga, perhatikan aromanya,air tidak boleh berbau karena bau busuk pada air disebabkan oleh adanya proses bakteri yang terurai oleh mikroorganisme air. Air yang berbau busuk tidak baik untuk digunakan karena menunjukkan di dalamnya mengandung bakteri atau bahan organik lainnya yang berbahaya bagi manusia.
  • Keempat, pastikan bahwa air tidak mengandung zat kimia yang berbahaya seperti timbal, arsen, nitrat, raksa dan bahan radioaktif lainnya yang akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Memastikan bahwa air yang Anda gunakan telah memenuhi kriteria air bersih sangat penting terlebih air tersebut akan digunakan juga oleh bayi Anda yang baru saja lahir. Bayi dan anak-anak memiliki imunitas yang masih rapuh sehingga rentan terhadap kuman dan bakteri. Oleh karena itu penyakit anak-anak yang biasanya adalah muntah dan diare, karena terpapar oleh kuman dan bakteri. Agar bayi Anda terjaga dari penyakit tersebut, pastikan bahwa semua perlengkapan makan dan minumnya selalu bersih dan steril.

Agar air yang diminum aman, hendaknya air dimasak dulu hingga mendidih. Kemudian agar perlengkapan makan dan minum bersih dan steril cara yang mudah adalah dengan merendamnya selama 30 menit ke dalam ember atau wadah plastik yang telah diisi larutan air sterilisasi. Dengan demikian peralatan makan dan minum bayi dapat terjaga dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Comments are closed.