Model Baju Batik untuk ke Kantor

Busana dengan bahan dari kain batik tradisional memang sangat nyaman. Selain corak batiknya yang indah, kainnya juga sejuk dipakai. Saat ini model baju batik banyak sekali macamnya. Dengan aneka desain yang lebih modern, pemakai baju batik bisa tampil trendy dan modis.

Dalam perkembangannya, corak batik juga berkembang sedemikian rupa. Hal itu menimbulkan banyak ide kreatif untuk menciptakan aneka macam model batik agar bisa tampil beda dengan model yang sudah pernah ada sebelumnya.

model baju batik kerja

Bagi wanita yang bekerja di kantor baju kerja batik merupakan salah satu pilihan fashion yang bisa dipakai. Sekarang ini banyak kantor yang mewajibkan para pekerjanya mengenakan batik pada hari Jumat. Model bajunya tentu saja harus menimbulkan kesan profesional.

Untuk memilih model baju batik kantor sebaiknya memperhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Pilihlah bahan kain batik yang permukaannya halus, mudah menyerap keringat dan tidak panas saat dipakai. Anda bisa memilih yang berbahan katun, bila menambahkan superlining atau furing di dalamnya batik akan jatuh lebih rapi.
  • Pilihlah motif kain yang bercorak garis atau geometries. Motif tersebut lebih bersifat formal dibandingkan motif bunga atau daun.
  • Model dibuat simple dan sederhana, tetapi Nampak elegan bila dipakai. Bila memilih model yang agak kasual, pilih yang bercorak fauna atau flora.
  • Pakailah aksesori tambahan atau sepatu kerja dengan model yang unik agar tidak berkesan membosankan.
  • Pilihlah batik dengan warna-warna netral seperti coklat, krem, atau warna-warna yang lebih gelap.
  • Bila memakai batik dengan warna yang lebih cerah, padukan dengan busana lain yang berwarna lebih gelap. Misalnya atasan batik dan bawahan rok atau celana warna gelap, atau terusan batik dipadukan dengan blazer warna gelap, dan lain-lain.
  • Batik bisa dikombinasikan dengan kain jenis lain dengan warna senada.
  • Untuk wanita yang berhijab, bisa mengenakan model baju batik lengan panjang seperti model bolero untuk melapisi dress panjang, baju batik gamis kombinasi, dan lain-lain.
  • Untuk wanita yang bertubuh gemuk, usahakan memilih batik dengan corak-corak yang kecil dan sederhana, jangan memilih yang bercorak besar dan rumit, karena akan memberikan kesan melebar pada tubuh, sedang untuk yang memiliki tubuh mungil, bisa memilih batik dengan motif geometries karena bisa memberikan kesal proporsional.
  • Pilihlah baju batik yang berkualitas, nyaman dipakai, tidak mudah luntur dan kain jahitannya kuat. Harga biasanya lebih mahal, tapi dengan kualitas yang jauh lebih baik, tentu tidak rugi.

Demikian uraian singkat mengenai baju batik untuk ke kantor yang dapat menjadi referensi bagi anda yang akan membeli batik. Tetapi tentu saja semua kembali pada Anda sendiri, mana yang sekiranya cocok bisa diterapkan.

2 komentar pada “Model Baju Batik untuk ke Kantor

  1. Kalau untuk kami, jarang sekali di kantor menggunakan baju resmi. Apalagi batik. Lebih sering menggunakan kaos atau kaos polo.
    Untuk batik sebenarnnya sudah banyak yang dimodifikasi ke bahan kaos. Tapi sampai saat ini kami belum bisa menemukan padu-padan yang pas antara batik (khas kalsel, Sasirangan) dengan kaos. Ada rekomendasi?

    Reply

Post Comment

CommentLuv badge