Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan

Seorang ibu dosen nan cantik jelita bertanya; “Coba kamu jelaskan, Apa Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan kita saat ini?” kepada salah satu mahasiswinya yang sedang asyik menekan keypad Blackberry PorscheΒ  sembari cekikikan. Tanpa memandang wajah sang dosen, si mahasiswi menjawab “mempermudah komunikasi bu”. Alih-alih memperhatikan si penanya, yang ditanya malah lebih antusias terhadap pesan BBM yang diterimanya.

Di lain waktu, ada sepasang kekasih yang dilanda asmara (baru jadian coooy πŸ˜€ ). Siang itu, mereka janjian untuk makan siang bersama di suatu cafe. Duduk berhadap-hadapan namun saling membisu. Masing-masing asyik untuk melakukan “check in” di tempat di mana mereka berada sekarang; asyik dengan gadget yang ada di tangan masing-masing.

Apa persamaan dua cerita singkat di atas? Keduanya sama-sama “HASIL”. Hasil dari pengaruh teknologi terhadap kehidupan. Banyak teknologi yang telah ditemukan. Tapi khusus kali ini, saya ingin menulis tentang teknologi yang terkait dengan komunikasi.

Pengaruh Inovasi Teknologi
Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan | Sumber: empowernetwork.com

Telpon atau telpon seluler dibuat untuk mempermudah komunikasi yang terbatas oleh jarak dan waktu. Akan tetapi, jika dua orang berdekatan saling asyik menggunakan fitur-fitur di HP-nya, dapat dipastikan akan terjadi yang namanya:

mendekatkan yang jauh; menjauhkan yang dekat

Anda mungkin sering menyaksikan fenomena ini. Ada beberapa anak muda yang sedang berkumpul di taman, tetapi tidak ada suara bercengkrama di antara mereka. Dilihat lebih jauh, ternyata masing-masing sedang seru-serunya untuk “mendekatkan yang jauh”.

Pengaruh teknologi terhadap kehidupan bagai pisau. Bisa berguna, bisa melukai. Tergantung bagaimana Anda menggunakannya. Sama halnya dalam ngeblog. Anda bisa menyampaikan aspirasi Anda melalui tulisan. Akan tetapi, Anda bisa pula menyinggung perasaan orang lain.

Bukan bagaimana hasilnya, tetapi bagaimana prosesnya

Mungkin Anda memiliki pendapat tentang Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan kita saat ini?

-Berbagi Tidak Pernah Rugi-

55 Comments
  1. Cak Imam says

    bikin badan tambah gendut, malas olahraga…duduk online terus

  2. BELAJAR SITUS says

    hahaha… benar mas, teknologi membuat jauh jadi dekat dan membuat tidak kenal menjadi kenal. tapi akhir2 ini bagi saya pengaruh ngeblog sering membuat pikiran terlalu aktif terus menerus, sehingga kemanapun berada selalu ingat website dan trafik :).

  3. INNOTECHOR.COM says

    Lemak makin numpuk gan yang pasti..

  4. Rudin says

    Yang jelas nghabisin pulsa doang bos..

  5. Damai says

    Dengan adanya teknologi informasi maka akan sangat2 membatu untuk kita berhubungan jarak jauh dengan sahabat-sahabat kita dimanapun mereka berada,, apalagi dengan pacar..heheehe

  6. Lowongan Terbaru says

    Artikel yang menarik, di zaman sekarang ini teknologi memang sangat berpengaruh banyak dalam kehidupan sehari-hari

  7. syam says

    menurut sy salah satu pengaruh nyata yg positip dr teknologi adh membuat hidup kita semakin mudah. ekses negatif teknologi kalau kita tidak bijak memanfaatkannya spt yg ditulis diatas, dekat jadi jauh, jauh jd dekat… dn hal spt itu membuat kita menjadi manusia yang mengawang-awang, antara alam nyata dn alam maya… dn itu tak bagus bagi kesehatan jiwa…he…he…

  8. rendisyahputra says

    semua berdampak baik dan buruk, tergantung cara memanfaatkannya..

    Artikel yang menarik.

  9. Ryuzaki says

    mantap infonya sangat bermanfaat sekali

  10. artikel motivasi says

    bagus artikelnya… tapi jangan sampai kita diperbudak oleh teknologi

  11. Mas Jamal says

    Bujur bangat tuh om ae. Pas bangat jer abah ulun. Dunia maya tuh menjauhkan yg dekat.

  12. andik tatawarna says

    Dengan teknologi kita bisa menghasilkan uang dari rumah. πŸ™‚

  13. Lestari News says

    teknologi memang punya dua sisi pengaruh yaitu positif dan negatif, kita harus mampu mengontrolnya

  14. Rem says

    artikel yg menarik sekali sob..

    tambah maju ya ahyari

  15. Noer says

    kalo digunakan dgn bijak, teknologi tentu sangat berguna dalam menanggulangi permasalahan. kayak pisau dapur-nya ibu-ibu yang digunakan untuk menghasilkan masakan sedap.

  16. Info Teknologi says

    Teknologi sangatlah berguna bagi manusia
    semoga bisa memanfaatkan ini sebaik mungkin

  17. diooda says

    dijaman sekarang teknologi terus berkembang , maka tak heran jika teknologi membawa dampak positif maupun negatif.. πŸ˜€

  18. andi says

    karena teknilogi menjauhkan yang dekat, tentunya kuliah online di indonesia harus segera diperhitungkan, konsultasi dosen bisa via grup BBM , tapi yang tidak sopan bisa segera diremove dan mendapat nilai jeblok.
    aplikasi nilai dan norma tetaplah bisa dilakukan dengan kondisi teknologi setinggi apapun

  19. "Kerakusan&quot says

    teknologi memang mengubah cara hidup orang2 di dunia ini dan memberikan dampak yang besar, baik dampak baik maupun dampak yang buruk. Namun melihat artikel di atas,saya juga tidak setuju dengan penggunaan HP yang terlalu berlebihan dan berakibat pada ketidak tanggapan seseorang kepada orang lain. Untuk pemakaian seperti hp, sebaiknya digunakan seperlunya saja

  20. Harmoko says

    Berkat teknologi, sekarang kita bisa nonton TV sreaming online dan radio online tanpa gadged kuno lagi, silahkan mampir ke blog ane gan nikmati TV online tanpa buffering dan radio online juga ada

  21. Pidato Hasyim Muzadi says

    Statemen yang mantab: "Pengaruh teknologi terhadap kehidupan bagai pisau. Bisa berguna, bisa melukai."

    Teknologi pada mulanya adalah netral dan baik. Ia bisa membawa pengaruh buruk jika disalahgunakan. Mari kita manfaatkan teknologi sebaik-baiknya, untuk kemanfaatan sesama.

  22. dwiki says

    sayang seklai gak ada fotonya ibu dosen nan cantik jelita.. hehehe

  23. nurfaisyah says

    Bila digunakan secara bijak teknologi bisa bermanfaat namun bisa sangat merugikan bila ternyata digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab

  24. brillian says

    estuju mas, skarang bangsa kita dijajah oleh teknologi

  25. resep masakan says

    kebablasan…. saat ini banyak yang beli apa tp ga tau mau buat apa, asal gaya aja….. teknologi bukan untuk menunjang dan membantu pekerjaan tapi hanya untuk gengsi.

  26. Green car says

    Kalau sampai terjadi seperti cerita diatas, menurut saya anak muda sekarang sudah diperbudak teknologi. Kehidupan sosial mereka jadi tidak ada. dan ini berdampak buruk bagi perkembangan emntal mereka.

  27. sulham syahid says

    teknologi harus di dukung oleh ilmu pengetahuan dan seni.

  28. yusrandante says

    teknologi….
    sebuah kata yang mempunyai dampak sangat besar, bayangkan saja dunia tanpa teknologi….

    sungguh sulit untuk di bayangkan…

    teknologi memang mempunyai beberapa dampak negatif, tetapi dampak positifnya jauh lebih banyak lagi….

  29. mahendra says

    jamman sekarang orang mau lakuin apa aja demi dapet teknologi canggih

  30. Pabrik Mug says

    "mendekatkan yang jauh; menjauhkan yang dekat"

    Bos cuma nanya aja… kutipan di atas dari sebuah majalah Sedarlah bukan bos? Saya pembaca Sedarlah dan pernah baca yg spt itu di salah satu artikel nya . . . Keep reading that magazine ya bos πŸ™‚

    Salam Damai πŸ™‚

  31. abdul says

    wah.. sangat cermat pengamatannya bro.., memang benar IT ibarat pedang bermata dua .., manfaat dan madhorot beda beda tipis disana. kalau kita gak cermat dan hati2 bisa gak terasa terperosok
    trims nice post

  32. Ide says

    Sekarang udah susah kalo manusia lepas dari teknologi.. PEngaruh teknologi bagi manusia sangat banyak

  33. bagalau says

    baru 1 hari aja gak internetan. .saya udah galau berat. .:(

  34. Landry Lisdianto says

    memang benar gan,kita harus memanfaatkan teknologi dengan bijak, jangan sampai kita yang diperbudak oleh teknologi. karena bisa2 kita yang akan terjerumus . so tergantung pribadi masing2 orang nya juga gan..

  35. Izinkan Aku Menikah says

    Jadi inget sewaktu di Masjid, ada Uztad yang bilang begini kepada Takmir Masjid, "Pak, tolong internetnya masjid diperbaiki." Karena perintah Ustad ini sang takmir muter-muter di semua bagian di masjid sambil melihat ke atas. "Sudah benar dan nggak rusak nih." Ucap takmir. Kemudian takmir menemui Ustad, "Pak, internitnya tidak ada yang rusak, saya sudah periksa di semua bagian masjid."
    Pak Ustad hanya bisa senyum, yang pak ustad maksud adalah JARINGAN INTERNET masjid, BUKAN Internit (PLAFON warna putih) ckckckckck.

    Maaf, ini komentar apa buat postingan baru ya? heheheheh, yaaa begitulah pengalaman teknologi di kehidupan orang2 masjid. masjid dah kemasukan internet sekarang hmmmm

  36. handaka says

    memang benar sob teknologi begitu pesatnya perkembanganya dan bergunasekali bagi kita ,, dasar teknologi-teknologi

  37. sarjana blog says

    waspada yang punya anak masih kecil, jangan sampai terbawa oleh teknologi, teknologi boleh maju, tetapi keimanan juga harus maju

  38. Aneka Ragam Makalah says

    ada juga dampak negatif dari majunya teknologi, salah satunya adalah ketidaksiapan beberapa negara, daerah atau wilayah yang tidak mampu menggunakan teknologi sebagaimana semestinya, seperti penggunaan internet, lihat saja di indonesi, banyak yang menggunakan internet di indonesia rata-rata hanya untuk facebook, game online dan lainnya. padahal banyak yang bisa dimanfaaatkan seperti membuat blog dengan mengkreasikan keahlian kita dan membagikannya kepada seluruh orang supaya bermanfaaat

  39. blog dofollow says

    coba bayangkan hidup ini tnpa teknologi..

  40. jilbab segiempat says

    aku suka pernyataan "mendekatkan yang jauh; menjauhkan yang dekat" haha.. dalem banget! seperti pisau bermata dua ya gan..

  41. kang yusuf says

    ada segi positif dan segi negatif atas teknologi…
    tapi yang pasti kita perlu adanya kemajuan dalam segala aspek.

  42. Mamen says

    Dimana ada banyak keuntungannya, pasti disitu juga banyak kerugianya, termasuk Teknologi
    makasih mas
    nice share πŸ™‚

  43. Gudang Tenda says

    sayang sih teknologi bisa sangat mudah disalahgunakan, yah tapi ad positif negatifnya lah, ambil hikmahnya buang negatifnya πŸ˜€

  44. hitam putih says

    kalo teknologi cara penggunaan'a salah ya akhir'a malah terjerumus sob…
    kalo teknologi cara penggunaan'a baik ya malah jadi hoki sob…

  45. koutuholi jonota says

    mantap infonya sangat bermanfaat sekali

  46. informasi teknologi says

    manfaatkan kecanggihan dari teknologi dengan sebaik2nya agar lebih bermanfaat bagi kita semua.

  47. Magna says

    Teknologi sudah mempengaruhi kehidupan, bahkan anak kecil zaman sekarang udah jaran main permainan tradisional bawaannya sekaran tablet dan macem2, banyak positifnya dan banyak juga negatif nya

  48. Thiar Thea says

    Ya begitulah, setiap perkembangan, penemuan, selalu memberi dampak 2 arah. Kalo gak bagus ya jelek. Jalo gak positip ya negatip. Tinggal gimana kita memanfaatkan perkembangan itu tadi. mau pilih mana, yg positip apa yang negatip.
    Tapi saya suka tuh quote nya : "mendekatkan yang jauh; menjauhkan yang dekat"

  49. aeropolisbandara says

    krn sudah semakin maju nya teknologi yg jauh serasa dekat…mungkin klo dr contoh diatas mereka lg baru2nya pake bb,,,jd wajar klo autis begitu..hehe..

  50. Fortuner SUV Terbaik says

    Semakin besar teknologi, semakin besar pula yang salah gunakan. Waspadalah-waspadalah..
    My recent post Kata Mutiara Cinta Terbaru

  51. Mug Souvenir says

    Teknologi itu bagai pisau. Bisa berguna, bisa juga membahayakan

  52. Pabrik Balon says

    Kalo kata orang pinter sih, teknologi itu bisa mendeketkankan orang yang jauh, di sisi lain bisa menjauhkan orang yang dekat..

  53. Mas Hery says

    Teknologi mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat, tergantung kita memanfaatkannya. Good artikel ….

  54. Souvenir Karet says

    Teknologi memajukan peradaban secara paradoks. Di satu sisi manusia benar-benar memperoleh kemudahan dalam hidup. Di sisi lain menjadi media yang menurunkan tingkat keberadaban moral manusia.

  55. gani says

    Teknology itu ibarat pisau….bisa bermanfaat dan bisa mudhorot tergantung pemakainya….salam sukses selalu…

Comments are closed.