Posisi Duduk ini Wajib diketahui Seorang Blogger dan yang Sering di Depan Komputer

Jika Anda “berprofesi” sebagai blogger atau freelancer yang sering duduk berlama-lama di depan komputer, ada baiknya memperhatikan kenyamanan posisi duduk yang baik dan benar. Hal ini bertujuan agar terhindar dari salah posisi sehingga berakibat cepat lelah atau bahkan cidera. Tidak jarang mengharuskan seseorang untuk memeriksakan diri ke fisioterapis karena posisi bekerja di depan komputer yang keliru.

Seperti disadur dari halaman wikihow.com, berikut adalah tata cara duduk untuk posisi yang baik dan benar serta sehat ketika bekerja di depan laptop/komputer:

1. Duduk dengan Tegak

duduk tegak di depan komputer

Dengan posisi tegak, rasa letih dan lelah saat duduk bisa diminimalisir. Postur badan juga ideal. Duduk tegak memposisikan pinggang lurus bersama sandaran kursi untuk punggung. Pada gambar di atas bisa terlihat idelanya bersudut 100º.

2. Posisi Keyboard Dekat dengan Tubuh

posisi keyboard dekat dengan tubuh

Posisi tubuh haruslah lurus dan dekat dengan keyboard. Jangan dibiasakan posisi menyamping ke kiri atau kanan. Posisi ini memungkinkan lengan rileks karena lengan tidak terlalu jauh menjangkau keyboard. Atur posisi lengan ketika duduk sehingga ketika mengetik, lengan tidak tegang dan siku menjadi lebih santai.

3. Keyboard dan kemiringannya

setting kemiringan papan ketik

Jika posisi keyboard terlalu datar, bisa mempertimbangkan untuk memakai penyangga agar keyboard lebih miring ke depan; ke hadapan Anda.

4. Setel Jarak Monitor dengan Mata Anda

jarak mata dengan monitor

Jarak ideal mata menatap monitor adalah 45-70 cm. Posisi atas monitor sejajar dengan mata agar leher tidak terlalu menengadah atau terlalu menunduk.

Jika ada materi yang ingin diketik, letakkan sejajar di bawah monitor. Ini untuk meminimalisir gerak leher jika mengetik berjam-jam.

cara duduk yang baik dan benar di depan komputer

5. Gunakan Tempat Khusus Mouse dan Keyboard

gunakan bantalan keyboard dan mouse

Tempat khusus mouse dan keyboard bisa menjaga pergelangan tetap nyaman ketika berlama-lama bekerja di depan monitor komputer. Pilih yang ada “Palm Rest”-nya (busa gundukan yang ada di dekat keyboard dan mouse).

 

Selain 5 hal di atas, jika memang mengharuskan untuk duduk lama, biasakan untuk istirahat ringan, berdiri sejenak, jalan-jalan kecil sampai ke perengangan lengan dan tangan serta jari. Duduk dengan intensitas waktu yang lama sungguh tidak bagus untuk kesehatan. Pergerakan yang dilakukan juga bisa membuat kita merasa akan adanya sedikit refreshing setelah seharian beraktivitas. Regangkan jari dan pergelangan tangan minimal sebanyak 6kali dalam 1 hari. Semoga dengan adanya tips duduk yang baik di atas bisa membuat efektivitas pekerjaan kita semakin baik dan tidak mudah lelah.

Post Comment

CommentLuv badge