Promosi Blog dengan FaceBook

Saat ini fungsi Facebook hampir mirip dengan Twitter. Hal ini merupakan strategi yang patut dicoba untuk mempromosikan blog dan mendatangkan pengunjung serta pembaca baru ke blog Anda.

Saya yakin hampir semua orang-orang dunia maya sudah memiliki akun di FaceBook (FB). Apalagi mengingat Indonesia dinobatkan sebagai negara yang memiliki pertumbuhan tertinggi di dunia per-FB-an 😛 .

Mengapa berpromosi melalui FB? FB memiliki fasilitas yang memungkinkan Anda menampilkan blog Anda dengan efektif. Sama seperti Top Stories kawan-kawan Anda saat mereka memposting sebuah komentar (wall to wall) atau menganti status update mereka atau bahkan merubah status relationship mereka, bukan kah Anda dapat melihat aktifitas mereka di Home FB Anda? Begitu juga mereka, mereka bisa melihat aktifitas yang Anda lakukan di FB (jika risih aktifitas Anda terlihat/terbaca, dapat di filter di bagian setting FB).

Nah, kemampuan untuk menampilkan “cerita” yang terjadi di dunia FB itulah yang akan kita manfaatkan untuk berpromosi. Setidaknya terdapat 5 cara untuk berpromosi melalui FB. Berikut cara-caranya:

1. Create A Page

Membuat sebuah halaman untuk blog Anda merupakan salah satu cara untuk menjaring pembaca, bahkan fans (hal ini dilakukan oleh Barrack Obama dan Matt si-Pembuat WordPress). Banyak sekali pilihan untuk mengkostumisasi halaman ini yang bahkan bisa ditambahkan aplikasi menarik yang kompatibel sesuai tema blog Anda.

Untuk membuat halaman ini, pertama-tama silakan klik di sini. Setelah itu, mulailah mengatur halaman tersebut sesuai kehendak Anda dan sebarkan ke teman-teman Anda serta undang mereka untuk menjadi fans (become fans).

Satu hal yang paling penting, halaman/page ini tidak hanya menampilkan Anda sebagai admin dari halaman tersebut, Anda juga akan masuk daftar “orang-orang yang dikagumi” (Listed as Fan) pada profile semua orang secara acak atau bergantian.

Aplikasi pertama yang harus Anda tambahkan adalah RSS Feed Importing (lupa nama detailnya, yang pasti berhubungan dengan kemampuan mengimpor dari rss feed blog Anda ke halaman yang telah Anda buat di atas).

Sebenarnya, selain menggunakan aplikasi, Anda juga dapat menggunakan fasilitas notes (akan dijelaskan keunggulan notes dibawah 😉

2. NetworkedBlogs

Aplikasi keren ini dapat Anda temukan di sini. Aplikasi ini dapat bekerja pada profil pribadi Anda maupun pada FB Page (halaman yang Anda buat dengan cara no.1). Jika Anda menambahkannya ke salah satu halaman Anda, aplikasi ini akan ditambahkan dan dipisahkan oleh tab (yang akan menampilkan tulisan terakhir Anda). Selain itu, aplikasi ini juga bisa menampilkan update terakhir dari status profil pribadi maupun halaman FB Anda.

Sebagai langkah awal, dengan NetworkedBlogs, Anda akan diminta untuk memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik dari blog (dengan meletakkan widget mereka pada sidebar blog Anda).

Jika proses setup selesai, Anda bisa meng-invite teman Anda untuk mengikuti (follow) blog Anda. Yang mengikuti blog Anda melalui NetworkedBlogs bisa memberikan nilai dan bahkan berkomentar

3. Import Notes

Seperti janji Saya pada no.1, Notes merupakan sebuah aplikasi yang mengizinkan Anda untuk membuat catatan (yang sebenarnya hampir sama dengan postingan di blog) yang tentu saja dapat dilihat oleh teman Anda. Setiap kali Anda mempublish sebuah catatan pada notes, semua teman-teman Anda dapat melihatnya pada home mereka layaknya Anda melihat bahwa si A telah memberi komentar pada status B.

Tahukah Anda bahwa notes ini juga bisa mengimport postingan dari blog Anda?

Silakan masuk dulu ke sini, sudah? Perhatikan kolom sebelah kanan di bawah notes settings untuk mengimport URL RSS Feed Blog Anda. Masukkan saja URL RSS Feed Blog Anda, biasanya berupa http://domainanda.com/feed. Mudah bukan? Setiap ada postingan baru, postingan tersebut juga akan muncul pada akun FB Anda, dan teman-teman Anda juga dapat membacanya.

Sssst..ssst.. Notes ini akan semakin ampuh jika digabung dengan cara No.1

4. Blog Box

Aplikasi ini juga bagus karena hanya memerlukan sekali set up. Aplikasi ini dapat ditambahkan ke profile Anda, sehingga membuatnya lebih mudah terlihat dan memudahkan akses untuk mengunjungi blog Anda.

Aplikasi Blog Box ini dapat ditemukan di sini. Sekali lagi, Anda perlu mengimport rss feed Anda. Aplikasi ini akan men-cek tiap 6 jam sekali. Tidak terlalu banyak cara untuk mengkostumisasi aplikasi ini. The great thing about Blog Box is that it allows you to edit your posts right from within Facebook. Doing this allows you to edit your title, text and tags plus you can even add your mood, what music you’re listening too, and a location. Great, eh? Tentu saja 😀

5. Simparis Blogcast

Yang terakhir tapi bukan yang terakhir, Anda dapat mengimport blog Anda dengan Aplikasi Simparis Blogcast. Caranya sama, Anda cukup memasukkan RSS Feed Anda.

Anda dapat mengaturnya secara manual atau otomatis. Aplikasi ini dapat Anda letakkan pada info tab, kolom profile atau box tab. Ketika blogcast dipublish, ia akan tampil di bagian bawah recent activity. Anda dapat mengatur tampilan gambar, link bahkan sampai ke plain taxt dan panjang postingan. Jumlah postingan yang tampil di box juga bisa diatur. Flexibel banget kan?

Yak.. kiranya hanya itu yang bisa diberi, so? Bagaimana cara Anda memanfaatkan FaceBook? Anda menggunakan salah satu metode di atas? Atau Anda punya yang lebih canggih lagi?

Feel free to share…

9 komentar pada “Promosi Blog dengan FaceBook

  1. Saya juga menggunakan NetworkedBlogs & Simplaris Blogcast, hanya kadang² menggunakan note secara manual (dibikin hyperlink) setelah sebelumnya import feed menggunakan note, kecuali import komen di note FB ke posting di engine WP sudah bisa lagi maka mungkin akan menggunakan note.

    Kalau integrasi FB dan Blog sudah tidak bisa, maka bisa jadi saya akan mengehentikan pakai fesbuk. hihihihi…

  2. hmmm, klo saya cuma dua networkblog , note sam rssblogfeed reader…lumayan datengin trafiict ➡
    .-= Objek Wisata di Pandeglang´s last blog ..Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang =-.

    Benar sekali. Jika mengerti cara menggunakan, traffic bisa datang dari mana saja

  3. saya belum pernah sekali membuat notes di facebook
    terima kasih atas semua ulasan mengenai cara berpromosi di facebook, sangat bermanfaat bagi usaha saya
    kedepannya makin sukses 🙂

Comments are closed.