Perlukah Klinik Kecantikan Memiliki Web Blog?

Seorang kerabat yang memiliki usaha klinik kecantikan bertanya “apakah perlu usaha klinik kecantikannya dibuatkan semacam blog?” Untuk menjawabnya, saya menyampaikan bahwa sebuah lembaga survey Quicksprout pernah merilis jika sebuah usaha yang mempunyai laman blog berkesempatan mendapatkan kunjungan lebih tinggi dari pada yang tidak menggunakan.

desain website klinik kecantikan online

Dari penelitian tersebut jelas tergambar jika blog untuk sebuah usaha memiliki peran yang penting. Di bawah ini adalah ringkasan mengapa usaha klinik kecantikan atau apapun jenisnya harus memiliki blog:

1. Blog merupakan sebuah CMS (Content Management System) yang sangat mudah untuk dioperasikan. Sehingga, pengelola akan dengan cepat untuk menambahkan informasi atau penawaran kepada pelanggan.

2. Blog juga bisa digunakan menjadi media untuk menunjukkan eksistensi sebuah usaha di era internet seperti sekarang ini (branding).

3. Blog menjadi sarana komunikasi dengan calon pelanggan. Dengan kata lain, blog bisa menjadi “komunikasi unik” antara pemilik usaha dengan pelanggan.

4. Blog yang dikombinasikan dengan sosial media akan semakin memperluas jaringan yang ingin dikembangkan. Konten yang ada pada blog bisa dibagikan ke akun resmi di social media yang dimiliki setiap usaha, tidak terkecuali usaha klinik kecantikan.

5. Blog bisa menyajikan informasi dengan bermacam-macam bentuk, baik berupa tulisan, video, grafis atau foto. Bahkan, di beberapa blog usaha menyertakan kupon diskon dalam bentuk bar code atau QR Code yang harus discan melalui smartphone untuk mengaktifkannya dan menunjukkan ke tempat usaha agar diskonnya valid.

6. Fleksibilitas blog mampu mendukung visi usaha seperti: menyajikan tulisan-tulisan terkait pelayanan atau jasa yang ditawarkan, merespon pertanyaan dari calon pelanggan, menarik minat pelanggan, serta mempererat komunikasi antara pemilik usaha dan pelanggan.

7. Blog memiliki data statistik. Data ini bisa Anda gunakan untuk menganalisa perilaku pelanggan. Tulisan seperti apa yang paling disukai sehingga Anda bisa terus meningkatkan hal-hal relevan penunjang usaha.

Dari 7 poin ini, saya berani mengatakan bahwa memiliki blog untuk usaha yang dirintis di dunia nyata adalah sebuah keharusan. Orang-orang sudah sangat banyak memanfaatkan internet untuk mencari informasi. Mereka akan mencari klinik kecantikan terpercaya di internet dari pada mencoba satu per satu salon kecantikan. Dengan adanya blog klinik kecantikan, Anda sudah mempromosikan usaha Anda agar konsumen yakin akan keseriusan dan kredibilitas usaha Anda.

Bagaimana menurut rekan-rekan? Seberapa penting manfaat blog untuk usaha yang dijalankan di dunia “offline”? Apakah wajib dipadu-padankan dengan dunia “online”?

One thought on “Perlukah Klinik Kecantikan Memiliki Web Blog?


Post Comment

CommentLuv badge