Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Opera Turbo: Senjata Ampuh untuk Koneksi Lambat

Siapa yang tidak kenal dengan Opera? Salah satu vendor browser terbesar di jagat dunia maya ini menghadirkan sensasi pengalaman browsing yang lebih cepat bagi pengguna internet yang memiliki koneksi terbatas. Opera Turbo. Inilah nama produk baru browser buatan opera tersebut.

Menurut situs resmi opera, Opera Turbo memiliki kecepatan yang mumpuni meski koneksi yang tersedia ‘pas-pas-an’. Bagaimana bisa?

Benar. Salah satu cara mempercepat proses loading konten dalam suatu halaman web adalah dengan sistem kompresi file-file tertentu (umumnya kualitas file image yang dikompresi). Bagi pengguna Opera Mini (browser khusus untuk ponsel bersistem Java MIDP), hal ini tentu sangat familiar karena Opera Mini juga menerapkan sistem kompresi. Hanya saja teknologi yang digunakan dalam Opera Turbo berbeda dengan sistem kompresi pada browser khusus ponsel, Opera Mini.

Di mana letak perbedaannya? Opera Turbo menggunakan sistem bernama Opera Web Optimization Proxy. Sedang Opera Mini menggunakan “Opera Binary Markup Language”. Penjelasan sistem-nya cari sendiri ya karena Saya juga tidak begitu mengerti 😛

Dengan sistem kompresi ini, tampilan suatu halaman web/situs dan teks sepintas terlihat sama, namun, coba perhatikan resolusi gambar yang ada pada halaman web tersebut, terlihat agak buram/blur bukan? Ini tidak lain adalah akiat kompresi yang dilakukan Opera Turbo. Sehingga, ukuran file yang di-loading menjadi lebih kecil dan tentu saja akan mempercepat proses loading.

Opera Turbo akan “terlihat” keunggulannya pada saat digunakan dengan koneksi/bandwidth rendah. Oh iya, kalau dipikir-pikir, selain mempercepat akses, Opera Turbo juga bisa menghemat biaya akses internet jika user menggunakan tarif berdasarkan ukuran file yang di-load. Istilah kerennya sih Volume Base, yang perhitungannya biasanya dihitung berdasarkan satuan Kilobyte (Kb).

10 Comments
  1. erik says

    kelebihannya apa cuma dalam hal kompresi?

  2. Ahyari says

    banyak kelebihan lain seperti pengaturan akan tampilan halaman, shortcut ke situs favorit, widget dll. Namun, lebih ditekankan kepada kecepatan me-load saat browsing, oleh karena itu ada embel2 Turbo dibelakangnya. Meski sepintas "hanya" kompresi, tapi efeknya sangat terasa.
    Anda pernah menggunakan Opera Mini pada ponsel? lebih cepat mana dengan browser bawaan HaPe Anda? OperaMini lebih cepat karena sebelum sampai ke user, data2 telah dikompres terlebih dahulu, sehingga menjadi lebih kecil ukurannya (hal ini yg mbuat loading cepat)

  3. darius says

    Apakah ini menjadi masalah kamu?
    1. Opera mini sangat lambat di HP…
    saya akan menjelaskan caranya menjadikannya opera mini di HP menjadi 20x lebih cepat
    2. Bagaimana menjadikan HP menjadi modem? …….
    Saya akan menjelaskan caranya.. sertakan jenis HP, apakah ada PC suite?, dan jenis kartu hp kamu.
    3. Internet di Laptop/PC lambat dan mahal…
    Saya akan menjelaskan software khusus yang menjadikan browsing di Laptop/PC 10x lebih cepat dan perjamnya hanya 1500 rupiah. Tampilan web tetap full, tidak ada pengurangan gambar

    Kirim pertanyaan kamu ke darius_lin@yahoo.com
    Ditunggu ya…..

  4. erik says

    sy pny pengalaman buruk mencoba opera turbo, dlm beberapa kasus firefox lbh cepat, mengapa bisa begitu padahal turbo sdh automatic/on sama saja, lalu skrg g bisa login facebook, ada error message "cookies are not enabled" padahal di preferences sdh enable

  5. ofecc says

    Opera turbo memang lumayan mantap. Kalau turbonya diset otomatis kecepatan bisa dilihat sampai 4xlipat. Cuma ya itu tadi, resolusi gambar jadi berkurang. Kesimpulan : masih cinta firefox 🙂

  6. erik says

    Kita saja final releasenya 🙂 karena firefox 3.5 sedang dlm penyempurnaan, betanya aja sdh mantap 🙂

  7. jemix says

    Umumnya sebuah situs memiliki banyak iklan yg memperlambat loading N boros bandwidth. ini adalah tips browsing internet TANPA IKLAN.

    1. Jika komputer/laptop belum ada mozillaFireFox maka, INSTALL browser MozillaFireFox
    DOWNLOAD http://www.mozilla.com

    2. Setelah installasi selesai kemudian :
    – Jalankan MozillaFirefox tsbt.
    – Install Addonsl “Adblock Plus”, dgn cara membuka halaman di bawah ini dgn browser MozillaFirefox : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/download

    – Tutup/Restart MozillaFirefox (close)
    – Jalankan kembali MozillaFirefox

    – Download kill_ads.txt : http://jemix.web.id/kill_ads.txt (klik kanan link ini, pilih save link as..)

    – Pilih menu Tools – Adblock Plus..
    – Pada Adblock plus pilih menu Filters – Import Filters… – Pilih file Kill_ads.txt tsbt.
    – klick overwrite atau append.
    – Klick OK, selesai.

    silahkan dicoba….

    Terimakasih atas tutorial mempercepat internetnya 🙂

  8. Saung Web says

    Wah boleh juga tuh mas jemix perlu di coba..

  9. Bayu Aji Pratama says

    Tapi sedikit sekali yang menggunakan Opera di komputer mungkkin karena butuh waktu untuk mengkompresi sehingga waktu loadingnya menjadi agak lama. kebanyakan orang sekarang menggunakan Opera Mini. Terbukti sekarang Opera Mini memiliki pengguna lebih dari 100 Juta pengguna.

Comments are closed.