Pengertian dan Ciri-ciri Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau yang disebut dengan nama faringitis merupakan penyakit peradangan yang terjadi di hulu kerongkongan atau tenggorok. Penyebab dari penyakit tersebut bermacam-macam, ada yang disebabkan karena virus ataupun karena bakteri yang menyebabkan daya tahan tubuh terhadap penyakit melemah. Bakteri yang menyerang bernama Streptococcus. Penderita yang terserang penyakit tersebut akan menampakkan beberapa ciri-ciri radang tenggorokan.

ciri radang tenggorokan

Gejala radang tenggorokan yang biasanya ditunjukkan oleh penderita dari penyakit tersebut berdasarkan pada jenis radang yang diderita yaitu:

  • Radang tenggorokan akut dengan gejala nyeri di tenggorokan dan terkadang disertai dengan demam dan batuk.
  • Radang tenggorokan kronis adalah radang yang berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Gejala yang ditunjukkan yaitu terasa sesuatu yang mengganjal dan tidak disertai dengan rasa nyeri ketika menelan.

Ketika tubuh menunjukkan ciri-ciri radang tenggorokan, segera lakukan pengobatan lebih lanjut. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab penyakit radang tersebut. Biasanya, jika radang tersebut disebabkan oleh bakteri, maka pengobatan yang diberikan salah satunya adalah dengan memberikan antibiotik. Tidak hanya secara medis, namun pengobatan dapat juga dilakukan dengan cara tradisional dan dengan pola hidup yang sehat. Salah satu caranya adalah dengan meminum air putih hangat dan sebaiknya tidak memakan makanan yang berminyak, asam dan pedas. Cara sederhana lainnya yang dapat digunakan adalah dengan berkumur dengan menggunakan air hangat yang bertujuan untuk mengurangi pembengkakan akibat radang.

Post Comment

CommentLuv badge