Perkembangan Pola Makan Anak

Perkembangan Anak dari bulan ke bulan memang sangat cepat.Dari pola makan saja, bayi sudah bisa beradaptasi sesuai dengan umurnya.hal tersebut tidak lepas dari peranan orang tua dalam membibimbing dan menyediakan makanan sesuai dengan kemampuan bayi dalam mengunyah makanan sampai menernanya.Pertama lahir bayi hanya bisa menerima ASI saja kemudian kemampuan makan bayi berkembang ke makanan yang agak padat kemudian kemakanan padat.

perkembangan makan anak

Berikut adalah perkembangan anak dalam pola makannya:

1. Usia 0 sampai 6 bulan

Dari lahir bayi sudah dibekali dengan refleks-rooting yaitu kemampuan untuk menghisap putting ibu. Gerak refleks lainnya yaitu apabila disentuh pipinya maka bayi akan mencarinya seperti akan menyusu. Kedua refleks tersebut digunakan bayi untuk makan ASI. Lama kelamanaan bayi bisa mampu menyusu dan menelan dengan selingan napas yang teratur.

2. Usia 6 sampai 9 bulan

Usia ini bayi sudah siap menerima makanan yang padat dan sering disebut MPASI (makanan pendamping ASI). Biasanya bayi sudah mengeluarkan gigi dan mampu untuk menggerakkan lidah dan mulutnya. Makanan pertama yang diberikan bisa berupa bubur susu atau makanan yang lunaklainnya. Kemudian bayi juga bisa diberikan finger food supaya belajar untuk mengunyah.

3. Usia 9 sampai 12 bulan

Bayi sudah mampu memegang makanan dan memasukkan ke mulut.Anda bisa memberikan biskuit bayi atau makanan lembut dengan ukuran kecil.Usahakan makanan yang diberikan berukuran kecil supaya mudah dalam mengunyah dan menelannya.

Post Comment

CommentLuv badge