Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan

Seorang ibu dosen nan cantik jelita bertanya; “Coba kamu jelaskan, Apa Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan kita saat ini?” kepada salah satu mahasiswinya yang sedang asyik menekan keypad Blackberry PorscheΒ  sembari cekikikan. Tanpa memandang wajah sang dosen, si mahasiswi menjawab “mempermudah komunikasi bu”. Alih-alih memperhatikan si penanya, yang ditanya malah lebih antusias terhadap pesan BBM yang diterimanya.

Di lain waktu, ada sepasang kekasih yang dilanda asmara (baru jadian coooy πŸ˜€ ). Siang itu, mereka janjian untuk makan siang bersama di suatu cafe. Duduk berhadap-hadapan namun saling membisu. Masing-masing asyik untuk melakukan “check in” di tempat di mana mereka berada sekarang; asyik dengan gadget yang ada di tangan masing-masing.

Apa persamaan dua cerita singkat di atas? Keduanya sama-sama “HASIL”. Hasil dari pengaruh teknologi terhadap kehidupan. Banyak teknologi yang telah ditemukan. Tapi khusus kali ini, saya ingin menulis tentang teknologi yang terkait dengan komunikasi.

Pengaruh Inovasi Teknologi
Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan | Sumber: empowernetwork.com

Telpon atau telpon seluler dibuat untuk mempermudah komunikasi yang terbatas oleh jarak dan waktu. Akan tetapi, jika dua orang berdekatan saling asyik menggunakan fitur-fitur di HP-nya, dapat dipastikan akan terjadi yang namanya:

mendekatkan yang jauh; menjauhkan yang dekat

Anda mungkin sering menyaksikan fenomena ini. Ada beberapa anak muda yang sedang berkumpul di taman, tetapi tidak ada suara bercengkrama di antara mereka. Dilihat lebih jauh, ternyata masing-masing sedang seru-serunya untuk “mendekatkan yang jauh”.

Pengaruh teknologi terhadap kehidupan bagai pisau. Bisa berguna, bisa melukai. Tergantung bagaimana Anda menggunakannya. Sama halnya dalam ngeblog. Anda bisa menyampaikan aspirasi Anda melalui tulisan. Akan tetapi, Anda bisa pula menyinggung perasaan orang lain.

Bukan bagaimana hasilnya, tetapi bagaimana prosesnya

Mungkin Anda memiliki pendapat tentang Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan kita saat ini?

-Berbagi Tidak Pernah Rugi-

55 komentar pada “Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan

  1. hahaha… benar mas, teknologi membuat jauh jadi dekat dan membuat tidak kenal menjadi kenal. tapi akhir2 ini bagi saya pengaruh ngeblog sering membuat pikiran terlalu aktif terus menerus, sehingga kemanapun berada selalu ingat website dan trafik :).

  2. Dengan adanya teknologi informasi maka akan sangat2 membatu untuk kita berhubungan jarak jauh dengan sahabat-sahabat kita dimanapun mereka berada,, apalagi dengan pacar..heheehe

  3. menurut sy salah satu pengaruh nyata yg positip dr teknologi adh membuat hidup kita semakin mudah. ekses negatif teknologi kalau kita tidak bijak memanfaatkannya spt yg ditulis diatas, dekat jadi jauh, jauh jd dekat… dn hal spt itu membuat kita menjadi manusia yang mengawang-awang, antara alam nyata dn alam maya… dn itu tak bagus bagi kesehatan jiwa…he…he…

  4. kalo digunakan dgn bijak, teknologi tentu sangat berguna dalam menanggulangi permasalahan. kayak pisau dapur-nya ibu-ibu yang digunakan untuk menghasilkan masakan sedap.

  5. dijaman sekarang teknologi terus berkembang , maka tak heran jika teknologi membawa dampak positif maupun negatif.. πŸ˜€

  6. karena teknilogi menjauhkan yang dekat, tentunya kuliah online di indonesia harus segera diperhitungkan, konsultasi dosen bisa via grup BBM , tapi yang tidak sopan bisa segera diremove dan mendapat nilai jeblok.
    aplikasi nilai dan norma tetaplah bisa dilakukan dengan kondisi teknologi setinggi apapun

  7. teknologi memang mengubah cara hidup orang2 di dunia ini dan memberikan dampak yang besar, baik dampak baik maupun dampak yang buruk. Namun melihat artikel di atas,saya juga tidak setuju dengan penggunaan HP yang terlalu berlebihan dan berakibat pada ketidak tanggapan seseorang kepada orang lain. Untuk pemakaian seperti hp, sebaiknya digunakan seperlunya saja

  8. Berkat teknologi, sekarang kita bisa nonton TV sreaming online dan radio online tanpa gadged kuno lagi, silahkan mampir ke blog ane gan nikmati TV online tanpa buffering dan radio online juga ada

  9. Pidato Hasyim Muzadi · Edit

    Statemen yang mantab: "Pengaruh teknologi terhadap kehidupan bagai pisau. Bisa berguna, bisa melukai."

    Teknologi pada mulanya adalah netral dan baik. Ia bisa membawa pengaruh buruk jika disalahgunakan. Mari kita manfaatkan teknologi sebaik-baiknya, untuk kemanfaatan sesama.

  10. kebablasan…. saat ini banyak yang beli apa tp ga tau mau buat apa, asal gaya aja….. teknologi bukan untuk menunjang dan membantu pekerjaan tapi hanya untuk gengsi.

  11. Kalau sampai terjadi seperti cerita diatas, menurut saya anak muda sekarang sudah diperbudak teknologi. Kehidupan sosial mereka jadi tidak ada. dan ini berdampak buruk bagi perkembangan emntal mereka.

  12. teknologi….
    sebuah kata yang mempunyai dampak sangat besar, bayangkan saja dunia tanpa teknologi….

    sungguh sulit untuk di bayangkan…

    teknologi memang mempunyai beberapa dampak negatif, tetapi dampak positifnya jauh lebih banyak lagi….

  13. "mendekatkan yang jauh; menjauhkan yang dekat"

    Bos cuma nanya aja… kutipan di atas dari sebuah majalah Sedarlah bukan bos? Saya pembaca Sedarlah dan pernah baca yg spt itu di salah satu artikel nya . . . Keep reading that magazine ya bos πŸ™‚

    Salam Damai πŸ™‚

  14. wah.. sangat cermat pengamatannya bro.., memang benar IT ibarat pedang bermata dua .., manfaat dan madhorot beda beda tipis disana. kalau kita gak cermat dan hati2 bisa gak terasa terperosok
    trims nice post

  15. memang benar gan,kita harus memanfaatkan teknologi dengan bijak, jangan sampai kita yang diperbudak oleh teknologi. karena bisa2 kita yang akan terjerumus . so tergantung pribadi masing2 orang nya juga gan..

  16. Jadi inget sewaktu di Masjid, ada Uztad yang bilang begini kepada Takmir Masjid, "Pak, tolong internetnya masjid diperbaiki." Karena perintah Ustad ini sang takmir muter-muter di semua bagian di masjid sambil melihat ke atas. "Sudah benar dan nggak rusak nih." Ucap takmir. Kemudian takmir menemui Ustad, "Pak, internitnya tidak ada yang rusak, saya sudah periksa di semua bagian masjid."
    Pak Ustad hanya bisa senyum, yang pak ustad maksud adalah JARINGAN INTERNET masjid, BUKAN Internit (PLAFON warna putih) ckckckckck.

    Maaf, ini komentar apa buat postingan baru ya? heheheheh, yaaa begitulah pengalaman teknologi di kehidupan orang2 masjid. masjid dah kemasukan internet sekarang hmmmm

  17. ada juga dampak negatif dari majunya teknologi, salah satunya adalah ketidaksiapan beberapa negara, daerah atau wilayah yang tidak mampu menggunakan teknologi sebagaimana semestinya, seperti penggunaan internet, lihat saja di indonesi, banyak yang menggunakan internet di indonesia rata-rata hanya untuk facebook, game online dan lainnya. padahal banyak yang bisa dimanfaaatkan seperti membuat blog dengan mengkreasikan keahlian kita dan membagikannya kepada seluruh orang supaya bermanfaaat

  18. Teknologi sudah mempengaruhi kehidupan, bahkan anak kecil zaman sekarang udah jaran main permainan tradisional bawaannya sekaran tablet dan macem2, banyak positifnya dan banyak juga negatif nya

  19. Ya begitulah, setiap perkembangan, penemuan, selalu memberi dampak 2 arah. Kalo gak bagus ya jelek. Jalo gak positip ya negatip. Tinggal gimana kita memanfaatkan perkembangan itu tadi. mau pilih mana, yg positip apa yang negatip.
    Tapi saya suka tuh quote nya : "mendekatkan yang jauh; menjauhkan yang dekat"

Comments are closed.