Pentingnya Perencanaan Keuangan Pribadi

Keuangan memang adalah problem terbesar dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang akan mengalami musibah jika dirinya tidak pandai dalam perencanan keuangan pribadi. Apalagi dalam kondisi keluarga muda yang memang keperluan hidup untuk ke depan belum terencana dengan baik. Perencanaan keuangan untuk masa depan memang sangat diperlukan. Karena kebutuhan masa depan yang memang tidak bisa diduga dan juga kebutuhan mendesak yang sering terjadi.

merencanakan keuangan keluarga

Hal-hal besar seperti pendidikan anak, perjalanan haji, dan masa pensiun harus benar-benar dipertimbangkan. Pendidikan anak adalah suatu kewajiban orang tua. Dalam hal ini orang tua bukan hanya pelaku saja, melainkan orang tua harus bagaimana pun caranya harus menyiapkan biaya untuk anak.

Ibadah haji juga merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Menyiapkan biaya untuk ibadah haji sedini mungkin memang perlau harus dilakukan. Ibadah haji memang diperuntukkan bagi mereka yang mampu. Namun jika dipersiapkan sedini mungkin dengan waktu yang cukup, ibadah hanya hanya tergantung pada kemauan dan niat.

Masa pensiun adalah masa-masa dimana Anda berhenti untuk mencari uang. Jika Anda sudah tidak bekerja, pastinya tidak ada uang masuk untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga tabungan untuk masa pensiun memang sangat dibutuhkan. Tidak mungkin bagi kita untuk terus menerus mengharapkan pemberian dari anak.

Nah, uraian diatas menjelasan pentingnya perencanaan keuangan pribadi. Menjadi pribadi yang disiplin akan menguntungkan hidup Anda di masa depan.

Post Comment

CommentLuv badge