Pilah-pilih Lampu Gantung untuk Ruang Tamu, Ini Pertimbangannya!

Lampu merupakan alat penerangan yang wajib ada di dalam rumah. Coba hitung saja ada berapa banyak jumlah lampu yang Anda gunakan di dalam rumah, bisa jadi lebih dari tiga bukan. Namun meski banyak, dibandingkan dengan alat elektronik rumah tangga yang lainnya penggunaannya bisa jauh lebih hemat energi. Sekarang ini lampu tak hanya ditawarkan dalam bentuk bohlam saja, melainkan juga populer dengan nama lampu gantung. Dari namanya saja tentu Anda sudah bisa membayangkan bagaimana wujudnya.

lampu gantung kontras tiga warna

Lampu ini memiliki bentuk yang lebih bervariasi dan umumnya pemasangan dilakukan dengan cara menggantung. Beberapa ruangan yang menggunakan jenis tersebut seperti ruang tamu untuk memberikan tampilan yang lebih cantik. Penggunaan lampu ini dalam ruang tamu tentunya tak bisa sembarangan, karena akan memberikan kesan pencahayaan berbeda, mulai dari watt dan juga modelnya. Umumnya semakin rendah Anda dalam menggantung tak semua bagian dalam ruangan juga dapat diterangi oleh cahaya.

Lampu gantung hadir dalam beragam pilihan, mulai dari ukuran dan juga modelnya, setidaknya berikut ini ada beberapa hal yang wajib untuk Anda jadikan sebagai pertimbangan jika ingin menggunakan jenis lampu tersebut untuk ruang tamu, diantaranya adalah:

  1. Ukuran ruangan, menyesuaikan dengan ukuran ruang dalam penempatan lampu ini memang sangat penting, salah satunya adalah untuk mengetahui pencahayaan yang masuk, semakin banyak cahaya tentunya kurang baik karena membuatnya nampak silau, sebaliknya jika cahaya kurang tentu akan menyulitkan dalam melihat. Untuk itu wajib mengetahui ukuran ruangan sebelum Anda memutuskan untuk memilih lampu.
  2. Warna cat, kebanyakan diantara masyarakat kurang tau bahwa warna cat tembok ini juga sangat mempengaruhi pemilihan lampu, karena setiap warna akan menyerap cahaya yang berbeda, semakin gelap maka membutuhkan penerangan yang kian tinggi . untuk itulah sebaiknya ketahui terlebih dahulu warna cat dalam ruangan Anda dan pemilihan gradasi yang tepat untuk penerangan.
  3. Model gantungan, mengapa sangat penting untuk menentukan model pada bagian gantungan lampu tersebut?, hal ini sangat berkaitan dengan ketahanannya, seutas tali yang sangat tipis dan terbuat dari bahan plastik tentunya mudah untuk rusak karena aliran panas yang terus menerus, namun untuk besi sendiri juga sangat rentan menyebabkan sengatan listrik jika terlalu panas. Untuk itulah wajib bagi Anda untuk selektif dalam memilih bahan gantungan.
  4. Konsep rumah, untuk konsep atau gaya rumah ini sendiri sangatlah menentukan pemilihan model yang tepat, beberapa diantara Anda mungkin lebih senang gaya sederhana, namun juga ada yang suka tampilan lebih klasik, hal ini bisa disesuaikan dengan keinginan. Konsep yang tepat juga dipengaruhi dari bahan pembuatan lampu hias tersebut, apakah dari kaca, keramik, rotan hingga bahan yang paling mewah yaitu kristal.

Namun ada beberapa hal lain yang harus Anda ketahui terkait dengan lampu tersebut. Ia hanya difungsikan sebagai hiasan, bukan sumber penerangan utama. Sehingga tak heran jika seandainya meski Anda sudah menggunakan lampu hias, namun tetap memakai lampu tradisional agar lebih bercahaya.

Lampu gantung sudah banyak dijual di pasaran, Anda bisa membelinya secara langsung hingga online, masalah harga sendiri juga dijual relatif murah, sehingga tak perlu khawatir menguras kantong. Bahkan pada penggunaannya konsumsi daya listrik yang digunakan untuk jenis lampu yang satu ini sangatlah kecil, bisa setengah dari lampu biasa, tagihan listrik tentu lebih murah.

Post Comment

CommentLuv badge