Misi Budaya Rumah Makan Inggil Malang

Go Indonesia – Berkunjung ke Malang, sebuah kota dingin yang juga dijuluki sebagai Kota Bunga ini memiliki banyak objek wisata yang indah dan mempesona. Masyarakatnya pun ramah dan bersahabat. Maka, selalu mengesankan ketika kita berkunjung ke kota ini karena ada berbagai tempat yang akan membuat Anda selalu ingin kembali lagi nanti.

Selain objek wisata, Malang juga terkenal sebagai pusat kuliner di Jawa Timur. Kota ini memiliki banyak makanan khas dan juga tempat-tempat menikmati kuliner yang unik serta menarik. Salah satu tempat menikmati kuliner yang direkomendasikan dan banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Rumah Makan Inggil. Jika kebetulan Anda menginap di hotel Malang yang tidak jauh dari Jalan Gajah Mada, cobalah untuk menyempatkan diri mampir ke restoran ini.

Rumah Makan Inggil Malang

Museum Inggil

Berkunjung ke museum tentu saja dianggap sebagai sesuatu yang kuno dan tidak mengasikkan, terlebih ketika kita menyaksikan berbagai pajangan benda-benda kuno dan tidak menarik. Anak SD sekalipun bahkan harus dipaksa agar mau berkunjung ke museum. Tentu saja hal tersebut kurang menarik bagi mereka, terlebih tidak ada permainan dan kegiatan, serta wahana yang akan memuaskan mereka di tempat tersebut.

Berangkat dari kenyataan tersebut, dibangunlah sebuah tempat yang bernama Inggil yang berarti “tinggi” dalam bahasa Jawa sebagai sebuah tujuan wisata kuliner sekaligus memperkenalkan sejarah. Nama Inggil dipilih karena budaya Jawa termasuk budaya yang tinggi, tetapi sering kali kita merasa bahwa budaya kita lebih inferior dibandingkan budaya Eropa. Cara Inggil Resto dalam mengangkat budaya Jawa tentu patut diapresiasikan dan terasa lebih halus dan menyenangkan. Tempat ini dibangun sedemikian rupa dan didesain dengan bentuk yang tetap mempertahankan nilai budaya dan sejarah.

Rumah makan ini memiliki berbagai koleksi benda-benda peninggalan zaman belanda mulai dari mesin ketik, poster-poster tempo dulu, uang lama, koleksi bungkus rokok tempo dulu, bahkan di tempat ini juga ada koleksi radio-tempo tua. Tidak hanya itu, restoran yang tampak seperti museum ini juga mengoleksi berbagai topeng yang sangat menarik sambil menikmati kuliner.

Menu Makanan di Restoran Inggil Malang

Pertama kali melihat restoran ini tergambar rumah yang masih memiliki dekorasi khas zaman Belanda dan dibangun dengan bentuk semi permanen. Bahan bambu, banyak mendominasi tempat ini yang ditata sedemikian rupa untuk menampilkan kesan sederhana namun tetap berkelas. Menikmati makanan yang ada di restoran ini tidak lepas dari menu khas Jawa. Jika kita melihat sepintas, tempat ini Anda mungkin akan sedikit heran dengan harga yang ditawarkannya. Bagaimana tidak, makanan-makanan di tempat ini dihargai cukup murah dan ramah kantong. Menu utama yang dimiliki oleh Restoran Inggil, diantaranya Rawon Buntut, Sop Buntut, Mie Goreng Jawa, Sayur Asem, Terong Pecel, Sayur Cah Kangkung, Cah Tauge, Oseng Tempe atau Tahu, Sawi Oseng, Ayam, Urap-urap, Trancam, Lalapan, dan Lodeh. Untuk melengkapi makan Anda, disediakan juga lauk-pauk yang juga berharga sangat murah. misalnya Tempe atau Tahu Goreng, Mendol Telur, Penyet Tempe atau Penyet Tahu, Pepes Tongkol, Pepes Tahu/Tempe, Tahu Penyet Telur dan juga Rempelo Ati.

Restoran yang terlihat tidak modern tetapi klasik ini sebenarnya bukanlah restoran yang benar-benar kuno, melainkan restoran yang juga memiliki beberapa fasilitas modern, seperti hotspot atau internet gratis bagi para pelanggannya.

Fasilitas Inggil Resto Malang

Di bagian dalam rumah makan ini terdapat sebuah panggung yang sering digunakan untuk berbagai pementasan seni, seperti keroncong, campursari, dan berbagai musik seperti gamelan. Tentu saja pementasan seni tersebut menambah kesan bahwa tempat ini memang diperuntukkan sebagai mengingat dan tempat untuk belajar mengenai sejarah. Restoran ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari toilet, meja dan lesehan, internet gratis dengan WiFi, serta berbagai fasilitas lainnya yang akan memudahkan Anda ketika berkunjung.

Alamat Rumah Makan Inggil Malang

Rumah makan ini berlokasi di Jalan Gajahmada No. 4 Malang. Inggil Resto biasanya buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Sekitar Rumah Makan Inggil

Ada banyak spot menarik di sekitar Inggil Resto, diantaranya Taman Rekreasi Kota. Tempat ini berjarak hanya 0,4 kilometer dari Rumah Makan Inggil. Taman Rekreasi Kota adalah salah satu tujuan wisata di Kota Malang yang banyak dikunjungi oleh warga maupun wisatawan dari luar kota. Taman tersebut berada di Jalan Majapahit, Malang. Selain itu, ada juga Kebun Teh Wonosari yang beralamat di Lawang Jawa Timur. Candi Jago juga merupakan objek wisata menarik yang letaknya kurang dari satu kilometer dari Rumah Makan Inggil. Candi ini beralamat di Jalan Raya Tumpang, Desa Jago, Malang. Sedangkan jika Anda ingin mencari penginapan di Malang yang berlokasi dekat dengan Rumah Makan Inggil, ada terdapat banyak daftar hotel di Malang yang bertarif murah dan memiliki fasilitas cukup lengkap.

Post Comment

CommentLuv badge