Mengenal Lebih Dekat Ciri-Ciri Diabetes Kering

Diabetes sebagai jenis penyakit dengan kategori penyakit berat dan kronis tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada siapa saja baik pria atau wanita yang tua maupun muda usia. Kebiasaan memiliki pola hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkalori tinggi yang tidak disertai dengan olahraga teratur dapat membuat seseorang selangkah lebih dekat untuk terkena penyakit yang mengerikan tersebut. Ciri-ciri diabetes melitus dan gejala awalnya terkadang memang tidak terlalu banyak diketahui dan dipahami orang banyak sehingga banyak kasus diabetes yang terjadi sudah terdeteksi dalam kondisi yang parah sehingga cukup sulit untuk dapat diatasi. Maka untuk itu kebiasaan menjalani pola hidup sehat dapat lebih menghindarkan diri seseorang dari kerentanan terserang penyakit diabetes.

kenali diabetes dan komplikasinya

Penyakit diabetes akibat kelebihan kadar glukosa yang tinggi pada tubuh tersebut dibedakan ke dalam tiga jenis yaitu diabetes tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional. Diabetes tipe ke-1 terjadi karena rusaknya hormon insulin atau tidak adanya hormon tersebut dalam tubuh, diabetes tipe ke-2 terindikasi karena hormon insulin yang sudah kebal sehingga tidak dapat mengatasi kadar gula dalam tubuh, sedangkan diabetes gestasional yakni jenis diabetes yang biasanya diderita oleh wanita yang sedang hamil.
Selain ketiga jenis diabetes tersebut, penyakit diabetes juga dibedakan menjadi diabetes kering dan diabetes basah. Diabetes kering sendiri diindikasikan pada sebagai fase awal diabetes tipe 2 dimana insulinnya sudah kebal terhadap gula darah dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan konsentrasi gula darah yang terdapat pada tubuh tidak dapat disalurkan menjadi glikogen (gula tenaga) yang pada akhirnya kadar gula darah dalam tubuh seseorang akan melonjak drastis dari kondisi normal. Apa saja ciri-ciri diabetes kering ini? Berikut informasi dan penjelasannya:

  1. Intensitas rasa lapar yang tinggi sebagai akibat terbuangnya glukosa darah.
  2. Intensitas rasa haus yang tinggi sebagai akibat seringnya buang air kecil.
  3. Mulut terasa kering karena dehidrasi.
  4. Pandangan mata menjadi kabur.
  5. Otot terasa pegal karena dehidrasi.
  6. Kondisi psikis lebih sensitif dan cenderung mudah emosi.
  7. Sering terasa gatal akibat glukosa tubuh yang tinggi.
  8. Turunnya berat badan secara drastis karena dehidrasi dan pembakaran lemak yang berlangsung secara continue.

Post Comment

CommentLuv badge