Mengapa Harus WordPress?

Seperti mencari pasangan hidup, memilih platform dalam aktifitas nge-blog juga diperlukan pertimbangan matang (berlebihan deh kayanya πŸ˜› ).

Di luar sana ada yang namanya blogspot, joomla, typepad, multiply, mambo, blogdrive dan masih banyak lagi. Memang, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, dari sekian banyak pertimbangan, Saya memilih WordPress.

Mengapa WordPress? Mengapa bukan platform/script lain?

Secara singkat, WordPress sebagai mesin blog, dapat dibilang mudah, baik dalam hal pemasangan (installasi), pengoperasian, pengaturan, dan terlebih lagi gratis πŸ˜‰ . Selain itu, bisa diinstall di server lokal (localhost) via XAMPP atau APPSERV sehingga mempermudah kita sebagai pengguna dalam memodifikasi tampilan dan lain sebagainya secara offline, tanpa harus online.

Banyak yang mengatakan WordPress itu PowerFull karena beragam fitur yang ditawarkan bahkan bisa buat bisnis.

Fitur-fitur canggih yang terdapat pada WordPress, diantaranya adalah:

Theme, tidak terhitung lagi theme atau template yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan tampilan dan fungsi atau hanya sekedar mempercantik tampilan blog Anda. Gratis pula πŸ™‚

Link, WordPress merupakan blog paling β€œsopan” yang dapat Anda temui. Jika Anda menulis posting yang terdapat sumber/tautan link ke blog A yang juga menggunakan WordPress, blog A akan diberitahu bahwa blog kita me-link ke blog A (bentuk lain atas penghargaan kepada Blog A yang telah menginspirasi blog kita). Kemudian fasilitas blogroll yang mempermudah Anda dalam meletakkan link-link favorit Anda hanya dengan mengisi form yang disediakan (tidak perlu mengerti bahasa html)

Power full Permanent Link, Anda dapat mengatur permanent link (permalink) artikel yang Anda tulis sesuka hati. Permalink standar berupa http://DomainAnda.tld/2009/02/14/post-id7887 dapat Anda rubah agar mesin pencari lebih mudah membacanya menjadi http://DomainAnda.tld/category/judul-artikel

Page Element Easy Management, melalui fasilitas widgets, Anda bisa mengatur sidebar atau bottombar (tergantung theme yang Anda gunakan) hanya dengan drag and drop.

Nice Content Management, tidak perlu takut artikel yang Anda tulis tidak beraturan, karena WordPress menyediakan kategori sebagai pengatur pengelompokkan artikel agar lebih rapi.

Just Click it, hampir semua fitur yang tersedia hanya tinggal klik. Jika ingin memasukkan gambar tinggal klik, ingin tulisan miring tinggal klik, ingin membuat link tinggal klik. WordPress membuat website menjadi lebih mudah (tidak ada lagi istilah lupa kode HTML πŸ˜‰ )

Multy Users, Anda dapat mengundang kerabat atau kolega Anda untuk menjadi penulis dalam blog Anda.

Statistic Include, dengan wordpress, Anda dapat mengetahui jumlah pengunjung hari ini, artikel apa yang dibaca, siapa yang memberi tautan link kepada blog Anda, kata kunci apa yang diketikkan sampai artikel yang paling sering dilihat dll.

Comment Enable, WordPress menjadikan blog Anda menjadi jaringan sosial karena pengunjung bebas berkomentar dan Anda selaku pemiliki bebas mengatur komentar yang masuk.

Auto Generated RSS Feed, perkembangan artikel yang Anda tulis dapat diketahui pengunjung setia blog Anda via RSS Reader atau aplikasi sejenis.

Plugins, merasa kurang dengan kemampuan wordpress? Tenang, WordPress juga mendukung plugin (semacam aplikasi tambahan untuk meningkatkan fungsi wordpress). Contohnya, jika Anda ingin memasang program Adsense dalam artikel Anda, Anda dapat menggunakan plugin khusus Adsense sehingga pengelolaan script/kode adsense menjadi lebih mudah.

More…. (silakan jika ingin menambahkan…)

Jika berbicara keunggulan WordPress, tentu tidak akan habisnya. Apalagi bagi Saya yang Fanatik WordPress Luar dalam. Fitur-fiturnya pun semakin hari semakin bertambah dan diperbaharui lagi seperti memposting dan membalas komentar melalui email, data statistik berdasarkan waktu setempat dll.

Bahkan, dengan menggunakan berbagai macam plugin, Anda bisa membangun toko online dengan wordpress atau web iklan baris. Gimana?

So? What are You waiting for? Install it and Enjoy it πŸ™‚

3 komentar pada “Mengapa Harus WordPress?

Comments are closed.