Rahasia Sukses Berbisnis

Sebagai pengusaha laundry banyak yang mengira rahasia kesuksesan bisnis saya terletak pada deterjen laundry. Karena banyak konsumen yang bilang bahwa setelah dari laundry saya baju mereka jadi tampak seperti baru lagi. Lebih bersih dan wangi ketimbang di laundry lain. Namun sebenarnya bukan disitu letak rahasianya.

deterjen laundry

Hingga kini saya memiliki tujuh gerai laundry di sekitar Bandung dan Jatinangor. Perkembangan bisnis ini lumayan cepat juga. Ketujuh gerai itu saya buka dalam waktu hampir tiga tahun. Jadi, hampir setahun dua kali ada gerai baru yang kami buka. Memang tidak seperti McDonald yang katanya setiap hari ada gerai baru yang di buka di dunia, tapi saya kira jika usaha saya bisa mendunia hal itu mungkin saja terjadi. Menjadi seorang pengusaha memang harus selalu optimis.

Tahun ini juga saya memiliki rencana untuk menjual franchise usaha laundry saya. Dengan begitu perkembangannya bisa lebih cepat lagi. Untuk itu orang yang tertarik hanya perlu menyiapkan modal dan tempat saja, tidak usah pusing dengan alat, sistem manajemen, maupun sistem operasionalnya. Dalam rangka franchising ini saya membentuk sebuah tim bagaimana membuat paket yang terjangkau dan sangat mudah bagi banyak orang. Dan dalam beberapa bulan lagi saya perkirakan akan segera launching.

Untuk rahasia keberhasilan usaha laundry saya banyak yang mengira saya memakai deterjen laundry khusus. Padahal sebenarnya saya kira deterjen tersebut sama saja dengan laundry lainnya. Tapi sesungguhnya rahasia itu terletak pada keramahan dan ketulusan para pekerja yang terus-menerus saya tanamkan pada setiap lini. Dengan begitu para konsumen kami benar-benar puas dengan jasa yang kami berikan.

Post Comment

CommentLuv badge