Pengganti Gula dalam Pola Makan Penderita Diabetes

Bagi yang menderita kencing manis, gula bisa dibilang adalah musuh yang paling utama. Padahal sebenarnya yang seharusnya dihindari pada tepatnya bukanlah gula, melainkan kalori. Namun karena di dalam gula terdapat kalori yang banyak, pola makan penderita diabetes selalu membatasi jumlah gula yang dikonsumsi. Namun menyantap makanan tanpa rasa manis pasti terasa kurang enak. Apa saja yang bisa menjadi penggantinya?

kenali diabetes dan komplikasinya

Sebagai pengganti gula dalam pola makan penderita diabetes, alternatif ini bisa menjadi pilihan:

  1. Gula aren
    Gula yang biasa digunakan di masakan Jawa ini mempunyai indeks glisemik yang rendah, membuat glukosa di dalamnya diserap perlahan sehingga pankreas tidak bekerja terlalu keras.
  2. Madu
    Madu yang murni dan alami mempunyai kandungan gula murni yang tidak berbahaya bagi mereka yang punya kencing manis, bahkan membantu menstabilkan hormon insulin yang penting untuk menjaga kadar gula darah.
  3. Sirup maple
    Berasal dari getah pohon maple yang biasanya tumbuh di Kanada dan Amerika Utara. Di dalam sirup ini terdapat kandungan seng, antioksidan, dan bisa menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa alternatif pemanis di atas membuktikan bahwa pola makan penderita diabetes tidak harus selalu lepas dari rasa manis. Yang harus dikontrol adalah kandungan kalori yang didapatkan dari hidangan-hidangan ini, serta berapa banyak porsi yang bisa dikonsumsi. Mengalami kencing manis berarti mengawasi apa saja asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dan hidup dengan sehat.

Post Comment

CommentLuv badge