Mengurangi Gejala Radang Tenggorokan Dengan Bahan Alami

Radang tenggorokan merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada pita suara. Peradangan ini terjadi karena kerja berat dan berlebihan pada pita suara seperti berteriak, berbicara seharian penuh, bernyanyi tanpa istirahat, dan mengkonsumsi makanan pedas atau sangat manis secara berlebihan. Gejala radang tenggorokan biasanya ditandai dengan suara serak atau lemah bahkan tidak bersuara sama sekali yang disertai dengan sakit tenggorokan dan batuk kering. Radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh bakteri streptococcus yang menular melalui udara ketika penderita radang tenggorokan batuk atau bersin. Selain itu, bakteri ini dapat menyebar melalui makanan, minuman, dan benda-benda yang telah terinfeksi. Penyebab lain dari radang tenggorokan ini diantaranya alergi, udara kering, polusi udara dan penyakit lain seperti batuk, pilek, flu, campak, cacar air dan sesak napas.

ciri radang tenggorokan

Gejala radang tenggorokan yang biasa dialami oleh penderitanya diantaranya terasa sakit pada bagian tenggorokan, pembengkakan amandel menjadi merah, terdapat bintik merah kecil lebih dari satu di bagian belakang atap mulut, susah menelan, terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening leher, demam, sakit kepala, dan badan menjadi mudah lelah. Bagi anda yang mengalami beberapa gejala tersebut, anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasinya:

Pertama, minum teh hangat. Meminum teh hangat buatan sendiri bisa mengurangi rasa sakit di bagian tenggorokan. Gunakan teh chamomile agar lebih manjur, karena teh jenis ini efektif mengurangi rasa sakit di tenggorokan, agar semakin nikmat, anda bisa menambahkan madu.

Kedua, minum teh jahe. Jahe memiliki sifat ekspektoran yang dapat membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari sistem pernafasan. Selain itu jahe juga dapat meningkatkan oksigen ke sel-sel, dan mempercepat proses penyembuhan. Untuk membuat minuman ini, gunakan 1 inchi jahe yang telah dimemarkan kemudian rebus selama 3 menit. Masukkan jahe tersebut pada teh yang telah anda buat.

Ketiga, madu dan lemon. Air hangat dicampur madu dan lemon dapat membantu menenangkan tenggorokan. Seperti kita ketahui bahwa madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, lemon berguna mengencerkan lendir dan jahe berfungsi sebagar penenang. Gunakan campuran madu dan lemon untuk membuat minuman sehat, campurkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan lemon dengan air hangat kemudian minum.

Post Comment

CommentLuv badge